img_title
Foto : Freepik/ tirachardz

IntipSeleb – Seiring dengan berkembangnya teknologi dan media sosial, fitur live streaming kerap digunakan oleh online shop untuk memasarkan produknya. Dampaknya, muncul profesi baru yang terkait, yakni host live streaming.

Host live streaming sendiri merupakan orang yang bertugas memandu jalannya live shopping. Ia akan menunjukkan produk-produk yang dijual terkait detailnya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari calon pembeli.

Profesi sebagai host live streaming pun menjadi kian dilirik dan dibutuhkan. Namun, jika kamu tertarik untuk menjadikannya peluang karier, kamu perlu memahami apa yang diperlukan untuk menjadi host live streaming full time.

Dalam artikel ini akan dijelaskan definisi host live streaming dan perannya, serta cara jadi host live streaming fulltime yang dirangkum dari berbagai sumber.

Apa Itu Host Live Streaming?

Freepik/ studioredcup
Foto : Freepik/ studioredcup

Host live streaming adalah seseorang yang secara profesional melakukan aktivitas secara live di platform dengan tujuan menarik penonton. Di depan penonton live, host akan menjelaskan deskripsi soal produk yang dijual dan menjawab pertanyaan dari calon pembeli.

Interaksi antara host live streaming dan penontonlah yang akan mempengaruhi keputusan penonton untuk membeli sebuah produk atau tidak.

Tugas Host Live Streaming Full Time

Host live streaming full time dapat menyelesaikan banyak tugas tambahan di luar konten streaming mereka untuk melibatkan penonton dan membangun karier penuh waktu. Beriktu ini beberapa tugas yang harus dilakukan:

  1. Buat rencana untuk live
  2. Mengembangkan interaksi dengan pemirsa
  3. Menjangkau calon penonton untuk meningkatkan jumlah penonton
  4. Memikirkan cara mengalahkan streaming dari pesaing
  5. Memasarkan stream ke penggemar
  6. Membangun persona online melalui berbagai platform streaming dan media sosial
  7. Mengedit konten yang mencerminkan tren terkini
  8. Menjawab pertanyaan dan kekhawatiran penonton

Syarat Jadi Host Live Streaming

Jika kamu tertarik menjadi host live streaming dari sebuah perusahaan atau online shop, kamu perlu memenuhi persyaratan umum sebagai berikut:

  1. Minimal pendidikan SMA/ SMK atau setara
  2. Memiliki skill komunikasi yang baik
  3. Memiliki kemampuan social media marketing
  4. Ramah dan komunikatif
  5. Bersedia bekerja sesuai target
  6. Berpenampilan menarik
  7. Kreatif
  8. Jujur dan bisa bekerja dengan tim
  9. Memiliki pengalaman sebagai host, presenter atau posisi serupa

Cara Jadi Host Live Streaming

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Jika kamu tertarik untuk mencari peluang karier di bidang ini, berikut ini 4 cara jadi host live streaming penuh waktu yang bisa kamu lakukan:

1. Menentukan Ingin Jadi Host Live Streaming di Bidang Apa

Langkah pertama untuk memulai karier sebagai host live streaming atau streamer adalah menentukan topik yang diinginkan, entah itu game atau peluang lainnya seperti live streamer online shop.

Sebaiknya, kamu memilih bidang yang kamu kuasai. Sebab, saat melakukan live dan berinteraksi dengan penonton kamu akan lebih menguasai.

Jika kamu ingin menjadi host live streaming online shop, kamu perlu mengetahui detail-detail dari setiap produk yang kamu jual agar bisa menjawab seluruh pertanyaan calon pembeli dan membuat mereka yakin untuk membelinya.

2. Mempersiapkan Peralatan yang Relevan

Setelah memilih jenis streaming, kamu bia mempersiapkan perlengkapan yang relevan untuk live streamingmu. Jika kamu ingin menjadi streamer video game, pertimbangkan untuk membeli konsol yang kamu inginkan.

Untuk berinteraksi dengan pemirsa, pertimbangkan untuk membeli headset sehingga dapat berbicara saat streaming, kamu juga bisa membeli kamera eksternal sehingga penonton dapat melihatmu selama streaming.

Jika kamu melakukan live shopping, kamu perlu mempersiapkan perlatan tambahan yang dapat membantu jalannya siaran langsung. Jangan lupa untuk memastikan jaringan internet yang stabil agar bisa terhubung dengan penonton tanpa putus-putus.

3. Memilih Platform yang Akan Digunakan

Setelah mempersiapkan peralatan yang relevan, kamu bisa membuat akun streaming untuk mulai terhubung dengan penggemar. Berdasarkan kebutuhanmu, ada banyak opsi platform online yang menawarkan akun gratis dan peluang untuk terhubung dengan audiens bawaan.

Kamu juga bisa menggunakan lebih dari satu platform sekaligus. Pertimbangkan untuk memilih platform yang kamu rasa nyaman untuk digunakan. Ini juga dapat membantu untuk meneliti platform mana yang digunakan oleh streamer serupa sebelum memilihnya.

Bagi online shop, kamu bisa memilih platform media sosial atau online shopping mana yang paling memungkinkan untuk melakukan live. Atau, kamu bisa juga menjadwalkan secara bergantian untuk melakukan live di media sosial dan platform jual beli online lainnya.

4. Bangun Basis Penggemar

Sebagai streamer, kamu harus meningkatkan jumlah penonton sebanyak mungkin. Kamu dapat melakukannya dengan membuat konten yang menyenangkan sehingga disukai oleh audiens.

Kamu juga dapat membangun basis penggemar dengan meningkatkan keterampilanmu dalam topik streaming pilihanmu dan mengembangkan sudut pandang unik yang dapat menarik pemirsa.

Misalnya, iika kamu melakukan live streaming memasak, kamu bisa menciptakan identitas dengan mengembangkan hidangan yang unik dan dramatis atau berfokus pada jenis makanan tertentu.

Namun, jika kamu adalah host live streaming online shop, kamu mungkin bisa membuat ciri khas tersendiri dalam setiap live-mu agar lebih menarik perhatian penonton.

Nah, demikianlah serba-serbi profesi host live streaming, mulai dari definisi host live streaming dan tugas host live streaming, syarat jadi host live streaming serta cara jadi host live streaming. Semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait