img_title
Foto : Pexels.com

IntipSelebKopi merupakan salah satu minuman menyehatkan, namun kandungan kafein yang dikandungnya juga bisa berdampak negatif.

Ada deretan varian kopi yang berbahaya untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi terus menerus, seperti menyebabkan diabetes hingga gangguan pada jantung. Cari tahu selengkapnya yuk melalui ulasan di bawah ini.

Takaran Tepat Konsumsi Kopi Per Hari

pexel.com
Foto : pexel.com

Kafein dalam kopi merupakan zat stimulan yang bisa meningkatkan daya kerja otak dan sistem saraf. Jika dikonsumsi dalam jumlah sesuai takaran, kafein tersebut bisa meningkatkan energi dan juga fokus.

Kendati begitu berlaku sebaliknya, jika kafein dalam kopi dikonsumsi dengan jumlah yang berlebih maka akan menimbulkan ketegangan pada saraf.

"Kita bisa merasakan pertama jantung berdebar, nervous, bisa dizzy kaya kepalanya melayang, nyeri kepala. Selain itu bisa sampai insomnia enggak bisa tidur, gangguan tidur," ungkap dr. Lilir Amalini, Sp.S, melansir dari YouTube Kata Dokter, 20 Januari 2024.

Dalam satu hari umumnya manusia disarankan untuk menkonsumsi kopi 1/5 sampai maksimal 3 cup, atau 3 miligram. Jika sesuai anjuran, fungsi jantung orang yang menkonsumsi kopi akan berfungsi dengan baik dan dapat mengurangi resiko terkena beberapa penyakit.

"Di tahun 2021 kongres di urope ada penelitian yang menyatakan bahwa orang yang minum 1/2 sampai 3 cup kopi sehari itu akan mempunyai resiko stroke yang lebih rendah 21 persen dibandingin orang yang tidak minum kopi," kata dr. Lilir Amalini, Sp.S.

"Sebanyak 17 persen menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung," sambung dr. Lilir Amalini, Sp.S.

Varian Kopi yang Berbahaya

Kata Dokter/YouTube
Foto : Kata Dokter/YouTube

Kafein dalam kopi memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, hal tersebut bisa berubah menjadi boomerang ketika mulai dimodifikasi menjadi minuman olahan kopi berbagai varian yang menambahkan sesuatu mengandung gula secara berlebihan.

"Yang bahaya itu adalah gulanya, krimnya, itu bisa bikin masalah dari diabetes, penyakit jantung, itu sebenarnya dari itunya bukan dari kopinya sendiri," pungkas dr. Lilir Amalini, Sp.S.

Itu tadi varian kopi yang ternyta bisa membahayakan tubuh jika dikonsumsi terus menerus. Semoga informasinya membantu ya.

Topik Terkait