img_title
Foto : Pulauseribu.tourism/instagram

Jakarta Pulau Seribu menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di kalangan warga Jakarta karena lokasinya yang mudah dijangkau dari pusat kota.

Selain itu Pulau Seribu menawarkan keindahan alam berupa pantai pasir putih yang memanjakan mata, dan cocok dijadikan sebagai lokasi berlibur demi kembali fresh usai lelah dengan rutinitas.

Pulau Seribu sendiri terdiri dari banyaknya pulau yang berjarak saling berdekatan, diantaranya ada Pulau Pari, Pulau Harapan, Pulau Bira, Pulau Semak Daun, hingga Pulau Tidung.

IntipSeleb punya tips nih untuk kamu yang hendak liburan hemat ke Pulau Seribu. Apa saja ya kira-kira? Intip selengkapnya yuk!

1. Transportasi Menuju Pulau Seribu

pulauseribu.tourism/instagram
Foto : pulauseribu.tourism/instagram

Untuk menuju Pulau Seribu kamu harus melalui jalur laut dengan menaiki kapal laut lewat Dermaga Marina Ancol, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Pelabuhan Kaliadem Muara Angke, dengan jarak waktu 30 menit - 4 jam.

Setiap pelabuhan menawarkan berbagai jenis kapal berbeda, kendati begitu jika ingin menekan budget transportasi kamu bisa berangkat ke Pulau Seribu via Pelabuhan Kaliadem Muara Angke.

Di Pelabuhan Kaliadem Muara Angke kamu bebas memilih jenis kapal yang ingin dinaiki, ada kapal kayu atau kapal motor milik Dishub DKI Jakarta.

Tiket kapal kayu dibandrol seharga Rp70 ribu - Rp90 ribu untuk satu orang, yang bisa dipesan baik online maupun secara langsung.

Sementara itu, tiket masuk kapal Dishub DKI Jakarta seharga Rp42 ribu - Rp72 ribu per orang. Sebagai catatan jika ingin menaiki kapal Dishub DKI Jakarta kamu harus standby di tempat pembelian tiket yang ada di Pelabuhan Kaliadem Muara Angke beberapa jam sebelum keberangkatan yakni jam 08.00 WIB.

Biasanya, para pengunjung Pulau Seribu yang hendak menaiki kapal Dishub DKI Jakarta sudah tiba di lokasi sejak subuh karena sistem tiket yang terbatas dan hanya tersedia pembelian offline.

2. Penginapan

pulauseribu.tourism/instagram
Foto : pulauseribu.tourism/instagram

Masyarakat Pulau Seribu banyak menyediakan jasa homestay untuk para pengunjung, yang dibandrol dengan harga beragam per malamnya, yaitu berkisar di angka ratusan ribu rupiah untuk 5-10 orang.

Selain itu ada juga homestay yang menyewakan tempat penginapan per kamar dengan harga mulai dari Rp50 ribu, tergantung jenis kamar serta fasilitas yang didapat pengunjung.

Jika ingin merasakan sensasi berbeda, kamu juga bisa camping di area sekitar pantai dengan menyewa tenda seharga Rp35 ribu per orang.

Namun jika kamu memiliki tenda sendiri tentu semakin menghemat budget mengeluaran untuk biaya penginapan di Pulau Seribu.

3. Tiket Wisata di Pulau Seribu

pulauseribu.tourism/instagram | @hyurie91
Foto : pulauseribu.tourism/instagram | @hyurie91

Pengunjung yang datang wajib membeli tiket masuk pulau seharga Rp5 ribu. Di sana, kamu bisa menikmati keindahan pantai pasir putih di Kota Jakarta dengan jalan kaki atau menyewa sepeda sekitar Rp15 ribu untuk dua hari.

Tentunya jika berlibur ke Pulau Seribu kamu juga dianjurkan untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Pengunjung bisa menyewa kapal sekaligus alat skorkling yang dibandrol seharga Rp50 ribu - Rp100 ribu.

4. Konsumsi

pulauseribu.tourism/instagram
Foto : pulauseribu.tourism/instagram

Selain keindahan alam pantainya yang masih asri, Pulau Seribu juga menyajikan beraneka ragam kuliner seafood dengan harga terjangkau dan tentunya fresh.

Tidak sedikit restoran di Pulau Seribu yang menyediakan paket hidangan makanan dengan menu lengkap dari mulai sayuran hingga berbagai jenis olahan seafood seharga Rp200 ribu - Rp400 ribu untuk beberapa orang.

Hal tersebut bisa disesuaikan dengan budget kulineran kamu bersama keluarga atau pun bestie. Selain paket, hidangan-hidangan tersebut juga bisa kamu dapatkan secara terpisah dan tentunya dengan harga yang lebih murah.

Jadi gimana, tertarik untuk liburan hemat ke Pulau Seribu dan merasakan keindahan pantai pasir putih di Jakarta?

Topik Terkait