img_title
Foto : Freepik/ freepik

IntipSeleb – Menjadi seorang MUA profesional artinya kamu tidak hanya sekadar mempercantik penampilan klien, tapi juga harus memadukan keterampilan seni dalam mengenali kondisi wajahnya, mulai dari bentuk, warna hingga tekstur kulitnya.

Maka dari itu, penting bagi seorang MUA untuk memiliki skill-skill tertentu yang sangat berguna untuk menunjang kinerjanya. Lantas, apa saja sih skill wajib MUA yang harus dimiliki? Simak penjelasan selengkapnya ya!

MUA

Instagram @ryanogilvy
Foto : Instagram @ryanogilvy

Make-up Artist atau MUA adalah sebuah profesi di mana seseorang menguasai seni merias wajah untuk berbagai tujuan, mulai dari pemotretan, acara khusus, film, hingga acara panggung.

Profesi MUA tidak hanya sebatas mengaplikasikan produk makeup pada wajah klien, profesi ini melibatkan pemahaman mendalam tentang bentuk wajah, warna kulit, tekstur dan kebutuhan riasan untuk setiap momen tertentu.

Seorang MUA harus memiliki kemampuan untuk menciptakan tampilan yang unik, mengikuti tren terbaru dalam dunia kecantikan, dan berinovasi sesuai dengan kebutuhan riasan tertentu.

Skill MUA

Freepik
Foto : Freepik

Seorang MUA perlu memiliki berbagai macam keterampilan agar bisa sukses dalam bidang yang mereka geluti tersebut. Beberapa skill MUA yang wajib dimiliki antara lain:

1. Passion

Jika kamu adalah pemula yang tengah memikirkan peluang karier sebagai MUA, ada baiknya kamu memastikan terlebih dahulu apakah bidang ini benar-benar merupakan passionmu atau tidak.

Memastikan motivasi di awal penting dilakukan karena dengan demikian kamu akan cenderung melakukan pekerjaanmu dengan lebih bergairah dan konsisten.

Ketika seseorang memiliki rasa ketertarikan yang kurang biasanya hanya akan membuatmu impulsif di awal saja dan mudah menyerah ke depannya.

2. Personal Branding

Skill MUA selanjutnya yang perlu dimiliki adalah personal branding yang baik. Personal branding merupakan proses memasarkan diri dan kemampuan lewat sebuah citra atau imej yang dibangun di depan publik.

Citra yang dibangun tersebut lantas direpresentasikan melalui berbagai jalur, seperti media sosial, blog, situs web pribadi, atau perilaku di depan publik.

Personal branding akan memberikan gamvaran tentang pengalaman yang akan didapatkan konsumen ketika berinteraksi dengan pemilik brand. Selain skill yang baik, seorang MUA juga diharapkan memiliki personal branding yang juga baik.

Membangun personal branding bisa dilakukan lewat hal-hal yang sederhana, namun tetap profesional, misalnya ketepatan waktu, komitmen, dan attitude. Hal tersebut akan membuat personal branding-mu menjadi lebih kuat.

Selain itu, kamu perlu meningkatkan skill dan membuat ciri khas tersendiri. Dengan demikian, eksistensimu di dunia kecantikan semakin terlihat.

3. Kekuatan Fisik dan Mental

Berbeda dengan pekerja kantoran yang memiliki waktu terjadwal, seorang MUA harus siap bekerja dengan waktu yang tidak menentu. Hal ini menunjukkan bahwa ada skill MUA lain yang wajib dimiliki, yaitu kekuatan fisik dan mental.

MUA harus bisa berdiri berjam-jam saat sedang merias kliennya, itulah alasan seorang MUA harus mennjaga tubuhnya tetap fit dan istirahat yang cukup. Tak jarang pula, MUA harus menghadapi berbagai macam karakter serta ekspektasi klien yang menguras mental.

4. Pengetahuan Produk

Tak hanya harus mempersiapkan diri, MUA harus memiliki alat-alat dan produk makeup yang akan digunakan untuk merias. Tentu pemilihan produk makeup tidak bisa sembarangan. Dalam hal ini, MUA harus memiliki pengetahuan terhadap produk.

Setiap brand makeup tentu memiliki plus minus masing-masing. Oleh sebab itu, penting untuk mempertimbangkan review produk sebelum membelinya. Hal ini akan memberikan gambaran seperti apa produk yang akan dibeli.

MUA diharapkan lebih bijak dalam memilih alat dan produk makeup sebelum merias klien. Sesuaikan kebutuhan klien dengan peralatan yang kamu miliki agar hasil riasan tidak mengecewakan.

5. Terus Belajar dan Berlatih

Skill MUA lainnya yang wajb dimiliki adalah keinginan untuk terus belajar dan berlatih. Jangan cepat puas dengan kemampuan yang kamu miliki. Tetaplah belajar skill baru sebanyak mungkin untuk mengembangkan dirimu.

Selain menambah ilmu, berlatih adalah keharusan bagi seorang MUA. Latihan adalah kunci dari kesempurnaan. Semakin sering berlatih, skill MUA akan semakin terasah dengan baik. Dengan demikian, reputasimu sebagai MUA akan semakin baik.

6. Etika

MUA harus mengedepankan sikap atau attitude selama melakukan pekerjaannya. Hal itu juga harus diterapkan dalam menjalin relasi dengan klien dan tokoh-tokoh penting. Jika skill yang baik tidak diimbangi dengan etika yang baik pula, bukan tidak mungkin klien enggan menggunakan jasa riasnya.

7. Fleksibilitas dan Manajemen Waktu

Pekerjaan seorang MUA tidak mengenal waktu dan hari libur. Sebagai MUA, kamu harus siap sedia kapan pun untuk melayani klien. Entah itu bekerja di pagi buta hingga tengah malam atau merias di tanggal merah, profesionalitas MUA akan terlihat dari sini.

8. Kemampuan Komunikasi

Skill MUA lain yang harus dimiliki adalah kemampuan berkomunikasi. Kadang, skill makeup yang bagus akan menjadi samar jika kamu tidak bisa menjalin komunikasi yang baik dengan klien.

Patut diingat, MUA adalah profesi yang bekerja di bidang jasa, sehingga skill komunikasi tidak bisa dipandang sebelah mata.

9. Memantau Tren

Dalam hal apapun, tren adalah sesuatu yang digandrungi. Tren juga berganti dengan sangat cepat. Maka dari itu, penting bagi seorang MUA untuk memantau tren, khususnya di bidang kecantikan.

Dengan mengikuti tren yang beredar, MUA dapat menghadapi berabagai macam permintaan dan ekspektasi klien. Selain itu, pengetahuan akan tren yang beredar akan membuat MUA tetap relevan dengan industri ini.

10. Kemampuan Memasarkan

Tak cukup dengan memiliki skill makeup yang bagus, menjadi MUA profesional artinya kamu juga harus bisa memasarkan diri dan kemampuanmu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan internet.

Dengan menggunakan internet, kamu bisa dengan mudah memasarkan produk atau jasamu kepada masyarakat luas, dan bahkan dapat dilakukan secara gratis melalui platform-platform sosial media.

Nah, itulah skill wajib MUA yang harus dimiliki jika kamu ingin berkarier sebagai MUA profesional. Semoga bermanfaat! (jra)

Topik Terkait