img_title
Foto : Freepik/ DC Studio

IntipSeleb – Di era teknologi dan media sosial yang masif seperti saat ini, banyak orang yang terdorong untuk menjadi konten kreator. Hal utama yang terpikirkan selanjutnya adalah skill konten kreator yang wajib dimiliki.

Menurut studi Adobe pada tahun 2022 lalu, lebih dari 165 juta orang memasuki industri konten kreator secar aglobal dalam dua tahun sebelumnya. Studi lain menyebutkan bahwa hampir sepertiga anak-anak berusia 11 hingga 16 tahun mengatakan mereka ingin menjadi influencer media sosial ketika mereka besar nanti.

Jadi, jika kamu bercita-cita atau mencari peluang karier terkait konten kreator, entah itu vlogger, podcaster, TikToker, atau peluang karier konten kreator lainnya, kamu perlu mempersiapkan diri untuk meningkatkan skill secara profesional.

Berikut ini skill konten kreator yang akan membantu memulai kariermu di industri digital dan pembuatan konten dan menjadi lebih profesional.

Hard Skill Konten Kreator

Freepik/ DC Studio
Foto : Freepik/ DC Studio

Hard skill memungkinkanmu melakukan hal-hal seperti menulis, mendesain, merekam, hingga mengedit, baik itu video, gambar, grafik dan lainnya. Kamu dapat mempelajari skill ini melalui sertifikasi, kursus, pelatihan, atau otodidak.

1. Videografi dan Fotografi

Seperti kata pepatah, sebuah gambar dapat menyampaikan ribuan kata, dan komunikasi visual telah menjadi mata uang budaya digital kita yang serba cepat. Dari postingan Instagram, video TikTok, YouTube, hingga layanan streaming, permintaan akan konten semacam ini sangat besar dan terus meningkat.

Maka dari itu, skill konten kreator yang wajib dimiliki adalah kemampuan fotografi dan videografi. Skill ini tentu berguna untuk menghasilkan karya-karya yang berkualitas.

Konten visual yang berkualitas rendah akan mematikan audiensmu dan mencerminkan pesan atau brand-mu dengan buruk. Mempelajari cara menghasilkan gambar dan video tingkat profesional dapat meningkatkan dampak kontenmu dan membantumu menonjol dari yang lain.

2. Menulis dan Storytelling

Semua konten yang hebat dimulai dengan sebuah cerita, dan mempelajari dasar-dasar penulisan dan penceritaan yang menarik adalah skill konten kreator yang sangat penting untuk dimiliki.

Apa pun format atau platform yang kamu pilih untuk kontenmu, mengembangkan dan mengasah keterampilan ini dapat memberikan keuntungan besar dalam kariermu.

3. Membuat Konten

Menjadi konten kreator berarti membuat konten untuk dikonsumi banyak orang melalui media apa pun. Ada berbagai jenis konten, mulai dari postingan blog hingga eBook, podcast, video, infografis, dan lainnya.

Setiap jenis konten merupakan media alternatif yang dapat digunakan konten kreator untuk mengekspresikan idenya melalui sarana digital.

Jadi, skill yang harus dimiliki konten kreator selanjutnya adalah mengetahui cara membuat konten video yang menarik, mengedit, dan mengunggah video ke platform pilihannya. Untuk mengembangkan konten audio bagi audiensnya, pembuat podcast harus fasih dan komunikatif.

Keterampilan pembuatan kontenmu adalah apa yang kamu hadirkan. Tanpanya, kamu bukanlah seorang konten kreator sesungguhnya.

4. Audio

Audio yang bagus tidak lagi hanya untuk lagu atau perjalanan saat berkendara. Podcast adalah salah satu sektor konten dengan pertumbuhan tercepat saat ini.

Musik dan suara juga merupakan bagian besar dari kesuksesan viral dari banyak video TikTok dan konten serupa di platform media sosial lainnya. Mengembangkan keterampilan produksi audio yang solid adalah skill konten kreator yang perlu dimiliki.

5. SEO dan Strategi Konten

Berkat internet, kamu dapat mengakses miliaran gambar, video, podcast, situs web, dan postingan media sosial kapan pun dan di mana pun dengan gratis.

Banyaknya konten ini merupakan kabar baik bagi konsumen dan juga baik bagi para pembuat konten—namun, hal ini juga menghadirkan tantangan yang berat. Bagaimana kamu memastikan kontenmu diperhatikan? Apa yang dapat kamu lakukan untuk menarik audiens yang tepat? Bagaimana kamu menghasilkan keuntungan?

Jawabannya adalah memiliki strategi konten yang tepat. Ini artinya, memahami prinsip-prinsip penyampaian cerita dan target audiens, mencari tahu kanal dan strategi terbaik untuk distribusi konten, serta memanfaatkan optimasi mesin pencari (SEO) dan analisis data untuk mengevaluasi kinerja konten.

Tak heran, skill yang wajib dimiliki konten kreator selanjutnya adalah SEO. Jangan mencurahkan seluruh energimu untuk membuat konten yang bagus, hanya untuk melihatnya gagal karena strategi yang buruk.

6. Marketing

Marketing atau pemasaran adalah kegiatan mempromosikan dan menjual produk atau jasam termasui riset pasar dan periklanan. Ini adalah aspek penting dari hampir semua aktivitas ekonomi yang didorong oleh konsumen.

Jika tujuanmu adalah menjadi konten kreator profesional, memiliki pemahaman dasar tentang cara kerja marketing dapat memberikan keuntungan. Jadi, skill konten kreator yang penting dimiliki adalah marketing.

Soft Skill Konten Kreator

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Dengan hard skill, kamu bisa menjadi seorang konten kreator. Namun soft skill akan membawa kariermu ke level selannjutnya. Di antara soft skill yang wajib dimiliki konten kreator adalah:

7. Kecepatan Adaptasi dan Otodidak

Industri pembuatan konten bergerak sangat cepat. Tren datang dan pergi silih berganti, cara orang berinteraksi dengan konten berubah, dan teknolohi berkembang. Konten kreator digital harus memiliki banyak akal agar tetap relevan.

Akan ada hal-hal yang mengganggu di sekitarmu, dan itu mungkin akan sangat mengganggu. Namun untuk menjadi pembuat konten yang sukses, kamu harus belajar mengabaikan gangguan dan fokus pada tujuanmu. Kamu harus mengembangkan fokusmu jika ingin memahami sesuatu dengan cepat.

8. Networking

Bagaimana cara menjadi konten kreator yang suksea? Networking. Ini adalah soft skill yang paling penting untuk bisa berhasil di industri ini. Basis klien dan audiens sangat penting untuk mencari nafkah. Untuk menarik keduanya, kamu harus menghadiri konferensi, bergabung dengan komunitas profesional yang berpikiran sama, dan membangun hubungan.

9. Mendengarkan

Skill konten kreator lainnya yang kamu perlukan adalah mendengarkan. Sebagai konten kreator, semakin kamu memperhatikan, kamu akan semakin mendapatkan informasi.

Saat kamu memperhatikan audiens, kamu memahami kebutuhan mereka dengan lebih baik dan membuat konte yang secara aktif menjawab atau melibatkan mereka.

Sedangkan saat kamu mendengarkan klien, kamu mempelajari kebutuhan mereka dan bagaimana kamu dapat memuaskan mereka dengan cara yang membuat mereka datang kembali.

10. Mengorganisasi dan Manajemen Waktu

Skill yang harus dimiliki konten kreator lainnya adalah kemampuan mengorganisasi dan manajemen waktu. Kemampuan mengatur waktu dan bekerja secara efisien akan membawa kesuksesan bagimu sebagai konten kreator.

Sebagai pencipta karya digital, kamu cenderung bekerja dari mana saja menggunakan alat yang berbeda. Untuk mempermudahnya, kamu haru smengatur alat dan file dengan cukup baik sehingga kamu tahu di mana menemukannya saat kamu membutuhkannya.

Selain itu, kamu juga harus belajar mengatur waktu dan memprioritaskan tugas. Ini akan memastikan pengiriman proyekmu tepat waktu.

11. Tahu Kapasitas Diri

Proses pembuatan konten mungkin akan sangat membosankan dan melelahkan. Itu membutuhkan banyak kekuatan otak. Kuncinya adalah mengenal tubuhmu dan mengetahui kapan kamu perlu beristirahat.

Kebanyakan pekerja lepas merasa kelelahan karena mereka bekerja terlalu banyak tanpa mengisi ulang tenaga. Jika dipaksakan secara terus-menerus, bukan tidak mungkin ia akan merasa burnout dan berujung stres.

Jadi, apakah kamu siap menjadi konten kreator digital yang sukses? Jika ya, skill konten kreator yang wajib dimiliki di atas perlu kamu perhatikan. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait