img_title
Foto : Instagram @borassaem

IntipSeleb – Siapa bilang menyukai hal-hal berbau Korea itu tidak ada gunanya? Banyak orang yang melabeli para pecinta KPop atau Kpoper sebagai orang-orang halu.

Siapa sangka, ternyata kecintaan terhadap Korea Selatan bisa menghasilkan sesuatu yang berguna bahkan berdampak bagi masa depanmu, lho.

Bagi penggemar Korea di Indonesia, nama Borassaem tentu sudah tidak asing lagi. Pemilik nama asli Debora Gabriella itu memiliki karier yang sejalan dengan hobinya terhadap hal-hal berbau Korea.

Lantas, siapa sih Borassaem? Yuk simak penjelasan selengkapnya tentang sosok Borassaem dan tips lancar bahasa Korea ala Borassaem agar bisa menjadi translator KPop seperti dirinya!

Siapa Itu Borassaem?

Borassaem diketahui telah menyukai hal-hal berbau Korea sejak menonton drama Korea Boys Before Flower dan mendengarkan lagu dari boyband Super Junior. Dari situlah, ia tergerak untuk belajar bahasa Korea secara otodidak.

Ia memanfaatkan internet dengan sebaik mungkin untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa Koreanya. Tak sampai di situ, ia juga mengasah kemampuannya dengan cara berkomunikasi langsung dengan native speaker yang ia temui saat berkuliah di UI.

Fasih berbahasa Korea, Borassaem pun membuat akun belajar bahasa Korea, baik itu di Instagram, YouTube dan TikTok. Dari platform media sosialnya, ia mendapatkan banyak penggemar yang merasa terbantu dengan ilmu yang ia bagikan.

Dari kemampuannya berbahasa Korea, Borassaem juga pernah mendapatkan kesempatan untuk menjadi translator KPop, lho, tepatnya saat konser MAMAMOO pada tahun 2019 lalu dan mewawancarai Han Seungwoo VICTON tahun 2021.

Tips Lancar Bahasa Korea ala Borassaem

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk menjadi translator KPop seperti Borassaem, kamu perlu belajar bahasa Korea terlebih dahulu sebagai bekal utamanya. Berikut ini 5 tips lancar bahasa Korea ala Borassaem yang bisa kamu terapkan dilansir dari kanal YouTube Borassaem pada Senin, 29 Januari 2024.

1. Kuasai Huruf Korea Atau Hangul

Kamu harus kuasai hangul terlebih dahulu. Saat ini, sudah banyak sumber di internet secara terpercaya yang menyajikan hangul chart atau tabel hangul yang bisa kamu cetak untuk dihafalkan.

Tak berhenti hanya di hafalan saja, kamu juga harus melatihnya secara terus-menerus. Sebab, jika kemampuan hangulmu tidak dilatih, maka kamu akan dengan mudah melupakannya.

Kamu bisa mencoba menuliskan namamu dengan hangul, kamu juga bisa menuliskan nama artis Korea idolamu. Selain itu, kamu juga bisa menulis ulang lirik lagu Korea kesukaanmu.

2. Menghafalkan Kosakata Bahasa Korea

Seperti diketahui, dalam mempelajari bahasa tentu kamu juga harus menghafalkan kosakata bahasa tersebut. Sebab, kosa kata akan mempermudahmu dalam berkomunikasi sehari-hari.

Kamu bisa mulai mencari kosakata berupa nama-nama barang menurut lokasinya, misalnya kosakata barang yang berkaitan dengan rumah, sekolah, dan lain sebagainya.

Setelah mencarinya dari berbagai sumber terpercaya, kamu bisa menghafalkannya. Setelah itu, cobalah gunakan dalam keseharianmu.

Untuk mempermudah proses menghafal kosakata, kamu juga bisa menempelkan sticky notes berisi nama benda dalam bahasa Korea di benda yang dimaksud.

Dengan demikian, setiap kali kamu melihat ke arah benda itu, kamu akan membaca istilahnya dalam bahasa Korea dan lama-kelamaan kamu akan hafal dengan sendirinya.

3. Mempelajari Tata Bahasa Korea

Ada baiknya, mempelajari tata bahasa Korea bersamaan dengan saat kamu mempelajari kosakata bahasa Korea. Sebab, dalam penggunaan kosakata, diperlukan formula dari aturan tata bahasa agar penggunaan kata yang kamu ketahui tepat.

Tidak melulu harus mengambil les atau kelas khusus yang berbayar, kamu juga bisa mempelajarinya secara gratis dari sumber-sumber terpercaya di internet. Namun, kamu perlu konsisten dan tekun agar kemampuan bahasa Korea yang kamu miliki terasah dengan baik.

4. Mengobrol dengan Native atau Orang Korea

Setelah memiliki bekal yang cukup untuk melakukan perbincangan dalam bahasa Korea, ini adalah saat yang tepat untuk mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu bisa mulai memberanikan diri untuk berbicara dengan orang Korea yang ada di sekitarmu. Dengan demikian, kemampuan speaking dan listening bahasa Koreamu akan teruji karena berhadapan langsung dengan penutur aslinya.

Tapi, jika tidak memungkinkan untuk bertemu dengan orang Korea di sekitarmu, kamu bisa mengunduh aplikasi seperti HelloTalk. Di aplikasi tersebut, kamu akan bertemu dengan orang-orang Korea yang juga sedang belajar bahasa Indonesia, sehingga memungkinkan untuk saling bertukar ilmu.

Selain itu, ada pula Meeff, aplikasi pertemanan yang terkadang juga digunakan sebagai aplikasi kencan bagi pemakainya. Kamu bisa memanfaatkan pertemenanmu dengan orang Korea untuk mengambil ilmu sebanyak-banyaknya terkait bahasa Korea.

5. Jangan Takut Salah

Salah satu hal yang membuat seseorang sulit berbahasa asing adalah karena takut salah. Kesalahan dalam berbahasa kadang membuat seseorang merasa malu dan takut mendapatkan penghakiman dari orang lain.

Padahal, kamu tidak perlu takut untuk melakukan kesalahan. Sebab, dengan melakukan kesalahan, akan ada pihak yang membetulkanmu, sehingga kamu bisa mendapatkan ilmu bahkan dari kesalahan yang kamu ucapkan.

Nah, itulah 5 tips lancar bahasa Korea ala Borassaem, khususnya buat kamu yang ingin mengikuti jejaknya dan bisa jadi translator KPop. Semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait