img_title
Foto : Freepik/@benzoix

IntipSeleb – Tahukah kalian bahwa di dalam perut memiliki organ dalam seperti lambung, liver, hati, usus halus dan besar, ginjal, empedu dan pankreas. Nah, bisa gak ya kita mendeteksi sakit perut dengan cara yang spesifik?

Untuk mengetahui jenis penyakit perut kita bisa simak penjelasan dari Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, spPD-KGEH, MMB, FINASIM. Yuk, intip artikel di bawah ini!

Sakit Perut Bahayakah?

Pinterest
Foto : Pinterest

Sakit perut adalah rasa tidak nyaman atau nyeri yang terjadi di perut. Sakit perut dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, mulai dari yang ringan dan dapat sembuh sendiri hingga yang serius dan membutuhkan penanganan medis.

“Ya kalau kita bicara soal sakit perut dan pasien bertanya kepada dokter maka pasien akan mendapatkan pertanyaan dimanakah letak sakit perut ini. Hal ini karena sakit perut tidak melulu ada masalah di lambung,” kata dokter Ari Fahrial dilansir dalam YouTube Kata Dokter pada Kamis, 7 Desember 2023.

“Contoh sakit perut di kanan bawah yang berasal dari usus buntu. Jadi ketika orang infeksi usus buntu dan terasa nyeri kanan bawah. Kalau pasien terasa sakit di bagian ulu hati atau perut kiri atas biasanya itu karena lambung,” lanjut dokter Ari.

Topik Terkait