img_title
Foto : DW

IntipSeleb – Jika kamu sedang mencari destinasi liburan, India mungkin bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat, lho. Nah, sebelum mengunjungi negara asal Shah Rukh Khan tersebut, penting untuk menyimak terlebih dahulu panduan perjalanan ke India.

Tips perjalanan ke India ini cocok bagi pemula yang masih bingung dengan langkah-langkah yang harus dilakukan, mulai dari mempersiapkan paspor dan visa hingga tempatmenarik apa yang bisa dikunjungi di sana.

Nah, jika kamu penasaran untuk mengetahui informasi ini lebih lanjut, yuk simak panduan perjalanan ke India secara lengkap dan menyeluruh berikut ini!

Informasi Umum Tentang India

IT Voice
Foto : IT Voice

India merupakan sebuah negara federal yang menganut sistem parlementer dengan bentuk republik konstitusional di Adia Selatan dengan garis pantai sepannjang 7000 km dan merupakan bagian dari Anak Benua India.

India berbatasan dengan Afganistan, Pakistan, Tiongkok, Nepal, Bangladesh, Bhutan dan Myanmar. Selain itu, ada Maladewa, Sri Lanka, Lakshadwip dan Indonesia, sederet negara kepulauan yang bersebelahan dengan India.

India merupakan negara terbesar ketujuh berdasarkan wilayah geografis. Jumlah penduduk India tumbuh pesat sejak pertengahan 1980-an. India merupakan bagian dari rute perdagangan penting dan bersejarah.

India menjadi tempat adanya peradaban kuno, seperti Peradaban Lembah Sungai Indus, dan merupakan tempat kelahiran dari empat agama utama di dunia, yaitu Hindu, Buddha, Jain dan Sikh. Negara ini merupakan bagian dari Britania Raya sebelum meraih kemerdekaannya pada 1947.

Tips Perjalanan ke India

Holidify
Foto : Holidify

Sebelum kamu berkunjung ke India, ada baiknya mengetahui beberapa tips perjalanan yang bisa membantu dalam perjalanan. Dengan pengetahuan ini, perjalanan liburan pun bisa semakin memuaskan.

India memiliki keindahan alam menawan dan keragaman budaya dari setiap negaranya. Jadi, pastikan kamu memahami perbedaan dan keunikan tersebut. Simak informasi berikut ini ya!

1. Tempat Liburan Favorit di India

Selain terkenal dengan industri film Bollywood, India juga menawarkan banyak tempat liburan yang menarik untuk dikunjungi. Di antara semua destinasi wisata di India, ada beberapa tempat liburan favorit di India, antara lain:

1. Taj Mahal, Agra

Taj Mahal merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di India. Tempat ini sebenarnya merupakan makam Mumtaz Mahal, istri tercinta Raja Shah Jahan atau Sultan Jehan, sekaligus monumen pembuktian cinta sang raja pada istrinya.

Dibangun pada 1632 M, bangunan megah ini terpilih menjadi situs warisan UNESCO pada 1983. Kamu bisa menikmati pemandangan sekitar sembari berfoto dan menelusuri setiap sudutnya.

2. Golden City, Jaisalmer

Golden City Jaisalmer juga menjadi salah satu destinasi terfavorit di India. Tidak hanya menyambangi satu tempat, kamu bisa menjelajahi satu kota. Ada banyak bangunan indah dengan relief menakjubkan di kota yang dahulu dimanfaatkan sebagai jalur perdagangan dari barat menuju India ini.

Mayoritas wisatawan akan menjelajahi Jaisalmer dengan menunggang unta sebagai transportasi wisata di sekitar Golden City. Di Jaisalmer, kamu bisa menyambangi Kuil Lodhruva Jain yang tersohor, perpustakaan tertua di India, desa magis Ramdevram dan lainnya.

Daya tariknya yang luar biasa membuat Raisa Andriana dan sang suami, Hamish Daud pernah berlibur di kota ini selama satu pekan, lho.

3. Benteng Amber

Benteng Amber atau Amber Fort merupakan destinasi wisata di Kota Jaipur. Benteng ini dulu dibangun oleh Raja Man Singh I. Memiliki interior yang cantik, Amber Fort terletak di puncak bukit Kota Amer dan menghadap ke Danau Maota.

Di tempat ini, wisatawan bisa menyaksikan festival lampu warna-warni di Benteng Amber setiap pukul 18.30 hingga 19.30 waktu setempat.

2. Tempat Wisata Paling Indah di India

India yang kaya akan sejarah masa lampau memiliki banyak destinasi wisata sejarah yang menarik. Selain itu banyak pula tempat wisata paling indah di India yang akan memanjakan mata para wisatawan.

1. Benteng Mehrangarh

Berbeda dengan Benteng Amber, Benteng Mehrangarh dapat dikunjungi di kawasan Jodhpur. Bagi kamu yang menyukai pemandangan alam, tempat wisata terindah di India ini cocok untuk dikunjungi.

Benteng ini terletak di ketinggian 400 mdpl. Maka, saat berkunjung ke sana kamu bisa menikmati pemandangan kota dari atas. Benteng Mehrangarh juga memiliki sebuah istana dengan halaman yang luas dengan tembok-tembok berukiran indah.

2. Kepulauan Andaman dan Nikobar

Jika kamu menyukai wisata alam, maka Kepulauan Andaman dan Nikobar cocok untuk dikunjungi. Destinasi wisata ini merupakan kawasan pantai dengan gugusan pulau yang indah dan eksotis. Bahkan, di sana kamu bisa menemui berbagai varietas tanaman hingga lebih dari 2 ribu jenis.

Di sini, kamu juga bisa menyaksikan beberapa situs peninggalan semasa Perang Dunia II serta para koloni Inggris di masa lampau.

3. Ladakh

Tempat wisata paling indah di India selanjutnya adalah Ladakh. Ladakh merupakan kawasan perbukitan yang termasuk ke dalam deretan pegunungan Himalaya. Ladakh menyajikan pemandangan pegunungan berwarna coklat yang menghampar luas. Selain itu, ada aliran sungai jernih yang melintas di antara pegunungan.

3. Waktu Terbaik Berkunjung ke India

Waktu terbaik untuk mengunjungi India adalah pada musim dingin atau sekitar Desember hingga awal Maret. Kamu tidak disarankan untuk berkunjung pada bulan April hingga November karena cuaca cenderung sangat panas.

Jika kamu baru pertama kali berkunjung ke India, cukup luangkan waktu sekitar tujuh hingga sepuluh hari. Durasi tersebut sudah cukup jika kamu ingin berkunjung ke kawasan segitiga emas atau Golden Triangle, yaitu Delhi, Jaipur, dan Agra.

Jika kamu ingin mengunjungi kota lain, seperti Chennai atau Mumbai, kamu bisa menambah durasi liburan setidaknya dua hari.

4. Larangan Saat Berkunjung ke India

Saat berkunjung ke India, sebaiknya kamu mematuhi etika masyarakat setempat dan tidak melakukan hal-hal yang dilarang, misalnya menunjuk orang dengan kaki atau jari, makan dengan tangan kiri, serta bermesraan di tempat umum.

5. Syarat Penerbangan ke India

Jika kamu masih pertama kali ke India dan bingung dengan syarat penerbangan ke India, berikut ini panduan perjalanan ke India bagi pemula:

1. Siapkan Paspor

Untuk berlibur ke luar negeri termasuk India, kamu wajib mempersiapkan paspor dengan masa berlaku minimal enam bulan saat digunakan. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah mengurus visa.

2. Mengurus E-Visa

Kamu bisa mengajukan e-Visa secara online. Jika kamu ingin melakukannya, kamu harus memiliki tiket penerbangan pulang pergi dan paspor dengan masa berlaku setidaknya enam bulan.

3. Pesan Tiket Pesawat

Kamu bisa memesan penerbangan dari Jakarta menuju ke bandara Mumbai. Ada beberapa maskapai yang bisa kamu pilih, seperti Lion Air, Malindo Air, Srilanka Airlines dan lainnya.

Itulah beberapa hal menarik tentang India, tempat wisata di India dan panduan perjalanan ke India jika kamu berencana untuk berlibur ke sana. Sesuaikan pilihan destinasi liburan yang akan kamu kunjungi dan nikmati perjalanan yang mengesankan selama berada di negara asal Shah Rukh Khan tersebut. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait