img_title
Foto : Freepik/ creativeart

IntipSeleb – Sebagai pekerja dengan segudang kesibukan, wajar jika terkadang kamu mulai merasa penat dengan segala rutinitas dan pekerjaan. Dengan kondisi demikian, tidak ada salahnya untuk mengambil cuti.

Kamu bisa merencanakan liburan singkat bersama dengan keluarga dan teman, atau mungkin hanya bersantai di rumah serta menghabiskan waktu dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang tidak bisa kamu kerjakan ketika kamu bekerja.

Tapi, meskipun sudah merencanakan cuti, kadang-kadang para pekerja masih saja dihantui dengan beban kerja, baik itu pekerjaan yang belum selesai atau pekerjaan yang harus diberikan kepada teman satu divisimu.

Hal-hal semacam itu terkadang membuat pekerja yang akan mengambil cuti merasa tidak nyaman dan terbebani. Tentu itu bukan hal yang diinginkan saat kamu cuti, bukan?

Hari cuti yang diidam-idamkan tentu diekspektasikan akan penuh dengan ketenangan dan kebahagiaan, bukan malah kecemasan yang tiada akhir. Untuk itu, penting untuk mengetahui tips cuti liburan tanpa beban kerja yang bisa membantu karyawan mempersiapkan liburan.

Tips Cuti Liburan Tanpa Beban Kerja

Freepik/ DC Studio
Foto : Freepik/ DC Studio

Liburan dimaksudkan sebagai waktu bagi karyawan untuk beristirahat dan menghabiskan quality time bersama orang-orang tercinta. Jarak dari pekerjaan memungkinkan mereka untuk bersantai dan melepaskan stres dari hari-hari yang sibuk sebelumnya.

Namun, untuk memastikan bahwa mereka tetap tenang dan tidak mengkhawatirkan sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan, mereka harus melakukan beberapa hal terlebih dahulu.

Berikut ini 11 tips cuti liburan tanpa beban kerja yang dilansir dari berbagai sumber pada Senin, 29 Januari 2024.

1. Mengatur Waktu

Manajemen waktu penting bagi setiap karyawan, tetapi menjelang musim liburan, hal ini menjadi penting. Pada minggu-minggu sebelum cuti, luangkan waktu untuk memilah-milah tugas, rapat, dan tanggung jawabmu secara keseluruhan dan membuat rencana yang sesuai.

Misalnya, jadwalkan pertemuan penting apa pun sebelum liburan dan tunda hal-hal yang mungkin tertunda. Ingatlah untuk menjaga jadwalmu tetap ringan pada hari sebelum dan sesudah liburanmu.

Manajemen waktu yang baik akan memberimu waktu untuk mengurus tugas-tugas di menit-menit terakhir dan kembali ke alur kerja masing-masing.

2. Prioritaskan Tugasmu

Tak semua tugas yang menumpuk di penghujung tahun bisa selesai tepat waktu. Misalnya, jika kamu menganggap bahwa proyek klien tertentu tidak dapat selesai sebelum kamu keluar dari kantor, pastikan untuk memberi tahu mereka sebelumnya dan sepakati perpanjangan waktu yang ditetapkan.

Pada saat yang sama, dorong proyek-proyek yang lebih mendesak ke urutan teratas daftar prioritasmu sehingga kamu tidak harus bekerja selama liburan.

Terakhir, cobalah untuk tidak menugaskan kolegamu tugas-tugas yang kurang penting, terutama jika mereka sendiri sedang sibuk menyelesaikan proyek-proyek penting.

3. Delegasikan Pekerjaan

Adalah hal yang lumrah bagi karyawan untuk bekerja berjam-jam saat mereka mempersiapkan liburan. Tapi itu mungkin tidak diperlukan.

Tanyakan pada supervisor dan kolegamu apakah mungkin untuk mendelegasikan beberapa tugasmu. Pastikan untuk berbagi tugasmu dengan seseorang yang memiliki waktu dan pengetahuan yang diperlukan untuk menyelesaikannya.

Tidak seorang pun boleh merasa tertekan untuk membantu orang lain dengan beban kerjanya jika itu berarti mereka harus mengabaikan beban kerjanya sendiri.

Terakhir, saat kamu mendelegasikan pekerjaanmu, berikan arahan rinci kepada rekan kerjamu mengenai semua tugas untuk menghindari kesalahpahaman.

4. Komunikasikan Cuti Tepat Waktu

Waktu-waktu menjelang hari raya merupakan masa sibuk bagi semua orang, dengan penyelesaian proyek, penyerahan laporan, dan sebagainya.

Hal terakhir yang dibutuhkan tim HR dan manajemenmu adalah banyaknya karyawan yang mengajukan waktu istirahat mereka pada saat-saat terakhir.

Penting bagimu untuk mengikuti kebijakan pengambilan cuti dan memberi tahu semua orang sebelumnya kapan kamu akan cuti. Dengan cara ini, kamu juga memastikan bahwa tidak ada rekan kerja yang mencoba menghubungimu saat kamu sedang menikmati liburan.

5. Atur Auto-reply pada Email Kantor

Tips cuti liburan tanpa beban kerja selanjutnya adalah mengatur auto-reply pada email kantor. Hal ini perlu dilakukan untuk memberi tahu pengirim email bahwa kamu sedang tidak bisa membalas saat itu juga.

Cara ini lumrah dilakukan. Dalam auto-reply, kamu tidak perlu menjelaskan terlalu detail mengenai alasanmu cuti. Yang terpenting mereka tahu harus menghubungi pihak yang menggantikanmu atau harus menunggu balasan sampai kapan.

6. Perencanaan Pasca Liburan

Setelah kamu memprioritaskan, menjadwalkan dan merencanakan tugas tahun ini, sebaiknya kamu melihat apa yang menunggumu setelah kamu kembali.

Selain itu, segala perayaan dan cuti panjang mungkin sedikit mengaburkan pikiranmu. Oleh karena itu, sedikit pekerjaan di awal akan membuat nantinya lebih terarah. Jadi, catat proyek apa dan pekerjaan apa yang saja yang akan kamu lakukan setelah kamu kembali dari cuti.

7. Jangan Terlalu Mengecek Handphone

Meski sedang liburan, terkadang notifikasi email atau aplikasi perpesanan lain yang berkaitan dengan pekerjaan membuat kita terbebani. Oleh karena itu, tips cuti liburan tanpa beban kerja selanjutnya adalah jangan terlalu sering mengecek handphone. Ini akan membuat pikiran tenangmu tidak teralihkan.

8. Jangan Memikirkan Pekerjaan

Tips selanjutnya agar tidak terbebani saat cuti adalah jangan mengkhawatirkan pekerjaanmu. Sebab, rasa khawatir akan membuatmu mencari tahu lebih lanjut soal pekerjaan, baik itu lewat email atau grup kantor.

Ingatlah bawa kamu memerlukan liburan agar tidak stres memikirkan pekerjaan terus-menerus. Jangan buat cutimu sia-sia dan tahan sampai kamu selesai dari liburanmu.

9. Maksimalkan Interaksi dengan Orang Tersayang

Saat cuti, penting untuk terus berinteraksi dengan orang-orang tersayang, baik itu teman, pacar atau keluarga. Oleh sebab itu, tips selanjutnya agar tidak terbebani pekerjaan adalah dengan memaksimalkan interaksi dengan orang yang kamu sayangi.

Perbanyak quality time dengan mereka dan ceritakan apa saja yang ingin kamu beritahukan kepada mereka. Dengan saling berbagi cerita, kamu juga akan jadi lebih rileks dan bonding.

10. Maknai Waktu Liburan dengan Baik

Setiap pekerja berhak menikmati liburan setelah menjalani banyak pekerjaan. Oleh karena itu, ingatlah bahwa kamu berhak mendapatkan hari libur. Maknai setiap detik waktu liburmu dan terapkan prinsip-prinsip mindfullness.

Ingatlah bahwa pekerjaanmu bisa kamu kerjakan lagi saat kamu akan masuk kantor lagi. Dan ketika kamu di luar kantor, kamu mempunyai hak untuk menghabiskan waktu dengan maksimal untuk merefresh diri dan pikiranmu.

11. Lakukan Aktivitas Fisik

Tips cuti liburan tanpa beban kerja selanjutnya adalah dengan melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan. Hal ini penting dilakukan sebagai salah satu pengalihan pikiran dari pekerjaanmu.

Selain berolahraga, kamu juga bisa melakukan aktivitas fisik sederhana lainnya, seperti yoga, berkebun, bersepeda, jalan-jalan, bermain di pantai, dan lainnya.

Dengan melakukan aktivitas fisik, kamu bisa memfokuskan diri pada hal yang sedang kamu lakukan dan tidak teralihkan dari beban pekerjaanmu di kantor.

Nah, itulah 11 tips cuti liburan tanpa beban kerja bagi kamu para pekerja yang hendak mengambil cuti. Ingatlah, bahwa hak cuti adalah sesuatu yang wajar kamu dapatkan sebagai pekerja. Oleh sebab itu, tak perlu merasa terbebani dan merasa tidak produktif selama cuti sebab hidup butuh keseimbangan, bukan? (Bbi)

Topik Terkait