img_title
Foto : Freepik/ teksomolika

IntipSeleb – Tingginya antusiasme masyarakat, khususnya anak muda terhadap konser musik jelas terlihat dari banyak digelarnya konser, baik di Jakarta maupun kota-kota lainnya di Indonesia.

Dengan banyaknya konser musik, banyak pula peluang yang terbuka di bidang ini, salah satunya adalah kesempatan untuk menjadi panitia konser musik. Peluang ini sangat cocok bagi kamu yang tertarik dengan musik dan memiliki skill yang cocok di divisi yang dibutuhkan.

Dengan bertugas jadi panitia konser, kamu bisa melaksanakan tugas sambil menyaksikan band atau musisi favoritmu dan merasakan euforia suasana konser yang meriah yang pastinya bisa didapatkan secara gratis.

Menjadi panitia konser musik bisa menjadi pilihan karier yang menarik, lho. Sebagai panitia konser, kamu akan bertanggung jawab untuk mengorganisir dan mempromosikan sebuah konser agar sukses digelar.

Cara Jadi Panitia Konser

Freepik/ vecstock
Foto : Freepik/ vecstock

Nah, apakah kamu penasaran bagaimana cara jadi panitia konser? Yuk perhatikan aspek-aspek berikut ini!

1. Pelajari dan kembangkan keterampilan

Sebelum menjadi panitia konser, kamu perlu memahami cara mengorganisasi acara, memahami selera pasar, dan memiliki pengalaman dalam riset dan pemasaran. Kamu juga harus bersikap profesional dan mampu memisahkan urusan pekerjaan dengan urusan pribadi.

2. Bergabung dengan tim

Cara jadi panitia konser selanjutnya adalah bergabung ke dalam tim pelaksana konser. Setelah menjadi bagian dalam tim penyelenggara konser, di dalamnya kamu akan bekerja sama dengan banyak orang yang terdiri dari berbagai anggota, mulai dari promotor, sponsor, staff, artis, musisi, dan sesama panitia.

3. Mengembangkan jaringan

Jaringan yang baik sangat penting bagi kamu yang ingin menjadi panitia konser. Kamu perlu membangun hubugan dengan agensi, artis, sponsor, dan media untuk membantu menyebarkan informasi soal konser yang akan digelar.

4. Menggunakan media sosial dan digital marketing

Dalam era teknologi ini, penggunaan media sosial dan digital marketing menjadi alat penting. Kamu perlu memahami cara mengoptimalisasi media sosial dan digital marketing untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan tiket.

Tips Jadi Volunter Konser

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Bagi kamu yang ingin menambah pengalaman menjadi panitia konser, kamu bisa mencoba peluang sebagai volunteer konser musik. Dengan menjajal sebagai volunteer, peluangmu untuk menjadi panitia konser akan jauh lebih besar, lho.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika ingin menjadi volunteer konser musik? Simak tipsnya berikut ini, ya!

1. Manfaatkan media sosial

Follow media sosial yang menginformasikan soal volunteer konser, seperti @sarjanavolunteer @greenzone.co @mudamudi.jkt. Selain itu, follow Event Organizer (EO) yang kerap menggelar konser, seperti @vizionvibe @ismayalive dan lainnya.

2. Buat CV semenarik mungkin

Volunteer konser biasanya tugasnya tidak jauh dari divisi LO, Usher, Dokumentasi, Registrasi, Ticketing, Crowd Control, Talent Treatment, F&B, dan Event Support.

Nah, untuk meningkatkan peluang terpilih dalam role di atas, penting untuk membuat CV yang semenarik mungkin. Sebab, antusiasme terhadap volunteer konser sangatlah besar. Kamu harus lebih bersinar dari kandidat lainnya.

3. Aturan mengirim email pendaftaran

Meski sebenarnya tak ada aturan tertulis soal aturan dalam mendaftar dan mengirimkan email, akan jauh lebih baik jika kamu memahami tata krama dalam mengirimkan email. Hal ini akan menjadi poin plus bagi penyelenggara karena artinya kamu berhasil memberikan kesan yang baik.

4. Tunjukkan komitmen

Volunteer adalah tentang komitmen. Tunjukkan seberapa besar komitmenmu dalam konser yang akan digelar bahkan sejak mendaftar. Jagalah komitmen tersebut sepanjang proses hingga acara selesai digelar dan dipertanggungjawabkan. Ini akan memperluas peluangmu untuk diterima di event berikutnya.

Nah, itulah sederet cara jadi panitia konser dan tips jadi volunteer konser yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait