img_title
Foto : Freepik/ studioredcup

IntipSeleb – Fitur Live Streaming atau siaran langsung memang populer di kalangan masyarakat selama beberapa tahun terakhir. Banyak platform media sosial dan e-commerce yang menyediakan fitur tersebut untuk penggunanya.

Terkhusus di media sosial, Live Streaming bisa dilakukan oleh seluruh pengguna untuk mengisi waktu, berbagi kegiatan atau berinteraksi dengan follower. Tapi, untuk menjadikan aktivitas tersebut sebagai profesi, tentu diperlukan kemampuan khusus.

Lantas, apa sih profesi host live streaming dan apa saja skill host live streaming? Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini!

Host Live Streaming

Freepik
Foto : Freepik

Profesi sebagai host live streaming belakangan ini banyak dilirik, terlebih oleh para generasi muda yang familiar dengan beragam media sosial dan e-commerce. Kemunculan ini berawal dari maraknya tren pemasaran online di media sosial.

Kini, hampir semua e-commerce dan media sosial menyediakan fitur live streaming. Para pemilik online shop pun berlomba-lomba untuk menarik pembeli dengan memamerkan produk-produk mereka secara langsung kepada penonton.

Dengan maraknya fenomena live streaming shopping, lahirlah peluang karier baru yang terbilang unik, yakni host live streaming. Profesi ini belakangan banyak dilirik oleh banyak kalangan.

Online shop akan mencari talent untuk memandu sesi live streaming shopping lewat media sosial dan e-commerce. Tugas seorang host lantas menunjukkan produk-produk apa saja yang dijual dan menanggapi pertanyaan dari para calon pembeli.

Agar bisa meningkatkan penjualan produk lewat strategi tersebut, diperlukan skill tertentu yang harus dimiliki oleh seorang host live streaming atau host streamer.

Skill Host Live Streaming

Freepik/ tirachardz
Foto : Freepik/ tirachardz

Untuk meningkatkan penjualan di sesi live streaming, seorang host perlu memiliki kemampuan-kemampuan tertentu untuk menunjangnya. Dengan mempelajari keterampilan ini, seorang host streamer bisa memenuhi target penjualan produk di online shop.

Berikut ini adalah beberapa skill host live streaming yang wajib dimiliki bagi kamu yang tertarik dengan peluang karier ini:

1. Keterampilan Teknis

Keterampilan teknis penting untuk pekerjaan live streaming. Kamu harus dapat mengoperasikan kamera, mengedit video secara real-time, mengatur pencahayaan, dan mengelola sistem suara.

Selain itu, kamu juga harus dapat memahami dan menggunakan perangkat lunak streaming seperti OBS, Streamlabs, atau XSplit.

2. Keterampilan Komunikasi

Keterampilan komunikasi sangat penting untuk pekerjaan live streaming. Kamu harus dapat berbicara dengan lancar dan jelas, dan dapat mengarahkan perhatian audiens ke konten yang sedang disajikan.

Kamu juga harus bisa memahami dan merespons pertanyaan atau tanggapan dari calon pembeli secara efektif.

3. Keterampilan Pemasaran

Keterampilan pemasaran sangat penting untuk menarik perhatian calon pembeli dan membuat pekerjaan live streamingmu sukses.

Kamu harus bisa mempromosikan acara live streamingmu melalui berbagai media sosial online shop, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya. Selain itu, kamu juga haru bisa membuat konten yang menarik dan bermanfaat bagi calon pembelimu.

4. Kreativitas

Kreativitas penting untuk membuat konten yang menarik dan unik bagi calon pembeli. Kamu harus dapat memikirkan ide dan gagasan kreatif dan inovatif untuk membuat live streamingmu menonjol dan berbeda dari online shop lainnya.

5. Manajemen Waktu

Keterampilan manajemen waktu merupakan skill host live streaming yang wajib dimiliki. Kamu harus bisa mengatur jadwal live streaming, mempersiapkan konten, dan menjalankan acara live streaming dengan waktu yang tepat.

Selain itu, kamu sebagai host streamer harus bisa mengelola waktu untuk melakukan promosi dan interaksi dengan calon pembelimu.

6. Team Work

Skill host live streaming yang wajib dimiliki lainnya adalah keterampilan untuk bekerja tim atau team work. Kamu harus bisa bekerja sama dengan produser, tim teknis, dan tim pemasaran untuk menciptakan konten live streaming yang berkualitas dan sukses menggaet pembeli.

Nah, itulah sekilas pembahasan terkait profesi host live streaming atau host streamer dan skill host live streaming yang wajib dimiliki bagi kamu yang ingin terjun di dalamnya. Semoga bermanfaat! (jra)

Topik Terkait