img_title
Foto : Koreaboo

IntipSeleb – Seiring dengan berkembangnya Hallyu Wave atau Korean Wave di seluruh dunia termasuk di Indonesia, kegemaran orang terhadap segala hal yang berbau Korea Selatan pun semakin tinggi. Otomatis, peluang untuk menghasilkan uang dari K-Pop pun terbuka lebar.

Melihat geliat dan popularitas K-Pop di Indonesia, KPoper bisa menjalankan beragam bisnis yang berkaitan dengan hal yang ia sukai untuk mendapatkan keuntungan. Mengingat antusias masyarakat, bisnis tentang KPop sangat menjanjikan, lho!

Lalu, apa saja sih ide bisnis K-Popers dan cara menghasilkan uang dari KPop yang bisa dilakukan buat kamu para KPopers yang ingin lebih produktif? Simak selengkapnya di sini, ya!

Bisnis

Doran Souvenir
Foto : Doran Souvenir

Cara menghasilkan uang dari K-Pop yang pertama adalah dengan membisniskan hal-hal yang berbau K-Pop dan budaya Korea Selatan. Ide ini sangat menjanjikan untuk dicoba, lho.

Jangan berhenti hanya menjadi konsumen saja, kamu bisa menjual hal-hal yang berkaitan dengan K-Pop , K-Drama dan masih banyak lagi. Berikut ini beberapa ide yang bisa kamu lakukan untuk menjalankan bisnis yang berkaitan dengan K-Pop :

1. Menjual hand banner

Menjual hand banner adalah salah satu ide bisnis K-Pop yang menjanjikan. Bagi yang belum mengetahui, hand banner adalah bendera tangan yang bertuliskan slogan. Hand banner adalah salah satu benda yang wajib dibawa oleh KPoper yang datang ke konser KPop.

Hand banner ini biasanya digunakan untuk menyemangati para idol KPop yang sedang tampil di panggumg. Selain itu, hand banner biasanya dipasang selama para fans menunggui idola mereka di bandara atau tempat umum lainnya.

2. Fan kit membership

Fan kit membership juga menjadi ide bisnis KPoper yang menjanjikan. KPopers tentu mengetahui bahwa setiap idola biasanya memiliki paket keanggotaan penggemar yang bisa dibeli.

Oleh sebab itu, fans K-Pop bisa secara resmi mendaftar sebagai anggota yang diakui secara resmi. Mereka akan mendapatkan konten paket penggemar yang bervariasi dan tentunya eksklusif.

Biasanya, fan kit membership akan dirilis setiap tahun, jadi jika fans ingin memperpanjang keanggotaannya, mereka harus membeli Fan Kit Membership lagi pada tahun berikutnya.

3. Light stick K-Pop

Ide bisnis KPop menjanjikan lainnya adalah Light Stick K-Pop . Light Stick sendiri merupakan salah satu identitas KPopers. Benda ini sering dibawa ke konser untuk membuat suasana konser menjadi lebih meriah dan wujud dukungan bagi para idol K-Pop . Tak heran, light stick K-Pop selalu dicari oleh para penggemar K-Pop .

Bisnis light stick KPop memiliki potensi yang besar, khususnya bagi para pecinta K-Pop . Sebab, light stick bisa dikatakan sebagai starter pack bagi fans KPop.

4. Menjual tiket konser

Peluang bisnis K-Pop selanjutnya adalah penjualan tiket konser K-Pop yang ada di Indonesia. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan pundi-pundi keuntungan.

Tiket konser K-Pop juga sering dijual bersamaan dengan merchandise. Jadi, selain menjual tiket atau menjual jasa war tiket, kamu juga bisa menjual merchandisenya untuk keuntungan yang lebih banyak.

5. Menjual photo card

Photo card adalah salah satu benda yang wajib dikoleksi oleh para KPopers, sehingga ini bisa dijadikan ide bisnis yang menjanjikan. Biasanya, photo card bisa didapatkan dari album foto, namun ada pula yang didapatan melalui berbagai event K-Pop .

Photo card juga bisa didapatkan dari brand yang bermitra dengan idol untuk membeli produk tertentu. Photo card kini banyak dicari oleh kolektor K-Pop . Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan membeli langsung dari kolektor photo card K-Pop .

Biasanya, kolektor photo card K-Pop berada di Korea, China, Thailand bahkan beberapa negara Asia lainnya. Dalam hal ini, kamu membutuhkan jasa ekspedisi atau gudang untuk mengurus pengiriman barang.

6. Menjual album K-Pop

Cara menghasilkan uang dari K-Pop selanjutnya adalah menjual album K-Pop . Seperti diketahui, membeli album merupakan salah satu bentuk dukungan bagi para idola.

Kamu bisa menjual album melalui sistem pre-order karena e-commerce Korea yang menjual album biasanya mempunyai PO selama beberapa minggu sebelum album resmi dirilis.

Setelah barang dikirim, perlu waktu sekitar 2-4 minggu untuk tiba di Indonesia, hal ini bergantung bagi jasa kurir yang dipilih.

7. Menjual fan art

KPopers tentu sudah tidak asing lagi dengan fan art. Fan art adalah desain gambar hasil tangan maupun digital dari fans untuk memvisualkan idola mereka.

Jika kamu mempunyai skill menggambar, kamu bisa menjual jasa gambar fan art yang pasti diminati oleh para penggemar K-Pop . Kapan lagi hobi bisa menghasilkan uang?

Menulis fanfiction

Freepik/ tirachardz
Foto : Freepik/ tirachardz

Fanfiction adalah cerita fiksi yang dibuat oleh fans dengan nama-nama idol K-Pop sebagai tokoh utamanya. Kamu bisa menulis fanfiction karyamu di platform seperti K-Pop , atau bahkan media lainnya.

Jika tulisanmu menarik dan dibaca banyak orang, kamu bisa menghasilkan uang, lho. Bahkan, fanfiction karyamu bisa dibukukan menjadi sebuah novel.

Menulis dan mengembangkan blog soal K-Pop

Freepik/ lookstudio
Foto : Freepik/ lookstudio

Pengetahuanmu tentang K-Pop dan hal-hal berbau Korea bisa menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari K-Pop , lho. Kamu bisa menulis di blog yang kamu kembangkan atau platform menulis online lainnya. Kamu juga bisa menjadi penulis di media yang membahas soal hal-hal terkait industri hiburan Korea yang pangsa pasarnya besar di Indonesia.

Dengan menulis artikel seputar K-Pop , tulisanmu akan jadi bahan bacaan para penggemar Korea yang ingin tetap catch-up dengan idola mereka.

Menjadi Konten Kreator tentang K-Pop

Jika kamu gemar membuat konten di media sosial, kamu bisa menjadi konten kreator K-Pop di berbagai platform media sosial, seperti YouTube, Instagram, TikTok, Facebook, dan lainnya.

Kamu bisa menghasilkan uang dari K-Pop sebagai konten kreator dengan banyak car, misalnya monetisasi iklan, endorsement, sponsorhip, merchandise, dan lainnya. Tentu saja, kamu harus memiliki jumlah follower dan views dengan ketentuan tertentu, ya.

Menjadi penerjemah atau subber konten K-Pop

Fiverr
Foto : Fiverr

Jika kamu memiliki kemampuan bahasa Korea yang baik, kamu bisa memanfaatkan skill-mu untuk menghasilkan uang, lho. Salah satu cara menghasilkan uang dari K-Pop bagi orang yang bisa berbahasa Korea adalah dengan menjadi penerjemah atau subber konten K-Pop .

Kamu bisa menerjemahkan atau memberikan subtitle untuk berbagai konten K-Pop berbahasa Korea, seperti video, lirik, artikel, wawancara, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa bergabung dengan komunitas atau fansub yang menerjemahkan atau memberikan subtitle untuk konten K-Pop secara gratis atau mencari klien yang membutuhkan jasamu secara profesional.

Untuk menjadi penerjemah konten K-Pop yang baik, kamu harus memiliki pengetahuan yang luas tentang bahasa, budaya, dan istilah-istilah K-Pop . Kamu juga harus memiliki software atau aplikasi yang mendukung, seperti Google Translate, Aaegisub, Subtitle Edit, dan lain-lain.

Nah, itulah sederet cara menghasilkan uang dari K-Popyang bisa dilakukan oleh para KPopers yang ingin lebih produktif untuk menghasilkan pundi-pundi keuntungan. Semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait