img_title
Foto : Creatrip

IntipSeleb – Di tengah menjamurnya grup KPop, peluang karier untuk bisa bersinggungan dengan para idol Korea itu juga semakin diminati. Salah satu profesi yang diminati adalah manajer idol KPop.

Perlu diketahui, di balik kesuksesan seorang artis, ada banyak orang dari profesi lain yang mendukungnya, termasuk manajer. Meski bekerja di balik sorotan kamera, manajer merupakan sosok penting yang keberadaannya sangat krusial dalam industri hiburan.

Lantas, seperti apa sih profesi manajer idol Kpop dan bagaimana cara menjadi manajer idol KPop menurut mantan manajer boygrup SHINee? Simak selengkapnya ya!

Posisi Manajer Idol KPop

Freepik/Lifestylememory
Foto : Freepik/Lifestylememory

Banyak sekali KPopers yang mempunyai cita-cita bisa bekerja berdekatan dengan idola mereka, salah satunya adalah dengan berprofesi menjadi manajer idol KPop.

Sesuai dengan namanya, manajer idol KPop bertugas untuk mengelola artis mereka, mulai dari mengatur jadwal hingga mengurus hal-hal lain yang berkaitan dengan pekerjaan agar berjalan lancar.

Tapi, tidak semua manajer mempunyai tugas yang sama, lho. Posisi manajer sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu road manager, chief manager, dan head manager. Berikut ini posisi manajer idol KPop lengkap dengan tanggung jawab masing-masing.

1. Road Manager

Road manager adalah orang yang selalu bersama di lokasi kerja bersama dengan sang artis. Jobdesc manajer ini mungkin sesuai dengan gambaran pekerjaan manajer dalam benak banyak orang.

Jenjang karier di bidang managerial dimulai dengan menjadi road manager. Jika menyandang profesi ini, kamu bertuga membawa dan menemani artis 24/7. Kamu juga harus memastikan keamanan para artis ketika ada di tempat yang ramai. Jadi, kamu wajib memiliki SIM dan mampu menyetir dengan baik.

Karena profesi road manager memiliki jadwal yang hampir sama dengan artis mereka, maka mereka cenderung jarang memiliki waktu untuk diri mereka sendiri.

2. Chief Manager

Jika kamu sudah bekerja 3 hingga 5 tahun menjadi road manager, kamu bisa naik jbatan menjadi chief manager. Chief manager bertugas untuk merencanakan, mengelola citra publik, dan menyesuaikan jadwal artis.

Jika menyandang profesi sebagai chief manager, kamu harus senantiasa mengawasi dan mengelola semua rencana harian, mingguan, hingga bulanan artis di bawah naunganmu.

Misalnya, jika idol KPop hendak syuting variety show, chief manager akan meninjau apakah acara tersebut akan berdampak positif bagi citra publik sang idol atau tidak. Kamu juga harus diskusi dengan kru untuk memastikan konten acara cocok dengan idol grup yang kamu pegang.

3. Head Manager

Jika kamu sudah bekerja di industri hiburan sebagai chief manager dalam jangka waktu yang cukup lama, kamu bisa dipromosikan menjadi head manager.

Jika menyandang profesi ini, kamu bertanggung jawab membangun hubungan bisnis yang kuat dengan produser perusahaan penyiaran, mengambil alih pemasaran grup dan menandatangani perjanjian casting.

Di level ini, kamu bertanggung jawab mengelola seluruh grup KPop dan artis Korea. Kamu juga juga mengembangkan jaringan besar di industri hiburan.

Banyak juga head manager yang membangun agensi entertainment mereka sendiri. Perusahaan besar seperti Namoo Actors, Woollim Entertainment (Infinite dan Lovelyz), DSP (Kara, Kard, dan April), Source Music (GFriend), semuanya dibangun oleh mantan head manager.

Cara Menjadi Manajer Idol KPop

Koreaboo
Foto : Koreaboo

Jika zaman dulu sebagian besar manajer idol KPop bekerja karena koneksi atau rekomendasi dan bisnis, sekarang kamu bisa menemukan lowongan kerja menjadi manajer artis secara online.

Proses perekrutan manajer idol KPop tidak jauh berbeda dengan kerjaan lain di Korea. Kualifikasinya juga tidak banyak, sebab sebagian besar manajer memulai karier mereka sebagai road manager.

Setidaknya, kamu harus memiliki SIM dan bisa mengendarai kendaraan dengan baik. Selebihnya, sebagian besar manajer belajar dan tumbuh dengan sendirinya di tempat kerja.

Hal penting yang wajib dimiliki oleh manajer idol KPop adalah kepribadiannya. Sebab, manajer idol KPop akan berurusan dengan selebritis dan semua orang yang terlibat di industri hiburan dan bisbis. Dengan demikian, manajer harus ramah dan bisa bersosialisasi.

Membangun dan memelihara hubungan yang baik juga penting. Ditambah lagi, kamu harus mempunyai keterampilan memecahkan masalah yang baik.

Cara Jadi Manajer Idol KPop Menurut Mantan Manajer SHINee

Allkpop
Foto : Allkpop

Dalam sebuah wawancara di kanal YouTube CoLa: Coreanas Latinas yang dilansir dari Kpopsquad.com pada Senin, 22 Januari 2024, pria yang pernah menjadi pegawai SM Entertainment sebagai manajer SHINee memberikan bocoran terkait pekerjaan manajer idol KPop, khususnya di perusahaan tempatnya bekerja.

Dia mengatakan bahwa untuk menjadi manajer idol KPop, seseorang perlu menempuh pendidikan di perguruan tinggi dan menguasai setidaknya bahasa Inggris untuk bisa bekerja di SM. Selain itu, SM Entertainment juga memberi nilai plus bagi kandidat yang fasih berbahasa asing lainnya, seperti Jepang dan Mandarin.

Mantan manajer SHINe tersebut juga menyebutkan bahwa orang asing dari luar Korea Selatan juga bisa mendaftar, dengan syarat memiliki kemampuan berbahasa Korea yang sempurna.

Nah, itulah seluk-beluk profesi manajer yang meliputi posisi manajer idol KPop hingga cara menjadi manajer idol KPop. Bagaimana, kamu tertarik menjadi manajer artis KPop? Semoga informasi ini bermanfaat ya! (bbi)

Topik Terkait