img_title
Foto : Freepik/ Drazen Zigic

IntipSeleb – Di tengah tren konser yang semakin semarak di Indonesia, peluang menjadi volunteer konser adalah impian bagi sebagian anak muda. Banyak dari mereka ingin merasakan atmosfer yang magis dari balik panggung.

Menjadi volunteer konser bisa menjadi pengalaman tak terlupakan sepanjang hidup seseorang. Kapan lagi bisa mendengarkan musisi atau band kesukaan secara gratis dan jika beruntung bisa bertatap muka dari jarak dekat hingga berfoto bersama.

Namun, melihat antusiasme setiap kali pendaftaran volunteer konser dibuka, perlu strategi khusus agar bisa menjadi salah satu yang lolos dari ratusan hingga ribuan pendaftar.

Nah, jika kamu tertarik untuk menjadi volunteer konser musik, ada beberapa tips jadi volunteer konser yang perlu diketahui sebelum mendaftar. Penasaran? Yuk simak tips jadi volunteer konser berikut ini!

Tips Jadi Volunteer Konser Musik

Freepik/ wirestock
Foto : Freepik/ wirestock

Untuk menjadi volunteer konser, kamu perlu mengetahui beberapa tips yang akan mempermudah langkahmu diterima. Berikut ini tips atau cara jadi volunteer konser yang penting dicatat:

1. Pilih konser sesuai minat

Tips jadi volunteer konser yang pertama adalah memilih konser musik yang sesuai dengan minat dan pengetahuanmu. Hal ini akan membuat pengalamanmu lebih berkesan dan memungkinkan dirimu bisa lebih menikmati acara dengan lebih baik.

Jika kamu menyukai genre musik atau musisi tertentu, kamu bisa memilih konser atau festival musik yang sesuai dengan seleramu tersebut.

2. Segera daftar sejak awal

Peluang jadi volunteer konser cukup terbatas, sehingga penting untuk kamu mendaftar sejak awal dan jangan ditunda-tunda. Informasi pendaftaran jadi volunteer konser biasanya diumumkan melalui media sosial, situs web resmi atau komunitas musik.

Pastikan kamu mendaftarkan diri sesegera mungkin dan mengikuti langkah-langkah pendaftaran yang ditentukan agar bisa dipertimbangkan menjadi volunteer. Buatlah CV dan surat lamaran dengan baik. Selain itu, tunjukkan dedikasi, kemampuan dan poin plus yang dalam proses seleksi untuk memberi kesan yang baik.

3. Bekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan

Tips jadi volunteer konser selanjutnya adalah membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan. Seperti diketahui, proses seleksi volunteer konser tidak mudah. Pihak penyelenggara akan melihat banyak aspek, mulai dari pengalaman hingga kemampuan beradaptasi dengan situasi yang cepat berubah.

Sebelum mendaftar jadi volunteer konser, sebaiknya kamu mempelajari tugas dan tanggung jawab yang akan kamu emban, seperti pengetahuan tentang konser, lokasi, jadwal, dan prosedur keamanan.

4. Siapkan fisik dan mental

Volunteer konser adalah pekerjaan yang melelahkan. Sebagai volunteer, kamu akan diberi berbagai tugas, mulai dari mengatur perlengkapan, membantu mengatur panggung, atau mengarahkan penonton. Selain itu, situasi di belakang panggung juga sangat menantang.

Oleh sebab itu, mempersiapkan fisik dan mental adalah faktor yang sangat penting. Jadilah pribadi yang fleksibel atas segala perubahan yang mungkin terjadi sejak sebelum hingga konser berjalan.

5. Jaga profesionalitas

Tips jadi volunteer konser selanjutnya adalah menjaga profesionalitas. Profesionalitas dan pembawaan diri penting dalam berinteraksi dengan tim penyelenggara konser, artis, staff, dan penonton. Sikap yang baik akan membantu memberikan kesan positif dan menyenangkan.

6. Menjalin networking

Menjalin networking akan membantumu mendapatkan peluang sebagai volunteer konser. Manfaatkan kesempatan dengan berinteraksi langsung dengan orang-orang di industri musik, sesama volunteer, dan staff acara.

Jalin hubungan baik dnegan mereka dan berikan kesan yang positif. Selain itu, jangan ragu untuk meminta saran dan rekomendasi pada mereka.

7. Ambil pelajaran sebanyak mungkin

Menjadi volunteer konser adalah kesempatan emas. Manfaatkan peluang itu untuk belajar dan merasakan atmosfer unik di belakang panggung. Nikmatilah setiap momen, jalin hubungan baik dengan banyak orang, dan perluas wawasanmu. Dengan ini, pengetahuanmu tentang produksi acara dan manajemen tim akan berguna untuk membuka kesempatan selanjutnya.

Nah, itulah sederet tips jadi volunteer konser musik yang perlu kamu ketahui. Menjadi volunteer konser adalah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan. Banyak keuntungan yang bisa kamu raih, seperti nonton konser gratis, mendapat relasi yang berguna, melatih kerjasama tim, dan banyak lagi. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait