img_title
Foto : Freepik/lookstudio

IntipSeleb – Tidur adalah salah satu kegiatan yang paling enak, setuju nggak? Apalagi anak muda yang punya banyak kegiatan, seperti pulang kerja sampai malam atau tugas kuliah yang menumpuk.

Hasilnya, kamu pasti akan ngantuk di pagi hari. Tentu saja, ngantuk di pagi hari tuh membuat tubuh lemas dan kurang semangat. Bayang-bayang kasur yang empuk masih kerasa jelas di badan kamu yang lelah.

Eits, jangan khawatir! Ada tips lho untuk menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari. Apa ya? Yuk, kita ulik satu per satu!

Penyebab Ngantuk di Pagi Hari

Ngantuk di Pagi hari
Source: Medical News Today

Mengutip Healthline hingga Head Space, bangun dalam keadaan Lelah dan masih ngantuk disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor-faktor itu yakni:

1. Inersia tidur

Inseria tidur adalah kondisi seseorang saat bertransisi dari tidur ke bangun. Biasanya hilang antara 15 dan 60 menit setelah bangun tidur.

2. Tidur tidak konsisten

Pola tidur yang tidak teratur atau kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan di pagi hari.

3. Kecemasan atau depresi

Selain kurang tidur, masalah kesehatan mental dapat memengaruhi kualitas tidur lho. Makanya, kamu terbangun dengan perasaan lelah.

4. Jarang Gerak

Kaum mager pasti sering banget ngantukan di pagi hari. Padahal, kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan perasaan lelah.

Cara Mencegah Ngantuk di Pagi Hari

ngantuk di pagi hari
Source: Pzizz

Tapi, rasa ngantuk di pagi hari nggak selamanya atau terus-terusan ya guys. Kamu bisa melakukan pencegahan biar nggak ngantuk di pagi hari, seperti melakukan:

1. Tetap terhidrasi

Minumlah segelas air segera setelah bangun tidur. Dengan ini, proses kamu terbangun sepenuhnya akan terjadi secara cepat.

2. Dapatkan paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari di pagi hari dapat membantu mengatur ritme sirkadian kamu sehingga mengurangi rasa pusing di pagi hari.

3. Olahraga

Olahraga adalah kunci! Kamu bisa berolahraga, yoga, atau peregangan di pagi hari demi membantu membangunkan tubuh dan meningkatkan energi.

4. Sarapan yang sehat

Sarapan yang mencakup lemak sehat, protein, dan serat dapat memberikan energi berkelanjutan dan membantu mencegah kelelahan di pagi hari.

5. Tetapkan rutinitas waktu tidur

Rutinitas waktu tidur yang konsisten dapat berkontribusi pada kualitas tidur yang lebih baik, sehingga mengurangi kemungkinan merasa lelah di pagi hari. Misalkan, kamu tetapkan jam tidur setiap pukul 10 malam dan bangun 5 pai.

6. Batasi kafein

Kopi sangat ngetren nih buat anak muda. Tapi, kafein bisa membuat kamu gelisah, cemas, dan lelah lho. Makanya, sebelum tidur kurangi konsumsi kafein ya guys!

7. Mengatasi stres dan kesehatan mental

Mengelola stres dan mengatasi masalah kesehatan mental juga dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi kelelahan di pagi hari.

Itulah penyebab dan cara mencegah ngantuk di pagi hari. Intinya ya guys, kamu harus menjaga pola tidur yang konsisten biar bisa bersemangat di hari esok! Stay healty, Inselicious!

Topik Terkait