img_title
Foto : Freepik/azerbajian_stock

IntipSeleb – Kasus perselingkuhan pilot Elmer Syaherman dengan pramugari Bella Damaika yang dibongkar oleh seleb TikTok Ira Nandha menjadi perbincangan hangat di akhir tahun 2023. Sudah berganti tahun, kasus perselingkuhan itu masih menghiasi trending di berbagai media sosial.

Ngomong-ngomong soal selingkuh, orang yang diselingkuhi pasti akan merasa sedih yang teramat dalam. Ternyata, ada lho gangguan mental setelah diselingkuhi. Apa itu? Yuk, cari tahu infonya!

Gangguan Mental Setelah Diselingkuhi alias PISD

pisd
Source: Marriage.com

Diselingkuhi oleh pasangan dapat memberikan dampak serius pada Kesehatan mental. Sebut saja masalah depresi, gangguan stres pasca perselingkuhan (post-infidelity stress disorder atau PISD), penurunan rasa percaya diri, dan perasaan terlantar bisa saja muncul.

Berdasarkan Perspective Soft Troy dan Choosing Therapy, PISD merupakan salah satu gangguan yang menganggu kesehatan mental. Walau bukan termasuk diagnosa formal, gangguan stres pasca perselingkuhan menggambarkan reaksi emosional dan psikologis yang terjadi setelah mengetahui perselingkuhan pasangan.

Gejala PISD seringkali sama dengan Gangguan Stres Pasca Trauma atau Post Traumatic Stress Disorder (PTSD). Beberapa gejala umum PISD antara lain:

Topik Terkait