img_title
Foto : Instagram @wanda_haraa

IntipSeleb – Industri fashion memang tak ada habisnya untuk dibicarakan. Tak hanya profesi fashion desainer, bidang ini juga memiliki cakupan yang sangat luas. Salah satu pekerjaan yang berkaitan dengan industri ini adalah fashion stylist.

Seperti diketahui, fashion adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Terlebih di era media sosial yang sangat masif, banyak orang yang memotret gaya berpakaian dan kemudian mengunggahnya di media sosial.

Di industri hiburan, fashion stylist sangat dibutuhkan. Seorang artis membutuhkan jasa fashion stylist untuk membantu mereka menentukan busana apa yang akan mereka kenakan dalam berbagai acara, seperti pertemuan penting, acara penghargaan, pesta, hingga pemotretan.

Untuk bisa menjadi seorang fashion stylist yang sukses, diperlukan persiapan yang matang. Kamu bisa mulai mengejar mimpimu sebagai seorang fashion stylist dengan melanjutkan pendidikan di bidang yang terkait.

Bagi kamu yang menyukai dan memiliki passion di dunia fashion, beberapa jurusan ini patut dipertimbangkan. Sebab, untuk mendukung karier yang akan kamu bangun, menimba ilmu di jurusan yang sejalan akan sangat membantu.

Jurusan Kuliah untuk Jadi Fashion Stylist

Instagram @wanda_haraa
Foto : Instagram @wanda_haraa

Jika kamu tertarik untuk berkarier sebagai seorang fashion stylist, kamu bisa menempuh jurusan kuliah berikut ini untuk menambah pengetahuanmu. Apa saja? Yuk simak daftarnya:

1. Fashion Design atau Tata Busana

Fashion Design atau Tata Busana adalah salah satu jurusan kuliah untuk jadi fashion stylist. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang teknik desain, membuat pola, menjahit, dan seluk beluk produksi, tak hanya busana tapi juga berbagai macam hal yang berkaitan dengan fashion.

Tidak hanya sebatas produksi busana, kamu juga akan dibekali dengan analisa tren fashion yang berkembang, cara memasarkan busana, manajemen bisnis fashion hingga mengadakan fashion show sebagai tugas akhirnya.

Umumnya, di universitas swasta yang memiliki jurusan fashion desain, kamu juga akan mempelajari soal fashion dari perspektif Paris sebagai kiblat fashion dunia.

2. Fashion Business

Fashion tentu tidak lepas dari ekonomi. Tak heran, ada sebuah jurusan yang memang dibuat untuk memperdalam bisnis khusus di dunia fashion, yaitu jurusan Fashion Business.

Dalam jurusan ini, kamu akan belajar tentang bagaimana cara mengatur bisnis dalam dunia fashion dan seperti apa perilaku konsumen dalam trend fashion saat ini berdasarkan pertimbangan sosial, ekonomi dan budaya.

Jadi, jurusan Fashion Business berfokus pada strategi apa yang bisa kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar dan memahami apa yang sebenarnya konsumen inginkan.

3. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan kuliah untuk jadi fashion stylist selanjutnya adalah Desain Komunikasi Visual (DKV). Secara umum, jurusan ini akan mempelajari tentang cara mengolah pesan secara informatif, komunikatif dan efektif dengan sekreatif mungkin.

Di jurusan DKV, kamu dituntut untuk memperhatikan unsur bentuk, warna, tekstur, ruang, huruf, dan segala hal yang berkaitan dengan visual. Tak ayal, jurusan ini cocok untuk mendongkrak kariermu sebagai fashion stylist.

4. Fashion Communication

Jurusan kuliah untuk jadi fashion stylist selanjutnya adalah Fashion Communication. Di jurusan ini, kamu akan belajar untuk mempromosikan dan merepresentasikan produk busana yang dibuat dengan memanfaatkan berbagai media.

Kamu juga akan belajar tentang budaya populer kontemporer beserta pengaruhnya terhadap industri fashion. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang mempunyai skill komunikasi dan kemampuan memanfaatkan media sosial dan teknologi.

5. Fashion Marketing

Selanjutnya, jurusan kuliah untuk jadi fashion stylist yang bisa diambil adalah Fashion Marketing. Dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari riset pasar fashion, analisis dan prediksi tren fashion, merchandising visual, hingga strategi promosi.

Intinya, semua hal yang berkaitan dengan dunia fashion dan marketing akan dipelajari dalam jurusan ini. Jurusan ini diperlukan agar kamu bisa menghubungkan segala bentuk produk fashion kepada pelanggan.

6. Fashion Management

Jurusan kuliah untuk jadi fashion stylist selanjutnya adalah Fashion Management. Jurusan ini lebih menekankan pada promosi, branding, keterampilan komunikasi visual, dan pengembangan produk.

Mata kuliah yang akan kamu pelajari di program studi ini antara lain, Consumer Behavior for Fashion, Fashion Brand Strategies, dan Digital Fashion Illustration.

Dalam memilih jurusan kuliah untuk jadi fashion stylist, penting untuk mempertimbangkan minat dan keterampilan. Rekomendasi jurusan kuliah di atas bisa membantu mempersiapkanmu untuk memasuki industri fashion dan menjadi seorang fashion stylist yang sukses.

Namun, tidak ada satu jurusan kuliah pun yang bisa menjamin kesuksesan seseorang di industri fashion. Pengalaman kerja dan keterampilan yang harus terus diasah juga sangat mempengaruhi kesuksesan dan eksistensimu sebagai seorang fashion stylist. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait