img_title
Foto : Freepik.com

IntipSelebInsomnia merupakan masalah tidur yang dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang. Mengutip ucapan Dr. Haekal Anshari, M.Biomed (AAM) di kanal YouTube Kata Dokter, dia mengungkapkan pentingnya memahami jenis insomnia serta langkah-langkah sederhana untuk mengatasinya.

Menurut Dr. Haekal, insomnia dapat dibagi menjadi dua jenis utama yaitu primer dan sekunder. Insomnia primer merupakan kondisi tidur yang buruk yang tidak diakibatkan oleh kondisi medis atau masalah kesehatan lainnya. Sementara itu, insomnia sekunder terjadi akibat dari masalah kesehatan seperti stres, kecemasan, atau kondisi medis tertentu.

Dalam kedua jenis tersebut, terdapat perbedaan dalam durasi dan keparahan. Insomnia akut biasanya berlangsung dari satu malam hingga beberapa minggu, sedangkan insomnia kronis berlangsung lebih lama, yaitu minimal tiga malam dalam seminggu selama lebih dari tiga bulan.

Dr. Haekal menekankan beberapa langkah yang bisa diambil untuk membantu mengatasi insomnia sehari-hari, yuk langsung intip di bawah ini.

Hindari Makan dan Minum Berlebihan Sebelum Tidur

Pinterest
Foto : Pinterest

Penting untuk menghindari makan atau minum dalam jumlah besar minimal dua jam sebelum tidur. Pencernaan yang berat sebelum tidur dapat mengganggu kenyamanan tidur.

Topik Terkait