img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb – Mendengkur atau ngorok ternyata tidak bisa dipandang remeh. Sebab, kebiasaan tidur tersebut dapat meningkatkan faktor risiko Atrial Fibrilasi atau penyakit gangguan irama jantung.

Pasalnya, mendengkur membuat oksigenasi seseorang ketika sedang tertidur kurang, termasuk ke jantung. Penasaran? Simak informasi selengkapnya melalui ulasan di bawah ini!

Atrial Fibrilasi

Freepik
Foto : Freepik

Mengutip dari penjelasan Dr. Ignatius Yansen Ng, SP.JP (k), FIHA, FAsCC, FAPSC, dalam kanal YouTube Kata Dokter pada Minggu, 7 Januari 2024, Atrial Fibrilasi merupakan kondisi ketika detak jantung berdenyut dengan cepat, lambat, atai tidak beraturan. Normalnya, detak jantung manusia berdetak 60-100 kali per menit.

Bukan termasuk penyakit genetik atau bawaan, penyebab atrial fibrilasi melibatkan faktor-faktor seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, gangguan katup jantung, penyakit tiroid, dan faktor gaya hidup seperti merokok atau konsumsi alkohol yang berlebihan.

Agar terhindar dari penyakit jantung yang satu ini, maka kita harus mengontrol faktor risikonya. Apabila seseorang memiliki penyakit yang termasuk dalam faktor risiko, maka ia diharuskan untuk melakukan pengobatan dengan dokter terkait.

Topik Terkait