img_title
Foto : Berbagai Sumber

Yogyakarta – Jika mendatangi suatu daerah tentu sangat direkomendasikan untuk mencicipi berbagai hidangan kuliner lokalnya, termasuk ketika berkunjung ke Jogja.

Selain dikenal dengan pesona wisata alamnya, Jogja juga menjadi kota yang cocok untuk dijadikan destinasi wisata kuliner karena menghadirkan beragam jenis hidangan lezat.

Intip yuk 5 kuliner lokal yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Jogja melalui ulasan di bawah ini, scroll scroll!

1. Soto Kadipiro

Soto Kadipiro menjadi comfort food lokal yang cocok untuk dimakan dalam berbagai suasana. Semangkuk soto yang tampak sederhana ini sukses menggoyang lidah mengunjung lewat kaldunya yang gurih.

Menyantap Soto Kadipiro bisa sambil ditemani dengan hidangan penpamping lainnya seperti tempe goreng serta perkedel.

2. Tengkleng Gajah

Pecinta tengkleng tentu harus menyempatkan waktu untuk makan di Tengkleng Gajah yang ada di Jogja. Dinamakan Tengkleng Gajah karena porsinya yang banyak, sementara itu untuk daging olahannya menggunakan daging kambing.

Di Tengkleng Gajah menyediakan berbagai jenis olahan tengkleng seperti tengkleng tongseng dan tengkleng goreng.

3. Sate Ratu

Sate Ratu tidak hanya terkenal di kalangan wisatawan lokal saja namun juga sering kali didatangi wisatawan mancanegara.

Tempat makan sate yang sudah berdiri sejak 8 tahun lalu ini menghadirkan hidangan utama berupa sate dengan potongan daging yang besar dan dilumuri bumbu khas Sate Ratu.

4. Gudeg Yu Djum

Kurang lengkap rasanya berkunjung ke Jogja jika tidak mampir menikmati hidangan khasnya yakni gudeg. Salah satu tempat makan gudeg populer yang bisa didatangi ialah Gudeg Yu Djum.

Gudeg Yu Djum menyajikan berbagai menu pendamping lainnya, serta bisa dijadikan oleh-oleh dari Jogja.

5. Mangut Lele Mbah Marto

Beralih ke hidangan ikan, di Jogja ada warung makan otentik bernama Mangut Lele Mbah Marto yang tentu saja sudah tidak asing di telinga karena sering kali didatangi para foodvlogger hingga masuk ke program televisi.

Di Mangut Lele Mbah Marto menyediakan menu utama ikan lele yang dimasak mangut dengan cita rasa perpaduan gurih pedas dan tentunya menyegarkan.

Itu tadi deretan kuliner lokal di Jogja, jangan lupa dicoba ya. (bbi)

Topik Terkait