img_title
Foto : Koreaboo

IntipSeleb – Tak bisa dipungkiri, industri KPop telah mendunia hingga muncul istilah Hallyu Wave atau Korean Wave yang menangkap fenomena tersebut. Fenomena ini membuat banyak orang tak hanya berhenti sebagai peminat saja, tapi juga melirik karier di industri yang dianggap menjanjikan tersebut.

Ada beberapa profesi yang diminati oleh penggemar KPop, mulai dari manajer idol Kpop hingga MUA idol Kpop. Bukan tanpa alasan, profesi ini membuat seseorang bisa bekerja dan berdekatan dengan artis Korea.

Nah, bagi kamu yang ingin berkarier di industri hiburan Korea, kamu bisa mempersiapkan diri mulai dari memilih jurusan kuliah yang tepat. Ternyata, ada beberapa jurusan kuliah untuk jadi manajer dan MUA idol KPop, lho!

Lantas, jurusan kuliah apa yang cocok untuk menjadi manajer dan MUA idol KPop? Yuk scroll untuk membaca artikel jurusan kuliah untuk jadi manajer dan mua idol kpop selengkapnya berikut ini!

Peluang Karier di Industri KPop

Pinterest
Foto : Pinterest

Perkembangan industri KPop yang sangat pesat membuka banyak peluang karier di dalamnya. Hal itu membuat banyak penggemar KPop mulai melirik untuk terjun di dalamnya.

Mengingat bahwa industri KPop sudah mendunia dan memiliki pasar internasional, semakin banyak pula peluang bagi orang asing untuk bisa tembus ke agensi besar di Korea Selatan.

Hal tersebut diamini oleh Lee-Sang Hwan, co-founder dan CEO Conexus Lab, perusahaan yang khusus menopang SDM untuk berkarier di industri KPop.

“Jumlah karyawaan asing di label KPop bertambah akhir-akhir ini dan kemungkinan akan terus meningkat,” ungkapnya dalam wawancara bersama The Korea Times.

“JYP Entertainment, yang menaungi megastar seperti TWICE dan Stray Kids, baru-baru ini mengunggah lowongan pekerjaan secara eksklusif di Jepang untuk dipekerjakan di anak perusahaannya di Jepang. SM Entertainment, label di balik jagoan seperti EXO dan NCT, mengatakan dalam pengumuman loker terbarunya bahwa orang asing yang memenuhi syarat juga boleh melamar posisi tersebut. Di tahun-tahun mendatang, saya pikir perusahaan bahkan mungkin mempertimbangkan untuk menulis iklan pekerjaan hanya untuk orang asing,” paparnya lebih lanjut.

Tantangan Orang Asing di Industri KPop

YouTube  스브스케이팝 X INKIGAYO
Foto : YouTube 스브스케이팝 X INKIGAYO

Meski pintu terbuka lebar, kenyataannya banyak pula tantangan yang menanti jika kamu ingin menjadi bagian dari industri hiburan Korea, termasuk manajer idol KPop hingga MUA idol KPop.

Seperti diketahui, dunia kerja memang sangat kompleks dan fluktuatif. Terlebih di negara yang berbeda dari tempat asalmu. Persaingan akan semakin ketat dengan banyaknya pekerja asing dari berbagai penjuru dunia.

Maka dari itu, elemen paling mendasar yang penting diperhatikan adalah kemampuan berbahasa Korea. Maka dari itu, penting untuk mendalami tak hanya bahasa Inggris tapi juga bahasa Korea. Lebih bagus lagi jika kamu ahli di banyak bahasa lainnya.

Selain kemampuan bahasa dan skill, inisiatif yang tinggi dan kemauan untuk terus belajar juga sangat penting untuk dimiliki. Maka dari itu, penting untuk menumbuhkan dua hal tersebut sedini mungkin sebelum terjun ke industri KPop.

Industri KPop memiliki lingkungan yang sangat dinamis, belum lagi persaingan antar perusahaan yang sangat sengit. Agar bisa sukses berkarier di dalamnya, kamu juga harus selalu membuka diri dengan hal-hal baru. Hal itu juga akan menambah pengalamanmu.

Kekuatan mental juga tidak boleh disepelekan. Dengan tekanan kerja yang luar biasa hebat, mental yang kuat diperlukan agar kamu bisa terus profesional dan mengontrol diri. Agar bisa bertahan di industri yang keras ini, kamu tidak boleh pantang menyerah.

Jurusan Kuliah untuk Jadi Manajer Idol KPop

Koreaboo
Foto : Koreaboo

Jurusan kuliah untuk jadi manajer idol KPop yang bisa kamu ambil adalah KPop Arts Management. Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang seluk-beluk industri musik Korea, sehingga setelah lulus nanti kamu bisa bekerja di bagian produksi, promosi, maupun manajemennya.

Seperti diketahui, di balik kesuksesan grup atau idol KPop terdapat banyak pihak yang membantu. Orang-orang belakang layar tersebut terdiri dari pencari talent, produser, distributor, perancang konser, manajer, marketer, dan masih banyak lagi.

Orang-orang yang menyandang profesi di atas lah yang bertanggung jawab memasarkan dan membina para idol Korea untuk menunjukkan bakatnya ke pasar global.

Untuk bisa bergelut dalam profesi itu dan melihat peluang karier di industri hiburan Korea, kamu perlu membekali diri dengan ilmu yang relevan dan bisa kamu dapatkan dalam jurusan KPop Arts Management.

Jurusan ini bisa kamu ambil salah satunya di Woosong University. Universitas ini akan memfasilitasimu dengan staf pengajar yang kompeten di bidangnya. Bahkan, para pengajar di sana juga pernah bekerja sama dengan perusahaan penyiaran Korea, seperti KBS dan SM Entertainment dan grup idol KPop seperti EXO dan SEVENTEEN.

Universitas ini juga menyediakan program unik berbahasa Inggris supaya mahasiswa asing bisa mempersiapkan diri dengan pengetahuan untuk memproduksi konten secara profesional untuk berbagai platform untuk dikelola di industri hiburan Korea.

Jurusan Kuliah untuk Jadi MUA Idol KPop

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Jurusan kuliah untuk jadi MUA idol KPop adalah K-beauty Design. Di jurusan ini, para ahli akan mengajarimu secara teori maupun praktek tentang hair, nail, make up, dan skincare. Dengan demikian, setelah lulus nanti, kamu bisa menjadi MUA yang andal.

Seperti diketahui, industri KPop merupakan trendsetter untuk bidang kecantikan, mulai dari skincare, makeup, hairdo, nail art, dan lainnya. Meski terdengar sepele, kamu perlu mempelajarinya dengan mendalam jika ingin berkarier secara profesional.

Jika mengambil jurusan K-beauty Design, kamu akan memperluas ilmu, training dan semua hal yang diperlukan untuk berkarier di industri KPop. Dan ketika lulus nanti, kamu bisa berkarier sebagai artis KPop, influencer Korea, beauty desainer, entrepeneur, hingga MUA idol KPop.

Salah satu universitas yang memiliki jurusan ini adalah Woosong Unversity. Program studi ini diajarkan dalam bahasa Inggris dan bertujuan untuk memberi pembinaan pakar industri kecantikan dengan menerapkan pelatihan teoritis, praktis, dan teknologi untuk rambut, tata rias, nail art, dan skincare.

Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan pengetahuan dasar dalam rutinitas kecantikan, profesionalisme, dan etika. Kamu juga akan mempelajari rahasia bidang K-beauty melalui pemahaman komprehensif tentang teknik dan brand K-beauty selain pelatihan mendalam tentang prinsip kecantikan secara menyeluruh.

Program studi K-beauty Design di universitas ini dibuat dengan melampaui keterampilan dasar. Ilmu yang akan kamu dapatkan mencakup teori dan keterampilan untuk memhami secara keseluruhan dan mengantisipasi tren yang akan datang.

Jurusan K-beauty Design di Woosong University juga mengadakan program magang yang bisa diikuti mahasiswa untuk menambah pengalaman dan menjadi batu loncatan karier mahasiswa.

Universitas ini telah mengembangkan kemitraan industri di perusahaan besar seperti Marks&Spencer dan Adidas. Luar biasa, bukan?

Jurusan ini juga memiliki beberapa klub yang bisa diikuti mahasiswa, mulai dari Fashion Club, Hair Club, Makeup Club, Nail Club, hingga Skin Club.

Klub-klub di atas dibuat mengingat kegiatan ekstrakulikuler menjadi bagian penting dari kehidupan perkuliahan. Dengan memanfaatkan keikutsertaan dalam klub di atas, mahasiswa bisa mengembangkan pengalaman secara lebih meluas.

Nah, demikianlah seluk-beluk hingga jurusan kuliah untuk menjadi manajer dan MUA idol KPop yang perlu kamu ketahui, terlebih jika ingin berkarier di industri hiburan. Semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait