img_title
Foto : Youtube Deddy Corbuzier

IntipSeleb – Duel tinju Vicky Prasetyo melawan Azka Corbuzier pada Kamis malam tanggal 31 Maret 2022 berlangsung sengit. Pertarungan itu disiarkan secara langsung di saluran YouTube Deddy Corbuzier dan disaksikan jutaan penonton.

Vicky Prasetyo yang tampil garang di awal ronde, cukup menari perhatian dengan penampilannya. Penonton dibuat gagal fokus dengan bekas kerokan di punggungnya. Bekas kerokan itu bahkan membuat Vicky ramai diperbincangkan dan sempat menjadi trending topic di Twitter.

Lantas, apakah kebiasaan kerokan yang kerap dilakukan oleh masyarakat, mulai dari kalangan biasa hingga artis Indonesia itu benar-benar dapat menyembuhkan masuk angin atau malah memberikan dampak buruk bagi kesehatan? Yuk simak penjelasan Dr. dr. Wismandari Wisnu, SpPD, K-EMD yang dikutip dari kanal YouTube Kata Dokter berikut ini!

Apa Itu Kerokan?

Instagram/@balsemlang.id
Foto : Instagram/@balsemlang.id

Kerokan merupakan salah satu terapi alternatif tradisional yang dipercaya dapat meringankan keluhan pegal dan linu pada badan. Kerokan bisa memicu munculnya hormon endorfin yang merupakan morfin alami pada tubuh, sehingga menyebabkan rasa lega dan nyaman.

Metode kerokan melibatkan menggaruk sambil menekan bagian tertentu dari tubuh, umumnya punggung, dan dapat dilakukan dengan menggunakan benda tumpul, seperti koim atau alat khusu lainnya.

Topik Terkait