img_title
Foto : Instagram @ryanogilvy

IntipSeleb – Kebutuhan akan jasa MUA terbilang sangat tinggi. Dalam acara pernikahan misalnya, terkadang mempelai wanita menggunakan jasa lebih dari satu MUA untuk menampilkan tampilan yang berbeda di upacara adat dan resepsi. Tak heran, peluang karier MUA sangat tinggi.

Berbeda dengan kebutuhan merias diri sendiri, menjadi MUA perlu persiapan yang matang dan jam terbang yang tinggi. Kamu juga perlu memperkenalkan dirimu pada klien lewat riasan-riasan wajah yang sudah kamu buat.

Jika kamu memiliki passion dalam hal makeup dan tertarik untuk menjadikannya sebagai profesi, kamu perlu mengetahui beberapa hal untuk mengembangkan dirimu agar bisa sukses menjadi MUA profesional.

Penasaran apa yang perlu kamu lakukan untuk menjadi MUA profesional? Yuk simak sederet tips mulai profesi MUA untuk pemula yang perlu kamu ketahui!

Tips Mulai Profesi MUA untuk Pemula

Freepik
Foto : Freepik

Nama-nama besar di bidang MUA profesional, seperti Bubah Alfian, Marlene Hariman, Bennu Sorumba, hingga Irwan Riady telah melewati perjalanan panjang nan berliku hingga bisa mencapai titik kesuksesan mereka sekarang.

Jika kamu ingin meniru rekam jejak mereka sebagai MUA profesional, kamu bisa meniru tips mulai profesi MUA untuk pemula berikut ini:

1. Berani memulai dari skala kecil

Sudah menjadi rahasia umum bahwa untuk menjadi MUA profesional dibutuhkan modal yang tidak sedikit, mulai dari peralatan makeup, biaya kursus, dan lainnya. Di sisi lain, kamu tidak boleh takut untuk memantapkan hati dan memulai profesi ini.

Kuncinya adalah berani memulai dari hal kecil. Kamu tidak perlu langsung memulai dengan peralatan dan makeup yang harganya jutaan atau mengambil kelas kursus makeup di luar negeri. Cukup manfaatkan apa yang kamu punya saat ini.

Belilah alat dan makeup sesuai kemampuanmu, ambil kursus yang sesuai dengan budgetmu, dan jika jalanmu mulai terbuka barulah secara perlahan kamu meng-upgrade skill dan peralatanmu sebagai MUA.

2. Tidak berhenti belajar

Tips mulai profesi MUA untuk pemula selanjutnya adalah tidak berhenti belajar. Jika kamu ingin menjadi MUA profesional, maka kamu tidak boleh lelah untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya.

Jika kamu memiliki modal yang lebih, kamu bisa mengambil kelas makeup yang terpercaya. Sebab, kursus semacam itu memiliki kurikulum yang terstruktur, sehingga kamu akan memperoleh ilmu yang lengkap dari yang dasar hingga yang paling kompleks.

Tapi, jika kamu memiliki keterbatasan biaya, kamu bisa memanfaatkan berbagai sumber yang mudah didapat, seperti tutorial di YouTube, media sosial MUA profesional, demo makeup, hingga semi private make up course yang harganya masih terjangkau.

3. Rajin membuat portofolio

Jika kamu ingin menjadi MUA profesional, hasil karyamu penting untuk dipamerkan kepada calon klien. Maka, tips menjadi MUA profesional selanjutnya adalah dengan membuat banyak portofolio. Dengan demikian, klien akan lebih mempercayaimu lewat riasan yang kamu buat.

Di era modern seperti saat ini, membuat portofolio MUA tak terlalu susah, kamu bisa memanfaatkan media sosial yang kamu punya untuk menarik minat calon klien.

Cukup dengan mencari model dan pakaian serta aksesoris yang akan dipakai, membuat riasan yang menarik, memotretnya sendiri atau dengan jasa fotografer lalu memasukkannya ke media sosialmu.

Tak sampai di situ saja, penting untuk terus meng-upgrade portofoliomu karena tren make up terus berkembang dan kamu harus menunjukkan bahwa kemampuanmu tidak main-main.

4. Eksperimen dengan berbagai jenis wajah

Setiap klien memiliki jenis wajah yang berbeda-beda, maka tips mulai profesi MUA untuk pemula selanjutnya adalah bereksperimen dengan berbagai jenis wajah untuk memberikan referensi bagi calon klien.

Kamu tidak bisa menyamaratakan satu teknik makeup untuk semua klien. Setiap klien memiliki karakteristik masing-masing dan kamu tidak dapat memaksakan makeup yang sama.

5. Eksperimen dengan peralatan makeup

Selain bereksperimen dengan berbagai jenis wajah klien, untuk menjadi MUA profesional kamu juga perlu bereksperimen dengan berbagai alat makeup dan memaksimalkan penggunaannya.

Seperti Anda ketahui, setiap MUA profesional memiliki preferensinya masing-masing dalam brand makeup dan peralatannya. Umumnya preferensi ini terbentuk dari pengalaman yang banyak, sehingga kamu tahu mana make up dan peralatan yang sesuai dengan teknik makeup-mu.

Sebagai contoh, beberapa informasi dasar mengenai make up dan peralatannya antara lain, mencari base makeup dan complexion yang sesuai dengan jenis kulit, memilih kuas yang sesuai dengan make up yang digunakan, dan mencari eye shadow yang tahan lama dan tidak creasing.

6. Mencari pengalaman

Pengalaman adalah sesuatu yang mahal, termasuk ketika kamu ingin menjadi MUA profesional. Pengalaman yang banyak dan jam terbang yang tinggi membentuk kariermu dari MUA pemula menjadi MUA profesional.

Dengan banyaknya pengalaman yang kamu punya, kamu akan semakin mengenal lebih banyak jenis dan bentuk wajah, mengenal lebih banyak teknik makeup yang tepat, kemampuan semakin terlatih, dan mengenal lebih banyak produk makeup yang sesuai.

7. Membuat ciri khas

Untuk bisa semakin dikenal sebagai MUA, kamu perlu membuat ciri khasmu sendiri. Dengan ciri khas makeup, kamu akan menarik pasarmu sendiri. Ciri khas juga akan menjadi pembeda antara dirimu dan MUA lainnya.

Membuat ciri khas memang tidak mudah, tapi jika kamu tidak menyerah kamu akan menemukan apa yang menjadi ciri khasmu. Yang terpenting adalah jangan putus asa dan jangan meniru gaya orang lain.

Nah, itulah sederet tips mulai profesi MUA untuk pemula yang penting untuk diketahui agar peluangmu sebagai makeup artist semakin terbuka dan eksistensimu di bidang ini tetap terjaga. Semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait