img_title
Foto : Instagram

IntipSeleb – Siapa bilang industri kecantikan hanya bisa diisi oleh para perempuan saja? Pria juga bisa, lho, berkarier di industri kecantikan yang semakin maju ini. Banyak peluang karier yang berhubungan dengan dunia kecantikan dan bisa diisi oleh pria.

Di era yang sudah semakin maju dan banyak orang berpikiran terbuka, pria yang bekerja di industri kecantikan dianggap lumrah. Berbeda dari beberapa tahun ke belakang yang masih ada klasifikasi tertentu terkait profesi yang cocok untuk pria dan perempuan.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dulu, pekerjaan yang berkaitan dengan kecantikan dianggap tidak pantas bagi pria. Bahkan, tak jarang mereka mendapatkan stigma negatif hingga dipertanyakan orientasi seksualnya atau yang kini dikenal sebagai toxic masculinity.

Selama ini, masyarakat berpikiran bahwa pria identik dengan sifat yang keras, kuat, garang yang disebut sebagai sifat maskulin. Sementara itu, perempuan identik dengan sifat feminin, misalnya lemah lembut dan anggun. Anggapan masyarakat itulah yang membuat banyak orang berpikir bahwa pria yang bekerja di industri kecantikan bukan pria yang macho.

Zaman sekarang, sudah selayaknya stigma-stigma negatif dan seksis tersebut dihapuskan. Sebab, gender tidak mengkotak-kotakkan kreatifitas dan kesempatan semua orang.

Kecantikan tidak mengenal gender, baik itu soal skincare maupun makeup. Peluang karier di bidang kecantikan juga semakin terbuka lebar. Penasaran profesi di industri kecantikan yang bisa dicoba oleh pria yang memiliki passion di bidang tersebut? Yuk scroll lebih lanjut untuk membaca selengkapnya!

1. MUA dan Hair Stylist

IntipSeleb
Foto : IntipSeleb

Nama Bubah Alfian, Ryan Ogilvy, dan Rudy Hadisuwarno tentu sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang, khususnya yang berkecimpun di dunia kecantikan. Mereka adalah MUA profesional dan hair stylist papan atas tanah air yang kerap menjadi langganan para artis.

Mereka dan sederet tokoh lainnya menjadi bukti bahwa pria yang berbakat dan berprofesi sebagai MUA dan hair stylist bukanlah sebuah kesalahan. Mereka bahkan memiliki tarif yang fantastis. Bisa dibayangkan kan seberapa tebal pundi-pundi yang dikumpulkan?

2. Formulator Kosmetik

Freepik/ wayhomestudio
Foto : Freepik/ wayhomestudio

Profesi pria di industri kecantikan selanjutnya yang bisa dicoba adalah formulator kosmetik atau cosmetic chemist. Peluang karier ini juga sangat menjanjikan jika mengingat betapa majunya industri kecantikan saat ini.

Di balik produk skincare dan makeup yang digunakan oleh banyak orang, ada peran penting seorang cosmetic chemist atau formulator kosmetik di belakangnya, atau tepatnya di laboratorium.

Tugas dari seorang cosmetic chemist atau formulator kosmetik adalah meracik ingredients skincare dan makeup, membuat trial batch produk, dan menentukan parameter untuk forulasi produk, seperti misalnya tingkat pH dan viskositasnya.

3. Dermatologist

Instagram/dr.richard_lee
Foto : Instagram/dr.richard_lee

Bukan hal yang mustahil bagi para pria untuk membuka klinik kecantikan. Pria dapat berkiprah di sektor kecantikan sebagai dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (SpKK). Latar belakang pendidikan sebagai spesialis kulit akan menjadi bekal kompeteni untuk terjun ke industri kecantikan.

Perjalanan untuk terjun menjadi seorang dermatologis memang tidak mudah. Seorang dermatologis harus melewati jenjang pendidikan kedokteran dan serangkaian proses panjang hingga memeroleh gelar dokter, melanjutkan pendidikan spesialis, hingga mengantongi izin praktek.

Tapi, perjuangan itu akan membuahkan hasil yang manis ketika kamu sudah sukses di bidang ini. Sebab, kebutuhan akan dermatologis di Indonesia terus meningkat seiring dengan terbukanya pikiran masyarakat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit.

4. Fotografer Beauty

Freepik
Foto : Freepik

Meski tak bersentuhan langsung, profesi pria di industri kecantikan lainnya yang bisa dicoba adalah sebagai fotografer beauty. Jika kamu memiliki passion di bidang fotografi dan ingin berkecimpung di industri kecantikan, profesi ini cocok untukmu.

Hasil karya fotografi para fotografer beauty biasanya akan digunakan oleh brand-brand kecantikan atau klinik-klinik kecantikan untuk kebutuhan komersil dan editorial.

5. Research and Development

Freepik/ Wayhomestudio
Foto : Freepik/ Wayhomestudio

Profesi pria di industri kecantikan lainnya adalah Research dan Development atau R&D. Profesi ini tak kalah penting, lho di industri kecantikan. R&D akan bekerja sama dengan berbagai divisi di perusahaan untuk membuat pengembangan produk kecantikan.

Mulai dari tahap perencanaan hingga eksekusi tentu dilakukan berdasarkan riset yang dilakukan oleh tim R&D. Tim R&D juga harus up to date dengan tren dan kondisi pasar agar dapat mengembangkan produk yang sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan kemampuan konsumen.

6. Konten Kreator dan Beauty Influencer

Selanjutnya, ada juga profesi pria di industri kecantikan yang bisa dijalani dengan lebih fleksibel, yaitu konten kreator. Bisa dikerjakan dari rumah, penghasilan konten kreator kecantikan tidak bisa dipandang sebelah mata, lho.

Di Indonesia sendiri ada banyak konten kreator kecantikan pria yang sukses, lho. Sebut saja Danang Wisnu. Pria yang sebenarnya berprofesi sebagai dokter gigi ini menekuni sampingannya sebagai pembuat konten terkait skincare. Siapa sangka kerja kerasnya membawanya sampai di titik bisa membuat produk skincare bersama dengan salah satu brand ternama.

7. Brand Manager

freepik/ lifestylememory
Foto : freepik/ lifestylememory

Peluang profesi pria di industri kecantikan selanjutnya adalah sebagai brand manager. Brand manager bertugas untuk merancang strategi brand dan mengelolanya. Dengan demikian, awareness konsumen terhadap suatu produk akan meningkat.

Selain itu, brand manager produk kecantikan juga bertanggung jawab me-manage portfolio produk, bahkan bisa berkesempatan untuk bekerja sama dengan para artis dan konten kreator ternama, lho.

Nah, itulah sederet peluang profesi pria di industri kecantikan yang bisa dijadikan rencana kariermu ke depannya. Dengan perkembangan industri kecantikan yang pesat, peluang bagi pria untuk meniti karir di industri ini semakin terbuka lebar. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait