img_title
Foto : Instagram @davehendrik

IntipSeleb – Profesi yang berkaitan dengan fashion tak hanya sebatas perancang busana atau fashion desainer saja, lho. Masih ada banyak lini yang bisa dijejaki bagi kamu yang memiliki passion di bidang fashion.

Fashion merupakan salah satu industri yang tak ada matinya, sebab setiap orang membutuhkan pakaian dalam kesehariannya. Selain itu, tentunya ada banyak orang yang mencoba mengikuti tren fashion yang sedang naik daun.

Berbicara soal industri fashion, mungkin selama ini belum banyak yang mengetahui profesi lain selain penata busana atau fashion desainer. Padahal, industri ini menyimpan peluang karier yang besar, lho.

Sebut saja Dave Hendrik. Selain merupakan salah satu presenter ternama di Indonesia, dia juga berprofesi sebagai jurnalis fashion. Apakah kamu juga tertarik untuk berkarier di bidang ini? Yuk intip 9 profesi yang berkaitan dengan fashion berikut ini!

1. Garment Technologist

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Profesi yang berkaitan dengan fashion pertama yang bisa dicoba adalah Garment Technologist. Jika berbicara soal busana, material dan bahan adalah jantungnya. Dalam hal ini, peran Garment Technologist sangat dibutuhkan.

Garment Technologst sendiri bertugas untuk menentukan material yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan desain pakaian. Hasil kerja seorang Garment Technologist akan menentukan efektif atau tidaknya proses produksi busana.

2. Trend Analyst

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Sama seperti profesi lainnya yang membutuhkan data dan riset, dunia fashion pun demikian. Dalam bidang fashion, data diperlukan untuk menganalisa tren yang sedang atau akan berlangsung. Profesi yang terkait dengan tugas tersebut adalah Trend Analyst.

Tak hanya memprediksi dan mengolah tren fashion yang naik daun, Trend Analyst juga harus bisa mempertahankan tren fashion tersebut di masa mendatang dan mereplikasi formula tren di masa depan agar tren di dunia fashion tetap menarik.

3. Product Researcher

Freepik/ garetsvisual
Foto : Freepik/ garetsvisual

Kemunculan karya di bidang fashion tidak muncul secara tiba-tiba. Sebelum sebuah perusahaan membuat desain baru yang akan dikeluarkan, desain trlebih dahulu diserahkan pada Product Researcher untuk diuji potensinya di kalangan konsumen.

Product Researcher dalam hal ini bertugas untuk melakukan survei terhadap gaya dan harga seperti apa yang cocok bagi konsumen, pasar yang dituju, dan lain sebagainya.

4. Fashion Forecaster

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Profesi yang berkaitan dengan fashion selanjutnya adalah Fashion Forecaster. Setiap desain tentu memiliki periode tertentu untuk bisa dikatakan sebagai sebuah tren. Kamu tentu tidak asing dengan istilah tren fashion tahun 60-an, 70-an atau bahkan 90-an, bukan? Itu artinya desain dengan model tersebut sedang tren di tahun tersebut.

Profesi yang dapat memperkirakan tren seperti apa yang akan berkembang ke depannya adalah Fashion Forecaster. Seorang Fashion Forecaster harus bisa memprediksi tren apa saja yang akan diminati pasar di kemudian hari, mulai dari warna, bahan, tekstur, pola, aksesoris dan style.

5. Pattern Maker

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Profesi yang berkaitan dengan fashion selanjutnya adalah Pattern Maker. Dalam dunia fashion, sebuah kain tidak serta merta diukur, dipotong dan dijahit untuk menjadi pakaian. Ada pola tertentu yang harus dibuat dan diikuti untuk membuat model tertentu. Dalam hal ini, peran seorang Pattern Maker dibutuhkan.

Pattern Maker bertugas untuk membuat draft dari bentuk dan ukuran yang ditentukan di atas kertas atau membuat pola dengan menggunakan software komputer.

Profesi ini membutuhkan koordinasi intens dengan desainer untuk menentukan desain bentuk dan ukuran pakaian jadi. Dengan demikian, desain bisa diproduksi secara massal dengan kualitas yang sesuai harapan desainer.

6. Product Merchandiser

Product Merchandiser
Product Merchandiser. Source: Freepik/ freepik

Di dunia fashion ada profesi bernama Product Manager yang pekerjaannya adalah mempromosikan produk fashion tersebut dengan berbagai macam strategi baik secara online maupun offline. Seorang Product Merchandiser juga bertanggung jawab membuat strategi menarik agar produk busana diminati oleh konsumen.

7. Visual Merchandiser

Freepik/ pressfoto
Foto : Freepik/ pressfoto

Siapa sangka kemampuan menata dan mengorganisir pakaian ternyata ada peluang kariernya? Ya, profesi yang berkaitan dengan fashion selanjutnya adalah Visual Merchandiser.

Di butik-butik terkenal, keahlian Visual Merchandiser sangat dibutuhkan. Sebab, konsumen tentu ingin mendapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan memanjakan mata. Secara umum, Visual Merchandiser bertugas menentukan tema koleksi butik pada waktu tertentu dan mengatur tata letak pakaian di dalam butik.

8. Fashion Illustrator

Freepik/ jcomp
Foto : Freepik/ jcomp

Mungkin banyak yang mengira bahwa Fashion Designer dan Fashion Illustrator adalah pekerjaan yang sama. Padahal, keduanya memiliki jobdesc yang berbeda.

Jika Fashion Designer berurusan dengan penciptaan mode, Fashion Illustrator berfokus menuangkan mode yang sudah ada dalam gambar 2 dimensi untuk ditampilkan dalam majalah atau publikasi lainnya.

9. Fashion Writer atau Jurnalis Fashion

Nama Dave Hendrik tentu sudah tidak asing lagi bagi kamu pecinta fashion. Ya, selain bekerja sebagai presenter ternama ia juga merupakan seorang jurnalis fashion.

Jika kamu hobi memadupadankan pakaian sekaligus menulis, mungkin profesi yang berkaitan dengan fashion ini cocok untuk kamu coba.

Tugas seorang jurnalis fashion secara umum adalah meliput, mengulas dan memberikan opini dalam isu-isu hangat di industri fashion. Menarik sekali, bukan?

Nah, itulah sederet profesi yang berkaitan dengan industri fashion yang bisa kamu coba jika tertarik berkarier di bidang ini. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait