img_title
Foto : Instagram @dita.karang_new

IntipSelebIndustri hiburan Korea menjadi salah satu yang paling diminati di era Hallyu Wave atau Korean Wave yang semakin masif. Seperti diketahui, popularitas Korea sudah mendunia, mulai dari musik KPop, drama Korea hingga film.

Rupanya, ketertarikan banyak orang dengan industri hiburan Korea tak hanya sebatas sebagai penikmat saja, melainkan juga memunculkan keinginan untuk terjun di dalamnya.

Walaupun terlihat mustahil bagi orang-orang asing yang bukan berasal dari Korea, cita-cita menjadi idol Korea ternyata bisa diwujudkan, lho. Dari Indonesia misalnya ada Dita Karang yang sukses menjadi personel idol grup Secret Number.

Kesuksesan Dita Karang di industri entertainment Korea Selatan membuktikan bahwa kamu pun juga berpeluang untuk terjun di industri itu dan menjadi idol Korea. Tapi, bagaimana cara jadi idol Korea?

Seperti diketahui, modal utama untuk menjadi artis Korea adalah skill. Kamu harus mempunyai keterampilan, misalnya menyanyi, menari, atau akting. Selain itu, kamu juga dituntut memiliki penampilan yang menarik, attitude yang baik, serta memenuhi persyaratan lainnya.

Cara Jadi Artis Korea untuk Orang Asing

Nah, buat kamu yang memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi idol Korea, tak ada salahnya jika kamu mencoba sederet cara menjadi artis Korea berikut ini.

1. Kembangkan Skill

Cara menjadi idol Korea yang pertama adalah dengan meningkatkan skill dan keterampilanmu. Jika kamu ingin terjun ke dunia entertainment, modal rasa percaya diri saja tentu tidak akan cukup.

Kamu juga perlu memiliki keterampilan untuk ditunjukkan kepada publik. Mengingat cita-citamu sebagai artis, maka kamu harus memiliki minimal satu dari beberapa skill selebritis pada umumnya, seperti menyanyi, akting, menari, rap, dan lainnya.

Namun, jika kamu merasa belum mempunyai skill yang menonjol. Jangan berkecil hati dulu. Kamu juga bisa, lho, mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Ada beragam dance class, les vokal, atau kelas akting yang bisa kamu ikuti.

Dari kelas-kelas yang kamu ikuti, mungkin kamu akan mengetahui bakat apa yang sebenarnya ada dan terpendam dalam dirimu. Dan kelas-kelas itu akan membantumu mengasah kemampuanmu sampai mahir.

2. Belajar bahasa dan budaya Korea

Cara jari idol Korea selanjutnya adalah mengetahui budaya dan bahasa Korea. Hal ini penting dilakukan sebab tujuanmu adalah menjadi artis di Korea. Pemahaman akan bahasa dan budaya Korea akan membantu dalam banyak hal. Selain itu, kemampuan berbahasa dan budaya Korea yang baik menjadi wujud penghormatanmu kepada negara tempatmu bekerja dan berkarya.

Selain itu, jika kamu hendak melakukan audisi atau mencari peluang karier di Korea, tentu kamu akan bertemu dengan orang-orang asal Korea. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan kamu juga akan tinggal di sana dalam waktu yang lama. Kemampuan bahasa Korea akan membantumu berkomunikasi dengan lebih baik.

Selain belajar bahasa Korea, mempelajari budaya Korea juga penting, lho. Seperti diketahui, setiap negara memiliki adat dan kebudayaan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, mempelajari budaya Korea akan sangat membantu jika kamu ingin mengikuti audisi untuk jadi artis Korea.

3. Jaga Penampilan

Cara jadi idol Korea lainnya yang penting diperhatikan adalah penampilan. Tak bisa dipungkiri, penampilan adalah salah satu modal di industri hiburan. Penampilan seseorang menjadi salah satu alasan utama diidolakan.

Penampilan yang menarik juga tidak hanya sebatas pada wajahnya saja, tapi juga penampilan fisik lainnya, seperti badan, rambut dan selera fashion yang bagus.

4. Mengikuti Audisi

Cara jadi artis Korea selanjutnya adalah dengan mengikuti audisi. Jika kamu benar-benar ingin menjadi idol Korea, kamu harus pintar mencari peluang karier untuk dirimu sendiri.

Berbagai macam audisi yang biasanya digelar oleh agensi Korea bisa membuka kesempatan bagimu untuk menampilkan bakat yang berpotensi untuk dikembangkan lebih besar lagi di industri hiburan.

Agensi-agensi entertainment besar di Korea Selatan, seperti misalnya JYP Entertainment, YG Entertainment, SM Entertainment, dan HYBE Entertainment tidak hanya mencari bakat di Korea saja, lho, tapi juga di negara-negara lain termasuk Indonesia.

Kamu harus aktif mencari informasi, jadwal dan syarat serta ketentuan apa yang diperlukan untuk bisa mengikuti audisi agensi Korea. Jika kamu bersungguh-sungguh, bukan tidak mungkin akan ada agensi Korea yang melirikmu.

5. Perluas Koneksi Melalui Akademi

Kamu juga bisa masuk ke agensi entertainment Korea melalui akademi yang mempersiapkanmu menjadi seorang idol Korea. Akademi akan fokus pada pelatihan tari dan vokal.

Jika sebuah akademi memiliki koneksi yang kuat dengan agensi, mereka akan merekomendasikan siswa berbakat ke agensi tersebut untuk diorbitkan. Atau, bisa jadi agensi akan menghubungi pihak akademi setelah menyaksikan video evaluasi siswa yang diunggah.

Selain itu, dalam kasus akademi besar, perwakilan agensi dapat mengunjungi akademi tersebut untuk mengadakan audisi. Tingkat persaingan lebih rendah pada audisi privat yang diadakan di akademi, jadi peluang untuk menjadi peserta pelatihan sedikit lebih tinggi.

Nah, itulah sederet cara menjadi idol Korea yang bisa kamu lakukan jika kamu mencari peluang karier di industri hiburan di Korea Selatan. Perlu diketahui, cita-cita yang besar perlu dijemput dengan usaha yang besar pula. Tetap semangat dan semoga bermanfaat!

Topik Terkait