img_title
Foto : Freepik/freepik.com

IntipSeleb – Memiliki gigi sehat dan napas yang segar tentu menjadi idaman banyak orang. Kendati begitu untuk mendapatkannya, kita harus memperhatikan kondisi gigi serta merawatnya dengan baik.

Selain menyikat gigi dengan rutin, ada deretan cara yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah gigi berlubang. Simak selengkapnya melalui ulasan di bawah ini yuk!

1. Sikat Gigi Rutin

Freepik
Foto : Freepik

Menyikat gigi menjadi hal yang harus dilakukan demi mendapatkan hasil gigi yang sehat dan terhindar dari bau mulut. Dalam satu hari dianjurkan untuk menggosok gigi mininal 2 kali yaitu saat pagi ketika bangun tidur, dan malam sebelum tidur.

Jangan kelewatan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dengan fungsi memperkuat gigi dan mencegah timbulnya lubang pada gigi.

Pemilihan sikat gigi juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Akan lebih efektif jika menggunakan sikat gigi kecil sehingga bisa menjangkau bagian-bagian belakang gigi.

2. Obat Kumur

freepik/freepik.com
Foto : freepik/freepik.com

Menyikat gigi saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan gigi. Cara lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan berkumur menggunakan obat kumur khusus gigi yang dapat membantu membersihkan kuman-kuman di permukaan gigi.

3. Flossing

freepik/freepik.com
Foto : freepik/freepik.com

Flossing dengan menggunakan benang gigi dapat membantu membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi, serta menghindari hadirnya karang gigi yang memicu bau mulut.

4. Rutin ke Dokter Gigi

Freepik.com
Foto : Freepik.com

Memeriksakan gigi ke tenaga profesional yaitu dokter gigi minimal 3 bulan sampai 6 bulan sekali dapat dilakukan untuk mengetahui kondisi gigi juga menjaganya agar tetap sehat.

Di dokter gigi juga akan dilakukan tindakan scaling gigi demi membersihkan karang-karang gigi yang menempel.

5. Minum Air Putih serta Makan Buah-buahan dan Sayur

Pixabay
Foto : Pixabay

Tidak boleh ketinggalan, menkonsumsi air putih sangat dianjurkan untuk menunjang kegiatan sehari-hari serta menjaga kesehatan tubuh, termasuk kondisi mulut.

Selain itu ada juga deretan makanan mengandung vitamin c yang dapat memperkuat gigi, seperti jeruk, kiwi, nanas, apel, wortel, dan sayuran hijau.

Itu tadi deretan hal yang bisa dilakukan untuk merawat kesehatan gigi. Semoga informasinya membantu ya!

Topik Terkait