img_title
Foto : Instagram @tasyafarasya

IntipSeleb – Pesatnya perkembangan industri kecantikan secara otomatis membuka banyak peluang karier di bidang tersebut. Profesi yang bisa dijajaki pun sangat beragam dan menarik untk dicoba.

Seperti diketahui, industri kecantikan merupakan salah satu industri yang banyak dilirik saat ini, sehingga orang berlomba-lomba untuk terjun di dalamnya.

Tapi jangan khawatir, ada banyak bidang yang bisa kamu coba. Oleh sebab itu, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu berbagai peluang karier di industri kecantikan yang akan membantumu untuk menentukan profesi mana yang bisa kamu pilih.

Nah, dalam artikel ini, akan dibahas sederet peluang karier di industri kecantikan yang perlu diketahui, khususnya untuk kamu yang memiliki passion di bidang beauty seperti Tasya Farasya hingga Bubah Alfian!

1. MUA (Makeup Artist)

IntipSeleb
Foto : IntipSeleb

Peluang karier di industri kecantikan yang pertama adalah MUA atau makeup artist. MUA sendiri merupakan profesi seseorang yang berperan penting dalam menciptakan seni kecantikan bagi penampilan seseorang, khususnya di riasan wajah.

Untuk menjadi MUA andal seperti Bubah Alfian, kamu bisa memulainya secara otodidak atau mengikuti berbagai kursus. Jika kamu memiliki budget lebih, kamu juga bisa meminta kursus langsung dari MUA Indonesia kenamaan yang membuka kelas.

Meski terlihat sepele, MUA dituntut untuk selalu paham dengan tren kecantikan up to date dan memiliki ketelitian yang besar saat merias klien-kliennya.

2. Beauty Vlogger

Peluang karier di industri kecantikan kedua adalah sebagai beauty vlogger. Bagi kamu pecinta makeup, kamu tentu sudah mengenal nama-nama seperti Tasya Farasya, Suhay Salim, hingga Abel Cantika.

Selain harus memiliki passion di dunia kecantikan, beauty vlogger juga menjadi salah satu profesi yang sangat cocok untuk kamu yang gemar tampil di depan layar.

Kamu bisa membuat konten menarik seperti tutorial makeup tematik, review produk makeup dan skincare atau konten-konten menarik lainnya untuk diunggah di kanal YouTube pribadimu.

Meski dianggap sepele, menjadi beauty vlogger juga tidak semudah itu, lho. Jika kamu pemula, kamu mungkin harus merogoh kocek untuk membeli produk-produk sendiri. Belum lagi jika ada produk yang tidak cocok dan memberikan efek samping di kulitmu, kamu harus siap siaga mengembalikan kondisi kulitmu.

3. Beauty Writer

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Berbeda dengan beauty vlogger yang menggunakan media video, beauty writer menggunakan media tulisan, baik itu di media cetak, blog pribadi, atau media online.

Untuk menjadi seorang beauty writer, kamu harus memiliki pasion dan pengetahuan yang cukup di bidang kecantikan. Selain itu, kamu juga dituntut memiliki kemampuan menulis yang baik.

Sebagai beauty writer, kamu harus bisa mengemas sebuah artikel secara informatif dengan tata bahasa yang baik dan mudah dipahami pembaca.

4. Beautypreneur

Peluang karier di industri kecantikan lainnya adalah menjadi beautypreneur atau pebisnis kosmetik. Mengingat kecantikan menjadi satu hal yang tak hanya diminati tapi juga dibutuhkan.

Tak heran, peluang ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang memiliki jiwa bisnis untuk membuat produk-produk kecantikan sesuai minat dan kebutuhan pasar.

Nah, jika kamu memang memiliki passion di industri kecantikan, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk menyalurkan ide dan keinginanmu untuk membuat brand kecantikanmu sendiri.

Tapi perlu diketahui, menjadi beautypreneur bukanlah sesuatu yang mudah. Membangun bisnis memerlukan riset, konsistensi dan pengetahuan yang luas dalam dunia bisnis dan kecantikan. Selain itu, beautypreneur juga membutuhkan modal dan nyali yang besar.

5. Hair Stylist

Industri kecantikan tidak hanya melulu pada makeup dan skincare, tapi juga rambut. Pasti banyak di antara para wanita pernah potong rambut di salon, pun dengan artis-artis yang selalu memperhatikan penampilannya.

Jika kamu tertarik, hair stylist juga bisa menjadi peluang karier di industri kecantikan yang menarik untuk dijajaki, lho. Kamu bisa memulai dengan mengikuti beberapa kursus atau belajar sendiri secara otodidak.

Sebagai hair stylist, kamu akan bekerja menata rambut klien, menggunting rambut, coloring, dan masih banyak lagi pekerjaan lainnya.

6. Dokter Kecantikan

Freepik/ prostooleh
Foto : Freepik/ prostooleh

Peluang karier di industri kecantikan lainnya adalah menjadi dokter kecantikan atau dokter estetika. Dokter kecantkan biasanya bertugas untuk menangani masala seputar kecantikan. Mulai dari memberi konsultasi hingga memberikan tindakan untuk memperbaiki penampilan fisik pada pasien, sesuai dengan keahlian.

Untuk menjadi dokter kecantikan, kamu harus menjalani pendidikan formal dan pelatihan tersertifikasi oleh lembaga resmi. Jadi tidak bisa sembarangan, ya.

Nah, itulah sederet peluang karier di industri kecantikan yang bisa banget dicoba buat kamu yang memiliki passion di bidang beauty. Semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait