img_title
Foto : Creatrip

IntipSeleb – Perkembangan industri hiburan Korea yang sangat pesat tak hanya membuat para fans bergembira tapi juga membuka peluang karier di industri KPop. Peluang kerja di agensi KPop ternyata cukup luas, lho.

Profesi-profesi di agensi KPop, meski tak bersentuhan langsung dengan idol KPop sangat menunjang kesuksesan mereka. Wah, siapa sih yang KPopers yang enggan menjadi bagian dari kesukesan artis Korea favorit mereka?

Berikut ini sederet pekerjaan di agensi KPop yang bisa dijajaki oleh para fans KPop atau bahkan siapapun yang tertarik dengan industri entertainment di Korea Selatan. Penasaran? Yuk scroll lebih lanjut untuk mengetahui selengkapnya!

1. Road Manager

Tiktok/@liana_moonlight18
Foto : Tiktok/@liana_moonlight18

Road manager adalah salah satu pekerjaan di agensi KPop yang esensial, terlebih untuk sang artis. Sebab, merekalah orang-orang yang akan selalu berada di sisi para artis KPop ke manapun mereka pergi.

Jobdesc profesi ini terbilang sangat berat bahkan terkadang melebihi beratnya pekerjaan idol KPop. Pasalnya, selain menemani, road manager juga harus menjadi penghubung antara idol dengan banyak pihak lain.

Bertanggung jawab penuh dengan kinerja dan keseharian artis KPop, seorang road manager terkadang harus bekerja sejak pagi hingga larut malam untuk memastikan artisnya aman.

2. PR Manager

YouTube  스브스케이팝 X INKIGAYO
Foto : YouTube 스브스케이팝 X INKIGAYO

Apakah kamu menyadari bahwa para idol KPop akan selalu memiliki penampilan yang berbeda di setiap panggung dan acara yang mereka hadiri? Nah, itu adalah bagian dari pekerjaan seorang PR manager.

Pada dasarnya, mereka adalah orang yang akan bernegosiasi dengan para staff TV mengenai penampilan para idol KPop yang akan tampil di acara TV tersebut.

3. Talent Manager atau Rookie Casting Team

Koreatimesus
Foto : Koreatimesus

Sesuai dengan nama profesinya, talent manager adalah pekerjaan di agensi KPop yang bertugas mencari orang-orang berbakat untuk dijadikan trainee di agensi tersebut sebelum diorbitkan menjadi selebritis.

Talent manager juga merupakan orang yang mengurus berbagai audisi untuk mencari trainee baru. Mereka juga melakukan evaluasi secara berkala pada setiap trainee untuk memantau perkembangannya masing-masing.

4. Video Editor

Freepik/ frimufilms
Foto : Freepik/ frimufilms

KPoper tentu mengetahui bahwa setiap idol KPop memiliki konten video yang akan diunggah untuk memanjakan mata para penggemar setianya di seluruh penjuru dunia, di sini peran video editor sangat diperlukan.

Video editor merupakan orang yang selalu membawa kamera untuk mereka aktivitas sang artis Kpop, mengeditnya, serta mengunggahnya ke media sosial.

5. Translator

Nah, bagi kamu yang lancar berbahasa Korea, mungkin pekerjaan di agensi KPop yang satu ini cocok untukmu. Seoerti diketahui, agensi Korea mengusahakan agar artis mereka dikenal di seluruh dunia.

Maka dar itu, tak jarang agensi mempersiapkan translator untuk menerjemahkan konten yang telah dibuat agar bisa ditonton oleh para penggemar di luar negeri.

Translator juga sangat berguna sebagai penerjemah saat rapat berlangsung atau ketika perusahaan mendapatkan email kerjasama dari pihak dari luar Korea.

Selain itu, translator juga berguna bagi para trainee agar mereka bisa berbahasa asing. Translator terkadang menjadi guru bahasa asing untuk para trainee yang akan diorbitkan.

6. Akuntan

Freepik/ DCStudio
Foto : Freepik/ DCStudio

Seperti diketahui, seorang idol tidak langsung dibayar di awal debutnya. Sebab, mereka harus membayar utang atau uang yang dikeluarkan oleh agensi selama mereka menjadi trainee. Di sinilah peran akuntan dibutuhkan.

Akuntan adalah orang yang bekerja untuk menghitung biaya pengeluaran seorang idol setiap harinya saat mulai menjadi trainee. Akuntan juga menghitung sisa hutang yang dimiliki idol dan mencatat biaya produksi setiap grup, total penjualan album, dana dari investor, dan lainnya.

7. Music Production Team

Freepik/ ASphotofamily
Foto : Freepik/ ASphotofamily

Seperti diketahui, terkadang perusahaan agensi KPop akan mencari produser musik terkenal untuk membuatkan lagu ketika idol akan merilis album baru. Namun, ada juga perusahaan yang memiliki music production sendiri.

Profesi ini mempermudah para idol ketika membutuhkan rekaman secepatnya karena agensi sudah memiliki orang yang telah berpengalaman melakaukan hal tersebut. Dengan adanya tim ini, sebuah grup dapat memiliki dan mempertahankan ciri khasnya sendiri.

8. Pelatih Vokal dan Koreografer

Soompi
Foto : Soompi

Selain tampilan yang cantik dan tampan, idol KPop dituntut harus bisa menari dan bernyanyi sekaligus. Nah, jika kamu memiliki keahlian di bidang ini, kamu bisa mencoba pekerjaan di agensi KPop sebagai pelatih vokal dan koreografer.

Biasanya, setiap agensi mempunyai pelatih vokal sendiri untuk melatih teknik menyanyi yang baik kepada para trainee. Bahkan, idol yang sudah debut juga masih harus berlatih vokal agar kemampuannya terus meningkat.

Berbeda dengan pelatih vokal, koreografer di agensi biasanya tidak dikontrak secara resmi oleh perusahaan. Maka jangan heran jika kamu mendapati koreagrafer dari grup idolamu yang juga membuatkan koreografi untuk grup KPop lainnya.

9. Social Media Marketing

Aboutnet
Foto : Aboutnet

Media sosial merupakan salah satu platform yang bisa dimanfaatkan untuk pemasaran. Maka dari itu, banyak agensi yang menaruh fokus lebih untuk setiap konten idol-idolnya di media sosial.

Meski terdengar sepele, social media marketing adalah pekerjaan yang sangat berpengaruh bagi idol. Berkat kinerja social media specialist, pertumbuhan dan imej perusahaan agensi serta idolnya semakin bagus.

10. Stylist dan MUA

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Pekerjaan di agensi KPop lainnya adalah MUA dan Stylist. Profesi ini membuatmu akan selalu bisa berhadapan langsung dengan idol KPop dari jarak yang sangat dekat.

Stylist bertanggung jawab untuk menyiapkan kostum untuk idol dalam setiap acara yang dihadiri, sedangkan MUA dan hair stylist akan memoles tampilan idol sebelum muncul di panggung atau layar kaca.

Nah, itulah sederet pekerjaan di agensi KPop yang bisa kamu coba di masa depan. Untuk bisa tembus di agensi KPop di Korea Selatan, jangan lupa untuk terus mengasah skill dan memperbanyak pengalaman. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait