img_title
Foto : Freepik/ freepik

IntipSelebMUA atau makeup artist adalah profesi yang bertugas untuk merias wajah seorang klien sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. MUA biasanya dibutuhkan dalam berbagai acara, mulai dari pernikahan, syuting, wisuda, dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu, dibutuhkan skill khusus yang harus dipersiapkan untuk menjadi seorang penata rias. Di luar dari bakat yang dimiliki, skill MUA bisa didapatkan dari pengambilan jurusan kuliah yang sesuai, apalagi kalau bukan Jurusan Tata Rias.

Lantas, apa itu jurusan tata rias dan bagaimana prospek kerja lulusan jurusan tata rias di masa depan? Yuk scroll lebih lanjut untuk mengetahui selengkapnya!

Jurusan Tata Rias

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Jurusan tata rias atau kecantikan merupakan program studi yang mempelajari tentang penataan riasan dan cara penggunaan peralatan kecantikan wajah dan rambut.

Mahasiswa jurusan tata rias akan mempelajari berbagai teknik merias mulai dari jenis riasan tradisional hingga modern, seperti rias pengantin Jawan, rias pengantin luar Jawa, rias pengantin internasional, rias fantasi, perawatan dan tata rias rambut, pangkas dasar, perawatan kulit hingga tata rias wajah.

Jurusan Tata Rias memiliki sejarah panjang dan kian berkembang bersama industri kecantikan yang semakin maju. Mulanya, keahlian tata rias dan kecantikan diajarkan secara turun-temurun atau dalam lingkungan keluarga. Namun, pada abad ke-20, tata rias mulai diakui sebagai profesi yang dapat dipelajari melalui pendidikan formal.

Seiring dengan permintaan masyarakat terhadap jasa tata rias profesional, banyak negara mulai menawarkan program pendidikan formal dalam bidang ini, mencakup berbagai topik, mulai dari tata rias wajah, perawatan kulit, dan perawatan rambut.

Saat ini, Tata Rias menawarkan berbagai program pendidikan, mulai dari kursus, sertifikasi, sekolah kejuruan hingga pendidikan tinggi. Harapannya, kemampuan yang didapatkan akan menjadi peluang karier di industri kecantikan.

Seperti diketahui, Jurusan Tata Rias bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan agar sukses di industri kecantikan. Berikut ini sekilas kurikulum di jurusan tata rias:

1.Mata pelajaran utama

  1. Teknik Tata Rias: Mahasiswa akan mempelajari berbagai teknik tata rias, termasuk riasan harian, riasan khusus, tata rias untuk panggung dan film, dan tata rias efek khusus.
  2. Pemahaman Produk Kosmetik: mata kuliah ini mencakup pemahaman mendalam soal produk kosmetik, termasuk jenis dan fungsi berbagai produk, pemilihan warna, dan teknik yang tepat.
  3. Sejarah Tata Rias: Mahasiswa akan belajar tentang evolusi tata rias dari zaman kuno hingga zaman moder, serta peran tata rias dalam berbebagai budaya.

2. Pengajaran praktis

  1. Aplikasi Tata Rias Praktis: Mahasiswa akan terlibat dalam latihan praktis untuk menguasai teknik tata rias. Ini mencakup aplikasi makeup diri dan model, dan latihan di berbagai jenis kulit dan bentuk wajah.
  2. Pemilihan Warna dan Estetika: Mahasiswa akan belajar mengenali warna yang sesuai dengan berbagai jenis kulit dan selera estetika yang berbeda.

3. Pelatihan dan Kerja Lapangan

  1. Pelatihan Industri: mahasiswa diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek industri, misal bekerja di produksi film, teater atau pemotretan.
  2. Magang: Mahasiswa bisa menjalankan magang di salon kecantikan, studio foto, atau produksi film untuk memberikan pengalaman langsung dalam lingkungan kerja yang sebenarnya.

Selain itu, ada pula beberapa jurusan yang akan dipelajari dalam Jurusan Tata Rias, seperti Dasar Rias, Anatomi dan Fisiologi, Dasar Busana, Dasar Seni dan Desain, Ilmu Kesehatan Kulit & Rambut, Sejarah Mode Tata Rias, Senam Kecantikan, Perawatan dan Tata Rias Rambut, Menggambar Mode Tata Kecantikan, Keriting Dasar, Pangkas Rambut Dasar, Dekorasi Ruang Khusus Kecantikan, Sanggul Tradisional, Perawatan Kuit dan Tata Rias Wjaah, Pewarnaan Rambut dan Kewirausahaan.

Prospek Kerja Jurusan Tata Rias

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Alumni Jurusan Tata Rias memiliki banyak peluang karier di berbagai industri, karena skill mereka dalam menciptakan tampilan dan riasan wajah. Berikut ini beberapa jenis peluang profesi untuk jurusan Tata Rias:

  1. MUA: MUA profesional bisa bekerja dalam berbagai tempat, misalnya salon kecantikan, studio pemotretan, produksi film dan teater atau membuka jasa MUA sendiri.
  2. Konsultan Produk Kosmetik: lulusan jurusan Tata Rias bisa bekerja sebagai konsultan produk kosmetik untuk brand tertentu, memberikan saran kepada pelanggan tentang produk-produk yang sesuai dengan teknik penggunaan yang tepat.
  3. Instruktur Tata Rias: Mengajar Tata Rias di sekolah-sekolah kecantikan, universitas atau pelatih freelance bisa jadi peluang karier alumni Tata Rias. Profesi ini memungkinkan untuk berbagai pengalaman dan regenerasi di bidang kecantikan.
  4. Freelancer dan Wirausaha: tak sedikit lulusan Tata Rias yang memilih untuk bekerja sebagai freelancer atau wirausaha dengan membuka bisnis tata rias mereka sendiri.
  5. Blogger dan Vlogger Makeup: seiring dengan perkembangan teknologi dan media sosial, banyak orang yang ahli di bidang makeup memilih untuk menjadi blogger atau vlogger dengan membuat website atau kanal YouTube mereka sendiri.

Universitas yang Punya Jurusan Tata Rias di Indonesia

Freepik
Foto : Freepik

Melansir dari laman resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), berikut ini daftar perguruan tinggi negeri yang menyediakan Jurusan Kecantikan dan Tata Rias:

  1. Universitas Negeri Jakara (UNJ)
  2. D4 Kosmetik dan Perawatan Kecantikan (Akreditasi A)
  3. S1 Pendidikan Tata Rias (Akreditasi Unggul)
  4. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  5. D3 Tata Rias dan Kecantikan (Akreditasi A)
  6. D4 Tata Rias dan Kecantikan (Akreditasi Baik)
  7. Universitas Negeri Padang (UNP)
  8. D4 Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan (Akreditasi A)
  9. Universitas Negeri Semarang (Unnes)
  10. S1 Pendidikan Tata Kecantikan (Akreditasi A)
  11. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
  12. S1 Pendidikan Tata Rias (Akreditasi Unggul)
  13. Universitas Negeri Medan (Unimed)
  14. S1 Pendidikan Tata Rias (Akreditasi Baik)

Nah, itulah sederet seluk-beluk Jurusan Tata Rias dan prospek kerja Jurusan Tata Rias bagi kamu yang ingin menjadi MUA. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait