img_title
Foto : Freepik/ freepik

IntipSeleb – Industri kosmetik di Indonesia kini perkembangannya sudah semakin meningkat. Banyak produk-produk dan brand kosmetik lokal yang bermunculan. Hal itu menjadi pertanda cemerlangnya karier di bidang kecantikan.

Dengan pesatnya perkembangan di industri ini, banyak pula peluang karier yang bisa dicoba. Jika kamu tertarik untuk berkarier di bidang kecantikan, kamu mungkin bisa mulai mencari tahu tentang profesi yang terkait dengan industri ini, seperti Makeup Artist (MUA) hingga pembuat formulasi skincare.

Untuk itu, sebelum terjun di profesi di bidang kecantikan, kamu perlu mempelajarinya terlebih dahulu. Tidak cukup hanya dengan belajar otodidak, kamu juga perlu mempelajari berbagai hal terkait bidang yang ingin kamu tekuni.

Siapa sangka, ada beberapa jurusan kuliah yang cocok bagi kamu yang tertarik dengan bidang kecantikan, lho. Melihat perkembangan industri kecantikan yang semakin pesat, prospek kerja di bidang ini kemungkinan juga akan cemerlang.

Penasaran dengan rekomendasi jurusan kuliah di bidang kecantikan? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini, ya!

1. Jurusan Tata Rias

Freepik
Foto : Freepik

Jurusan kulian di bidang kecantikan pertama yang bisa kamu pertimbangkan adalah Tata Rias. Tak hanya ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), beberapa Perguruan Tinggi juga menyediakan jurusan ini, lho, di antaranya Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Negeri Padang. Jurusan Tata Rias di beberapa universitas disediakan dalam program D-III dan S1.

Bagi kamu yang tertarik dengan bidang kecantikan, khususnya di bidang makeup, kamu bisa melanjutkan pendidikanmu di jurusan ini. Setelah lulus, kamu bisa mengajar sebagai guru atau dosen. Selain itu, kamu juga bisa memulai karier sebagai MUA atau bahkan beauty vlogger.

2. Jurusan Kimia

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Bagi kamu anak IPA tentu sudah tidak asing lagi dengan mata pelajaran Kimia, bukan? Nah, jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut kamu bisa mengambil jurusan Kimia di Perguruan Tinggi nanti. Jurusan yang masuk ke rumpun Fakultas Saintek ini juga cocok, lho, bagi kamu yang tertarik untuk berkarier di industri kecantikan.

Jurusan kuliah di bidang kecantikan yang satu ini tak hanya mempelajari kimia secara teori tapi juga penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Kamu akan banyak menghabiskan waktu di laboratorium untuk meneliti banyak hal.

Setelah mendapatkan gelar Sarjana Sains (S.Si), prospek kerja yang tersedia untukmu cukup luas. Kamu bisa berkarier di perusahaan makanan dan minuman hingga perusahaan kosmetik sebagai bagian dari tim penelitian dan pengembangan produk hingga formulator skincare.

Jika kamu bermimpi ingin memiliki brand kosmetik sendiri atau bekerja di perusahaan kosmetik, setelah lulus kuliah kamu bisa memulai karier sebagai ahli kimia kosmetik. Nantinya, kamu akan bertanggung jawab atas uji coba produk makeup dan skincare, untuk memastikan produk kecantikan yang dibuat aman bagi calon konsumen dan lingkungan.

3. Jurusan Farmasi

Freepik/ zinkevych
Foto : Freepik/ zinkevych

Jurusan kuliah di bidang kecantikan selanjutnya adalah farmasi. Kebanyakan orang memandang masa depan lulusan farmasi adalah sebatas peracik obat. Padahal, di jurusan ini kamu akan mempelajari ilmu kesehatan dan ilmu kimia.

Selama kuliah, kamu tidak hanya mempelajari bahan kimia untuk diolah menjadi obat-obatan, tapi juga senyawa-senyawa kimia dari bahan alami yang bisa dikembangkan menjadi obat herbal. Selain itu, kamu juga bisa berkarier di industri kosmetik sebagai bagian dari tim penelitian dan pengembangan produk. Atau kamu juga bisa mengembangkan brand kosmetikmu sendiri, lho.

Nah, itulah rekomendasi tiga jurusan kuliah di bidang kecantikan yang bisa kamu pilih, terlebih jika kamu ingin berkarir di industri kosmetik dan skincare secara profesional. Jadi, jurusan kuliah mana yang ingin kamu tekuni?

Topik Terkait