img_title
Foto : Instagram @kimvenchy

IntipSeleb – Ada beberapa cara menjadi fashion stylist KPop di Korea Selatan. Kamu bisa melamar lewat audisi langsung atau mengirimkan profil dan portofoliomu sebagai fashion stylist. Patut diketahui, perusahaan entertainment KPop sangat selektif. Maka dari itu, persiapanmu harus ekstra.

Seperti diketahui, fashion KPop telah menjadi style yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Terbukti, semakin banyak orang yang menyukai tampilan dan nuansa unik dari genre musik ini dan tren fashion KPop terkait.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika fashion stylist KPop semakin digandrungi para penata gaya, tak hanya dari Korea tapi juga seluruh dunia. Lantas, bagaimana sih cara menjadi fashion stylist KPop? Penasaran? Scroll lebih lanjut yuk!

Style KPop

Sebelum membahas lebih lanjut cara menjadi fashion stylist KPop, penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa dan seperti apa style KPop.

KPop adalah singkatan dari Korean Pop. Istilah ini mengacu pada berbagai genre musik yang berasal dari Korea Selatan yang telah mendapatkan popularitas tak hanya dari negara asalnya, tapi juga di seluruh dunia.

Gaya atau style yang diasosiakan dengan KPop mencakup warna-warna cerah, pola yang berani, siluet yang unik dan detail yang rumit. Fashion KPop juga kerap menampilkan aksesoris seperti topi, kacamata hitam, perhiasan dan lainnya untuk melengkapi busana.

Style KPop mencakup beberapa gaya yang berbeda, mulai dari busana kasual hingga pakaian formal tergantung pada situasi atau artis KPop terkait dalam momen tertentu.

Beberapa penampilan umum termasuk pakaian yang terinspirasi dari hiphop, seperti jeans longgar yang dipadukan dengan kaos bergambar, penampilan formal dengan blazer dan sepatu pantofel, tampilan punk rock edgy lengkap dengan perhiasan khas, gaya feminin dengan rok pendek dan atasan yang menggemaskan, nuansa bohemian romantis dengan pakaian berbahan jatuh, dan banyak variasi lainnya.

Untuk menjadi fashion stylist KPop yang sukses, kamu perlu memahami apa yang membuat genre ini unik dan menarik, sehingga kamu dapat menciptakan penampilan yang mencerminkan gaya khasnya.

Cara Menjadi Fashion Stylist KPop

Jika kamu tertarik untuk mencari peluang karier di bidang ini, ada beberapa cara dan tips yang harus kamu perhatikan. Berikut ini cara menjadi fashion stylist KPop bagi pemula:

1. Fasih berbahasa Korea

Meski tidak terlalu esensial dan berhubungan langsung dengan bidang ini, namun kemampuan berbahasa Korea adalah poin plus bagi seorang fashion stylist KPop yang akan bekerja di Korea Selatan bersama dengan para artis dan grup KPop.

Ada banyak cara untuk bisa fasih berbahasa Korea. Namun, cara tercepat belajar bahasa Korea adalah dengan belajar secara langsung atau dengan terjun langsung ke Korea. Untuk menjadi seorang fashion stylist KPop, penting juga untuk mempelajari istilah-istilah yang berkaitan dengan bidang fashion dalam bahasa Korea.

2. Memiliki Gelar di bidang fashion

Cara menjadi fashion stylist KPop selanjutnya adalah memiliki gelar di bidang fashion. Jika kamu ingin bekerja di industri ini, gelar di bidang fashion bisa menjadi jawabannya. Gelar ini akan memberimu pemahaman menyeluruh tentang industri fashion dan prinsip-prinsip marketing.

Kamu juga akan mempelajari cara membuat narasi brand, digital marketing, bahkan jurnalisme, dan lainnya, tergantung program studi yang kamu pilih. Gelar di bidang fashion dapat meningkatkan keterampilanmu dan membuka banyak peluang di industri, termasuk menjadi fashion stylist KPop.

3. Etika di media sosial

Perlu diketahui, perusahaan hiburan Korea memiliki peraturan yang ketat tentang peserta dan pihak-pihak yang terlibat. Maka dari itu cara menjadi fashion stylist KPop selanjutnya adalah etika di media sosial.

Sangat disarankan agar kamu tetap low profile di media sosial. Kebanyakan orang Korea lebih menyukai orang yang berperilaku baik dan tidak menonjolkan diri di media sosial.

4. Menentukan gaya dan estetika

Sebelum kamu mulai berprofesi sebagai penata busana atau bahkan membuat portofolio, cara menjadi fashion stylist KPop selannjutnya adalah dengan menentukan gaya dan estetika. Dengan demikian, kamu mengetahui penampilan seperti apa yang ingin kamu ciptakan untuk klienmu nanti.

Luangkan waktu untuk meneliti berbagai gaya dalam genre KPop sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran tentang jenis penampilan apa yang menarik bagimu sebelum menciptakan gaya unikmu sebagai penata busana KPop.

Kamu harus memperhatikan tren terkini dalam industri ini. Ini akan membantumu memastikan bahwa penampilan atau pakaian apa pun yang kamu buat tetap segar dan modern.

5. Membuat portofolio

Setelah kamu menetapkan gayamu dalam dunia fashion KPop, sekarang saatnya untuk mulai membuat portofoliomu sehingga calon klienmu bisa mendapatkan gambaran tentang jenis pekerjaan apa yang dapat mereka harapkan dari mempekerjakanmu sebagai stylist mereka.

Mulailah dengan mengambil foto dirimu mengenakan pakaian berbeda yang menunjukkan kemampuanmu sebagai fashion stylist. Pastikan gambarnya berkualitas tinggi sehingga secara akurat dapat mencerminkan keahlianmu.

Kamu juga dapat membuat moodboard yang menampilkan gambar dari sumber lain, seperti majalah atau online, yang menunjukkan penampilan atau tren berbeda dalam genre yang menginspirasimu. Ini akan membantu klien memaami jenis gaya apa yang dapat mereka gunakan jika mempekerjakanmu.

6. Membangun networking dengan stylist dan desainer

Seperti halnya profesi apa pun, networking adalah kunci dalam banyak bidang. Oleh sebab itu, cara menjadi fashion stylist KPop selanjutnya adalah berjejaring atau membangun networking dengan para stylist dan desainer.

Pastikan untuk menghubungi profesional lain di bidangnya yang mungkin dapat memberikan saran atau bahkan berkolaborasi dalam proyek bersama jika diperlukan. Ini dapat membuka peluang untuk pertunjukan di masa depan.

Selain itu, menghadiri acara seperti konser atau konvensi di mana orang-orang mungkin tertarik untuk mempekerjalan seseorang sepertimu. Selain itu, ini juga bermanfaat jika kamu mencari klien baru atau memperluas pasarmu lebih jauh lagi.

7. Audisi dan cek latar belakang

Cara menjadi fashion stylist KPop selanjutnya adalah audisi. Audisi online menjadi KPop stylist di Korea memiliki beragam keuntungan.

Mereka yang pernah berkecimpung dalam industri ini tahu bahwa penata gaya KPop profesional itu penting. Inilah sebabnya mengapa produser melakukan pemeriksaan latar belakang dan melakukan kebiasaan calon peserta pelatihan.

Industri KPop sangat sensitif terhadap skandal, sehingga produser berusaha mencari tahu apa saja yang dapat memengaruhi citra seorang peserta training dan pihak-pihak lain yang berkaitan dengan mereka. Maka dari itu, penting untuk menjaga citramu.

Nah, itulah sederet cara menjadi fashion stylist KPop yang penting untuk diperhatikan bagi kamu yang ingin berkarier di bidang ini.

Menjadi fashion stylist KPop yang sukses membutuhkan dedikasi dan kerja keras, tetapi jika dilakukan dengan benar, hal itu dapat menghasilkan karier yang sangat melejit dan penuh pengalaman luar biasa.

Dengan sederet tips dan cara menjadi fashion stylist KPop di atas, sekarang yang perlu kamu lakukan sebagai calon fashion stylist KPop di masa depan hanyalah mulai mempersiapkan segala sesuatunya. Semoga bermanfaat, ya! (bbi)

Topik Terkait