img_title
Foto : Rawpixel.com/freepik.com

IntipSeleb – Ternyata ada waktu yang disarankan dan tepat untuk menkonsumsi kopi. Tentunya hal ini berhubungan dengan kesehatan tubuh juga mengikuti kadar hormon.

Selain itu, ada juga saat-saat yang sangat tidak dianjurkan untuk minum kopi, terutama bagi orang yang mudah sensitif terhadap kandungan kafein dalam kopi. Intip selengkapnya yuk melalui ulasan di bawah ini.

Waktu yang Tepat Untuk Konsumsi Kopi

freepik/freepik.com
Foto : freepik/freepik.com

Banyak orang yang membutuhkan kopi karena kandungan kafeinnya dapat meningkatkan energi terutama di pagi hari.

Rupanya, kafein dalam kopi memang bisa meningkatkan semangat sehingga cocok untuk dikonsumsi sebelum berolahraga.

"Waktu yang tepat untuk minum kopi itu adalah sekitar 30 menit atau 60 menit sebelum olahraga karena itu bisa meningkatkan energi dan performa olahraga," tutur dr. Lilir Amalini, Sp.S, melansir dari YouTube Kata Dokter, 20 Januari 2024.

Selain itu kopi juga dianjurkan untuk dikonsumsi sekitar jam 9-10 pagi saat kadar hormon kortisol dalam tubuh sedang menurun.

"Waktu sekitar jam 09.30 sampai 10.30 pagi, itu karena kadar hormon kortisol lagi rendah jadi dia dibantu sama si kafein ini," lanjutnya.

Tidak Dianjurkan Minum Kopi Malam Hari

valeria_aksakova/freepik.com
Foto : valeria_aksakova/freepik.com

Kopi dipercaya dapat membuat seseorang terjaga, terlebih ketika malam hari. Namun, minum kopi tidak dianjurkan dilakukan terutama bagi orang-orang yang sensitif dengan kafein dalam kopi.

dr. Lilir Amalini, Sp.S menyarankan agar tidak minum kopi 6 jam sebelum tidur demi menghindari gangguan tidur seperti sulit tidur atau bahkan insomnia.

Selain itu dalam sehari, kopi yang dapat dikonsumsi tubuh sekitar 3 miligram atau sekitar 1/2 sampai 3 cup.

Topik Terkait