img_title
Foto : Health Shots

IntipSeleb – Rasa mengantuk timbul karena beberapa faktor, diantaranya kelelahan hingga kurang tidur saat malam hari. Selain itu, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga berperan mengendalikan rasa ngantuk loh!

Namun, rasa mudah mengantuk tentu saja bisa dihilangkan dengan mulai mengatur pola tidur ideal. Kira-kira bagaimana ya caranya? Intip selengkapnya yuk melalui ulasan di bawah ini.

Rahasia Rumus Atur Pola Tidur Ideal

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Kurang istirahat, tidak mendapatkan tidur malam yang cukup, serta terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat menjadi deretan faktor menyebab rasa kantuk mudah datang.

Melansir dari YouTube Kata Dokter, Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP sempat membocorkan rumus menjalani istirahat yang tepat untuk mengindari rasa ngantuk datang, yaitu dibagi ke dalam 3 sesi.

Karena 1 hari memiliki waktu 24 jam, maka 8 jam bisa dimanfaatkan dengan melakukan pekerjaan berat, 8 jam melakukan pekerjaan ringan, dan 8 jam berikutnya untuk istirahat, yang mana waktu 6 jam tersebut idealnya digunakan untuk tidur.

"Usahakan tidur saat malam hari itu cukup selama 6 jam," kata Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, melansir dari YouTube Kata Dokter, 30 Desember 2023.

Tidur Adalah Istirahat Terbaik

Freepik
Foto : Freepik

Tidur merupakan jenis istirahat terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh. Tentunya, setiap orang memiliki jam tidur cukup yang berbeda-beda tergantung usianya.

"Bicara soal istirahat jawabannya adalah tidur. Karena sejatinya tubuh kita bukan mesin jadi tubuh kita memang perlu istirahat, dan istirahat yang terbaik adalah tidur di malam hari," tutur Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP.

Maka pola tidur harus segera diperbaiki jika merasa mudah sekali mengantuk. Namun kalau hal tersebut belum teratasi, segera lakukan konsultasi ke dokter untuk mengetahui apakah rasa kantuk yang timbul berhubungan dengan suatu penyakit.

Semoga membantu ya!

Topik Terkait