img_title
Foto : Instagram

IntipSelebProfesi makeup artist atau MUA secara profesional bertugas untuk merias wajah sesuai dengan kebutuhan klien. Di kalangan masyarakat awam dengan pemahaman bahwa MUA pasti bisa untuk semua jenis kepentingan, perlu diketahui bahwa sebenarnya ada beberapa kategori MUA, lho.

Makeup artist atau MUA terbagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan kebutuhannya. MUA wedding berbeda kebutuhannya dengan MUA komersial, begitu pula MUA karakter yang kebutuhannya berbeda dengan MUA selebritis.

Ketahanan, lighting, dan jenis acara menjadi segelintir faktor yang menjadi pembeda antara kategori MUA yang ada. Sebab, masing-masing memiliki pakem tersendiri yang harus dilakukan untuk hasil yang maksimal.

Lantas, apa saja sih kategori MUA yang menarik untuk digeluti dan bisa dijadikan profesi? Yuk scroll untuk membaca selengkapnya!

1. MUA Wedding

Kategori MUA yang paling umum di masyarakat adalah MUA wedding. Sebab, pernikahan di Indonesia merupakan sebuah ritual besar, sakral dan spesial. Riasan pengantin juga tak bisa sembarangan. MUA pernikahan harus memahami pakem-pakem dari adat-adat tertentu, misalnya riasan untuk pernikahan adat Jawa tentu akan sangat berbeda dengan riasan pernikahan adat Medan, dan sebagainya.

2. MUA High Fashion

Fashion dan makeup adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Fashion memiliki pesan yang ingin disampaikan dan makeup berperan untuk menunjangnya, sesederhana lewat permainan warna yang dipilih.

Selain mengatur complexions di wajah, skill yang harus dimiliki MUA high fashion adalah permainan dan hierarki warna. Mereka harus tahu riasan di bagian apa yang harus diberi statement agar pesan yang ingin disampaikan desainer bisa terwakili.

3. MUA Editorial

MUA editorial adalah MUA yang berfokus untuk merias model yang akan ditampilkan di media cetak, seperti kampanye kecantikan, majalah mode, katalog, dan lainnya. Riasan MUA editorial biasanya cenderung sederhana dan bersih hingga riasan-riasan yang eye-catching, mulai dari penggunaan eyeshadow cut crease, bentuk eyeliner yang unik, fake freckles, sampai tambahan manik-manik di wajah.

Riasan MUA editorial sangat menonjolkan unsur seni. Riasan mereka tidak berfoku untuk membuat modelnya tampak cantik, tapi menjadi berkarakter. Oleh sebab itu, riasan dari MUA editorial tidak cocok untuk digunakan sehari-hari.

4. MUA Komersial

MUA komersial adalah kategori MUA yang riasannya tergantung pada konsep video atau foto komersial yang akan dibuat. Hasil riasan yang diaplikasikan pada model harus bisa merepresentasikan brand atau produk terkait.

Hasil riasan MUA komersial tidak boleh melenceng dari konsep yang dibuat oleh tim kreatif. Selain itu, MUA komersial juga harus bekerja sama dengan baik dengan camera man karena angle kamera juga harus menjadi pertimbangan dalam riasan.

5. MUA Teater atau Panggung

Kategori MUA yang tak kalah menarik adalah MUA teater atau panggung. Makeup Artist ini spesialis menciptakan penampilan dramatis para aktor di atas panggung dengan lighting yang sedemikian rupa.

MUA ini juga harus terampil menggunakan efek riasan khusus untuk menciptakan tampilan tertentu pada subjeknya yang akan dilihat oleh banyak mata dari jarak yang terbilang jauh.

6. MUA Selebritis

MUA yang ingin mengembangkan kariernya kerap kali ingin bekerja sama dengan selebritis, baik dari industri film, TV, musik, hingga influencer. Para artis tersebut membutuhkan riasan untuk tampil di acara atau di layar dan mereka biasanya akan mempercayakan pekerjaan itu pada MUA selebritis.

7. MUA Jenazah

Perias jenazah atau MUA jenazah merupakan salah satu kategori MUA dengan seluk-beluk menarik. Sesuai dengan namanya, MUA ini bertugas untuk mendandani jenazah dari agama tertentu sebelum dikebumikan.

Sama halnya dengan momen pernikahan yang sakral, kematian juga salah satu momen yang berharga terlebih bagi keluarga yang ditinggalkan. Sebab, momen ini adalah kali terakhir seluruh anggota keluarga bisa melihat orang yang mereka cintai sebelum petinya ditutup dan prosesi lain dilanjutkan.

Perias jenazah dalam hal ini berperan untuk membantu keluarga yang ditinggalkan untuk mengingat orang yang meninggal dalam keadaan terbaiknya.

Selain dari segi kesakralannya, MUA ini juga perlu teknik-teknik khusus dalam mengaplikasikan makeup. Hal ini lantaran kondisi kulit orang yang sudah meninggal jauh berbeda dengan yang masih hidup. Bahkan, untuk fondasi makeup jenazah, MUA ini menggunakan lem khusus agar riasan bisa menempel dengan baik.

8. MUA Karakter

Bak pelukis, kategori MUA yang satu ini bisa mengubah total wajah seseorang menjadi sebuah karakter tertentu hingga tak bisa lagi dikenali. Dianggap sebagai yang paling ‘nyeni’ dalam kategori MUA yang ada, riasan MUA karakter hanya dipakai di event-event tertentu saja.

Nah, itulah sederet kategori MUA yang menarik untuk dijadikan profesi dan kariernya sangat menjanjikan. Semoga bermanfaat, ya!

Topik Terkait