img_title
Foto : Freepik/ Benzoix

IntipSeleb – Di era teknologi yang semakin maju, ada banyak cara mudah menghasilkan uang dengan mudah dan cepat, salah satunya adalah dengan menjadi affiliate TikTok. Menjadi affiliator TikTok merupakan peluang yang menguntungkan, khususnya bagi kamu para pengguna platform TikTok.

Untuk mendaftar TikTok Affiliate, ternyata kamu tidak perlu memiliki banyak followers dulu, lho. Kamu cukup mendaftarkan diri dan memenuhi semua syarat TikTok Affiliate. Lalu, kamu bisa membuat konten menarik dan menautkannya di keranjang kuning agar audiens bisa membeli barang melalui link Affiliate-mu.

Nah, untuk setiap pejualan barang dari hasil promosimu, TikTok akan memberikan komisi berupa uang. Cukup mudah, kan?

Dalam artikel ini, IntipSeleb akan memaparkan soal apa itu TikTok Affiliate, cara menjadi affiliate TikTok, syarat TikTok Affiliate, dan tips sukses jadi TikTok Affiliate. Penasaran? Scroll lebih lanjut yuk untuk membaca selengkapnya!

Apa Itu TikTok Affiliate?

Freepik/ myriammira
Foto : Freepik/ myriammira

TikTok Affiliate merupakan program yang dibuat oleh TikTok Shop bagi penggunanya yang ingin mendapatkan uang tambahan dengan cara mempromosikan produk atau layanan melalui konten TikTok mereka.

Orang yang menjadi Affiliate TikTok disebut sebagai affiliator. Dan syarat TikTok affiliate juga sangat mudah, kamu hanya perlu memiliki akun TikTok Shop dan memiliki rekening bank. Sebenarnya, jumlah followers tidak menjadi syarat mendaftar TikTok affiliate, tapi ada sebagian seller yang memberlakukan syarat followers bagi affiliator.

Cara kerja TikTok Affiliate

Secara garis besar, jika kamu adalah seorang affiliator TikTok, maka beginilah cara kerjanya:

1. Mendaftar Program Affiliate

Kamu harus bergabung dengan program affiliate perusahaan atau brand tertentu. Biasanya, perusahaan akan memberikan tautan afiliasi yang bisa kamu gunakan untuk melacak penjualan atau tindakan lainnya.

2. Mempromosikan Produk atau Layanan

Kamu bisa membuat konten TikTok yang mempromosikan produk atau layanan tertentu di akunmu. Konten bisa berupa ulasan produk, demonstrasi, atau konten menarik lainnya yang disukai followers TikTok-mu.

3. Menggunakan Tautan Afiliasi

Saat kamu mempromosikan produk atau layanan, lampirkan tautan afiliasimu di deskripsi atau teks overlay di videomu. Tautan ini akan mengarahkan audiens ke situs web produk atau layanan yang dipromosikan.

4. Mendapatkan Komisi

Jika audiens yang mengklik tautanmu membeli produk atau mendaftar layanan yang dipromosikan, kamu akan mendapatkan komisi atau imbalan.

Cara Daftar TikTok Affiliate untuk Pengguna

  1. Buka aplikasi TikTok
  2. Login dengan akunmu
  3. Buka ‘Pengaturan dan Privasi’
  4. Pilih menu ‘TikTok Shop’ pada kolom ‘Monetisasi’
  5. Pilih produk yang ingin dijual dari TikTok Shop
  6. Setelah jadi affiliator, kamu bisa melihat jumlah komisi yang kamu dapat dari produk yang kamu promosikan.

Cara Daftar TikTok Affiliate untuk Seller

  1. Buka situ seller-id.tiktok,com
  2. Login menggunakan akun TikTok
  3. Pilih ‘TikTok Shop Affiliate’
  4. Pilih ‘Program’, lalu ‘Program Toko’
  5. Klik opsi ‘Buat’
  6. Pilih jenis komisi dan persentasenya, lalu ‘Kirim’

Cara Menjadi Affiliate TikTok

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Jika kamu penasaran dengan cara menjadi Affiliate TikTok agar bisa menghasilkan uang, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pilih niche

Identifikasilah niche atau industri yang ingin kamu fokuskan. Sebisa mungkin, pilihlah sesuai dengan minatmu dan followersmu untuk memperbesar peluang link afiliasimu digunakan.

2. Cari program afiliasi

Temukan perusahaan atau brand yang memiliki program afiliasi yang cocok dengan niche yang kamu tetapkan. Kamu bisa mencarinya melalui platform afiliasi, seperti ShareASale, Amazon Associates, atau CJ Affiliate.

3. Daftar program afiliasi

Mendaftarlah ke program afiliasi yang kamu pilih. Isi formulir pendaftaran dan tunggulah persetujuannya sebelum bisa menjalankan program ini.

4. Buat konten berkualitas

Buatlah konten TikTok yang berkualitas dan menarik untuk mempromosikan produk atau layanan dengan cara yang unik agar audiens tertarik.

5. Lampirkan tautan afiliasi

Saat kamu mengunggah konten promosi, pastikan untuk menyertakan tautan afiliasi yang diberikan oleh perusahaan afiliasi.

6. Analisis dan Optimalisasi

Jangan lupa untuk memantau kinerja konten afiliasimu dan pelajari apa yang sukses dan apa yang kurang. Lalu, optimalkan strategimu berdasarkan hasil analisis itu.

Tips Sukses Jadi TikTok Affiliate

Freepik/freepik
Foto : Freepik/freepik

Di tengah banyaknya pesaing, kamu harus menemukan cara jadi TikTok Affiliate yang tepat agar usahamu menghasilkan uang berjalan lancar tanpa hambatan. Berikut ini tips sukses afiliator TikTok yang bisa kamu terapkan:

1. Pilih produk yang terpercaya

kejujuran dan integritas adalah kunci terpenting dari promosi. Promosikan produk atau layanan yang terpercaya dan benar-benar telah kamu yakini untuk membangun kepercayaan audiens.

2. Konsisten dengan niche yang ditetapkan

dengan konsisten dalam jalur niche yang telah ditetapkan sejak awal, kamu akan mampu menarik perhatian audiens yang lebih tertarget. Selain itu, spesialisasi juga diperlukan agar kamu tidak mudah dilupakan oleh audiens.

3. Kreatif

Buatlah konten yang menarik. TikTok adalah platform yang sangat mengandalkan visual, jadi pastikan kamu tidak berhenti belajar untuk menjadi lebih kreatif lagi dan lagi.

4. Interaktif

Tanggapilah komentar dan pertanyaan dari audiensmu. Hal ini penting untuk membangun hubungan yang lebih personal dengan mereka.

5. Analisis secara berkala

selalu pantau kinerja konten afiliasimu dan gunakan data untuk mengambil strategi yang terbaik untuk kontenmu ke depannya.

6. Patuhi kebijakan

pastikan kamu mematuhi aturan dan kebijakan TikTok serta perusahaan afiliasi yang kamu ikuti agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, itulah sederet cara menjadi TikTok Affiliate yang bisa kamu terapkan agar bisa menghasilkan cuan dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait