img_title
Foto : Berbagai Sumber

IntipSeleb – Ada berbagai skill atau kemampuan yang wajib dimiliki seorang manajer artis. Dan tentu saja, hal tersebut bisa didapatkan dengan ototidak atau dipelajari sendiri secara langsung.

Manajer artis menjadi salah satu profesi yang sering kali mengundang rasa penasaran publik, karena terlihat begitu dekat dengan dunia entertainment dan juga seluk-beluk di dalamnya.

Selain itu, manajer artis juga memiliki jenjang karier yang menjanjikan. Jika nama artis asuhannya semakin populer, maka nama sang manajer ikut naik sehingga membuat sepak terjangnya semakin bagus dan terpandang.

Lantas, skill apa saja ya yang harus dikuasai jika ingin menjadi seorang manajer artis? Simak selengkapnya yuk melalui ulasan di bawah ini.

1. Public Speaking

www.freepik.com/pressfoto
Foto : www.freepik.com/pressfoto

Kelancaran berbicara di depan umum menjadi salah satu kemampuan idaman banyak orang dan berguna dalam berbagai aspek kehidupan, diantaranya ketika mencari pekerjaan.

Seorang manajer artis tentu harus memiliki public speaking yang bagus untuk menghadapi klien dari berbagai latar belakang.

Tentunya, punya public speaking yang bagus tidak didapatkan dengan instan, melainkan harus dilatih terus menerus, dan jangan segan untuk mempraktikkannya secara langsung agar semakin lancar.

2. Paham Proses Administrasi

www.freepik.com/wirestock
Foto : www.freepik.com/wirestock

Proses administrasi tentu harus dipahami oleh seorang manajer artis agar kerja sama antara pihak manajemen dan klien berjalan dengan semestinya sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Selain accounting, ilmu yang bisa membantu untuk mempermulus pekerjaan sebagai seorang manajer artis antara lain di bidang hukum/legal serta marketing.

3. Pandai Mengatur Keuangan

Kemendag
Foto : Kemendag

Seorang manajer turut dipercaya untuk mengelola dana keuangan dan paham akan manajemen keuangan yang baik.

Kemampuan ini bisa digali melalui buku bacaan, internet, hingga mengikuti kelas kursus sebagai bentuk investasi pengembangan diri yang tentunya dibutuhkan di berbagai bidang pekerjaan.

4. Bijak

Pinterest
Foto : Pinterest

Seorang manajer artis tentu harus bijak dalam bersikap. Terlebih pekerjaannya membawa nama baik berbagai pihak, termasuk sang artis asuhannya.

Seperti contoh bijak dalam mengambil keputusan agar tidak merugikan berbagai pihak, bijak berbicara di depan umum, hingga bijak menggunakan media sosial.

5. Mudah Bergaul

freepik.com
Foto : freepik.com

Mudah bergaul menjadi nilai plus tersendiri untuk seseorang, termasuk ketika berniat untuk menjadi seorang manajer artis.

Kemampuan mudah bergaul bisa menjadi tanda jika orang tersebut pandai penempatkan diri dalam berbagai situasi, dan juga pintar membangun relasi kerja sama untuk kedepannya.

Itu tadi deretan skill yang harus dimiliki jika ingin menjadi seorang manajer artis. Semoga informasinya membantu ya!

Topik Terkait