img_title
Foto : Www.freepik.com/freepik

IntipSeleb – Viral video OSIS SMA yang menghancurkan banyak barang sitaan para siswa. Di antara barang sitaan itu, terdapat puluhan produk sunscreen. OSIS sekolah yang nggak disebutin namanya ini, langsung menggunting kemasan sunscreen sampai membuang isinya.

Sontak saja, aksi OSIS SMA menghancurkan sunscreen sitaan para siswa panen hujatan. Banyak yang menyayangkan penghancuran sunscreen yang dilakukan sambil tertawa-tawa.

Padahal, sunscreen atau tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit terbakar sampai mengurangi risiko kanker kulit lho.

Lantas, apa aja fungsi sunscreen dan gimana cara pakainya yang benar? Yuk, intip special artikel Me Time by Kata Dokter di bawah ini!

Apa Itu Sunscreen?

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang membantu melindungi kulit dari sinar UV matahari yang berbahaya. Selain dikenal sebagai tabir surya, sunscreen juga sering disebut sebagai sunblock atau sun lotion.

Kepada kanal YouTube Kata Dokter, dr. Atika Kusuma Dewi, Sp.KK menyatakan, pakai sunscreen itu wajib lho setiap harinya. Apalagi, sunscreen mengantung SPF.

Apa Itu SPF?

www.freepik.com/gpointstudio
Foto : www.freepik.com/gpointstudio

Sunscreen sangat akrab dengan istilah SPF. Rupanya, SPF adalah singkatan dari Sun Protector Factor, yang berfungsi sebagai pelindung dari paparan sinar matahari.

Kini, produk skincare banyak banget ragam SPF. dr. Atika Kusuma Dewi, Sp.KK menuturkan, angkat SPF yang berbeda menunjukkan waktu pengulangan menggunakan sunscreen.

“SPF sendiri beragam, ada yang SPF 15, 20,30 50, bahkan 100. Artinya apa? SPF 15 dikalikan 10 menit. 10 menit (dalam konteks SPF Sunscree) adalah di mana kulit tanpa mengunakan aapun dengan paparan mataharia dia akan jadi merah. Artinya, kalau SPF 50 dikalikan 10 menit, dia menjadi 500 menit, yang artinya selama 500 menit kita harus mengulangi lagi penggunaan dari si sunscreen,” jelas dr. Atika Kusuma Dewi, Sp.KK.

“Semakin tinggi SPF-nya, semakin lama mengulang pemakaiannya. Namun, fungsinya sama. Paling hanya bertambah sekitar 94% atau 96% menangkap sinar dari matahari,” lanjutnya.

Sesuaikan Tinggi SPF Tergantung Lingkungan

www.freepik.com/rawpixel.com
Foto : www.freepik.com/rawpixel.com

Walau ada SPF yang tinggi, dr. Atika Kusuma Dewi, Sp.KK menyarankan, penggunaan sunscreen ber-SPF disesuaikan dengan lingkungan sehari-hari kita.

Jika jarang terkena sinar matahari, sunscreen dengan SPF 30 sudah cukup. Sedangkan, jika sering terpapar sinar matahari, SPF sunscreen-nya bisa ditingkatkan. Tapi, hati-hati memakai sunscreen dengan SPF sangat tinggi ya.

Manfaat SPF

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Manfaat penggunaan sunscreen adalah:

  1. Proteksi dari paparan sinar matahari, UVA dan UVB.
  2. Terhindar dari risiko kerusakan kulit.
  3. Mengurangi risiko penyakit kanker kulit.
  4. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Cara Memakai Sunscreen yang Benar

sunscreen
Source: freepik/freepik

Biar nggak sia-sia, kamu harus pakai sunscreen dengan benar. dr. Atika Kusuma Dewi, Sp.KK spill tutorialnya nih.

  1. Ambil sunscreen sebanyak satu ruas jari
  2. Aplikasikan ke wajah
  3. Aplikasikan ke leher
  4. Pakai sunscreen 5-10 menit sebelum keluar ruangan
  5. Kalau terkena air, oleskan sunscreen kembali

Nah, itulah serba-serbi sunscreen yang mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan kulit kita. Jangan lupa pakai sunscreen ya, bestie!

Topik Terkait