img_title
Foto : The Honeycombers

IntipSeleb – Bali merupakan salah satu destinasi wisata impian bagi banyak orang. Baik itu wisatawan lokal hingga wisatawan asing kerap menjadikan Bali sebagai tujuan mereka untuk berlibur dari kepenatan rutinitasnya sehari-hari.

Dijuluki sebagai Pulau Dewata, Bali menawarkan lanskap yang menarik dan lengkap. Selain itu, kekayaan budayanya yang sangat kental juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Beragam kekayaan pemandangan alam dan budaya di Pulau Dewata terkadang membuat banyak orang bingung untuk memilih ke mana mereka harus menghabiskan waktu liburannya.

Maka dari itu, tips liburan ke Bali diperlukan bagi calon wisatawan yang hendak berkunjung ke Pulau Dewata dan cara menghitung budget liburan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mengetahui tips liburan ke Bali dan rekomendasi tempat wisata di Bali, yuk scroll lebih lanjut untuk mengetahui selengkapnya!

Tips Liburan ke Bali

MSIG Indonesia
Foto : MSIG Indonesia

Bali dikenal dengan keindahan alam dan kekayaan budaya. Jadi, tak heran bila Bali selalu menjadi destinasi impian bagi para wisatawan. Jika kamu berniat untuk healing di Bali, simak tips liburan ke Bali berikut ini.

1. Menyusun Itinerary

Tips liburan ke Bali yang pertama adalah menyusun itinerary atau perencanaan perjalanan. Itinerary mencakup waktu keberangkatan, transportasi yang digunakan, durasi waktu liburan, tempat wisata yang akan dituju hingga akomodasi selama di tempat tujuan.

2. Menyiapkan Barang Secukupnya

Tips liburan ke Bali selanjutnya adalah mempersiapkan barang sesuai kebutuhan. Jika kamu hendak berkunjung ke pantai, pastikan membawa pakaian dengan bahan serat alami agar kamu tidak kepanasan. Tapi, jika kamu hendak ke pegunungan atau tempat-tempat yang dingin, siapkan jaket dan baju hangat yang cukup agar tubuh tetap terjaga.

3. Tentukan Waktu Liburan yang Tepat

Menentukan waktu liburan adalah faktor penting yang tidak boleh diabaikan. Hal ini perlu dilakukan agar kamu bisa menikmati waktu liburan dengan nyaman dan semaksimal mungkin. Pastikan juga musim apa yang sedang berlangsung di tanggal yang kamu pilih agar kamu bisa memprediksi kondisi.

Waktu terbaik liburan ke Bali sendiri berkisar antara bulan Mei hingga Oktober. Sebab, pada bulan tersebut, Bali jarang diguru hujan dan matahari juga tidak terlalu panas. Cuaca yang tepat untuk bersantai di tepian pantai menikmati hamparan pasir dan ombak yang bergulung-gulung.

Selain itu, mencari waktu yang tepat untuk liburan ke Bali juga penting diperhatikan, terlebih jika kamu ingin menyaksikan festival-festival budaya di Pulau Dewata Bali. Di sana, kamu bisa menyaksikan langsung nuansa kebudayaan yang kental dan bisa menyatu dengan masyarakat Bali. Itu adalah salah satu kenikmatan dalam perjalanan liburan.

4. Memesan Tiket dan Hotel Jauh-jauh Hari

Tips liburan ke Bali selanjutnya adalah memesan tiket dan penginapan sejak jauh-jauh hari. Hal ini penting untuk mengantisipasi kehabisan tiket. Lagipula, biasanya harga tiket dan penginapan kerap melonjak saat masa liburan. Untuk menghindari itu, sebaiknya pesanlah tiket dan hotel sedini mungkin. Jangan khawatir, kamu bisa memesan keduanya secara online.

5. Pertimbangkan untuk Sewa Kendaraan

Untuk menikmati pemandangan alam Bali yang indah secara lebih puas, ada baiknya kamu menyewa kendaraan pribadi. Kamu bisa memilih rental kendaraan sesuai dengan budgetmu agar pengeluaran tidak membengkak. Tapi, perlu diperhatikan juga kondisi kendaraan yang kamu sewa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Menjunjung Adat Setempat

Pulau Dewata dikenal di mata dunia sebagai tempat yang sangat menjunjung tinggi budaya. Maka dari itu, jika kamu ingin berkunjung ke sana kamu juga harus menghormati adat dan budaya setempat. Misalnya, ketika berkunjung ke Pura, kenakan pakaian yang sopan, bersikaplah santun dan hargai peraturan yang ditetapkan masyarakat setempat.

7. Eksplor Kuliner Bali

Liburan ke Bali rasanya kurang lengkap kalau tidak menyantap kuliner khas Bali. Ragam makanan Bali seperti sate lilit, bebek betutu, nasi jinggo, dan lainnya sayang sekali jika tidak dieksplorasi. Tapi, kamu perlu mengetahui kehalalan dari makanan Bali yang hendak kamu santap.

Bayangkan betapa nikmatnya menyantap hidangan yang lezat dengan hamparan pemandangan yang menyejukkan.

8. Beli Cinderamata di Pasar Tradisional Bali

Sudah jauh-jauh ke Bali, sayang sekali rasanya jika tidak membeli cinderamata khas Bali sebagai oleh-oleh. Sebenarnya, di setiap objek wisata kamu bisa menemukan cinderamata khas Bali dengan mudah. Sayangnya, harga yang ditawarkan biasanya cenderung lebih mahal.

Jika budget liburan ke Bali yang kamu siapkan terbatas, kamu bisa mengunjungi pasar tradisional di Bali untuk mencari oleh-oleh yang kamu inginkan, salah satu rekomendasi pasar tradisional Bali yang bisa kamu kunjungi untuk membeli cinderamata, yaitu Pasar Sukowati.

Cara Menghitung Budget Liburan ke Bali

TripCanvas Indonesia
Foto : TripCanvas Indonesia

Biaya untuk liburan ke Bali cukup bervariasi. Kamu bisa menikmati liburan hemat ala backpacker hingga liburan mewah dengan tarif yang menguras kantong. Hal itu tergantung berapa banyak objek wisata yang dikunjungi, transportasi yang digunakan, penginapan, dan masih banyak lagi. Berikut ini cara menghitung budget liburan ke Bali.

1. Transportasi Berangkat dan Pulang

Ada dua jalur transportasi untuk menuju ke Bali, yaitu darat-laut dan darat-udara. Jika budgetmu pas-pasan sedangkan durasi liburanmu cukup lama, kamu disarankan menggunakan transportasi jalur darat-laut.

Akan tetapi, jika kamu hanya memiliki waktu yang singkat dan ingin memaksimalkan waktu, maka transportasi darat-udara disarankan. Untuk menekan biaya, kamu bisa memesan tiket pulang-pergi dari jauh-jauh hari dan rajin-rajinlah mencari promo.

2. Penginapan

Ada banyak penginapan yang tersedia di Bali, mulai dari yang terjangkau hingga hotel atau villa bintang lima dengan fasilitas mewah. Sebaiknya, pilih penginapan yang tidak jauh dengan tempat wisata yang hendak dikunjungi. Sesuaikan juga harga penginapan dengan budget yang kamu siapkan.

3. Biaya Makan

Bali menawarkan beragam tempat makan dengan range harga yang berbeda-beda. Di Bali, kamu bisa menemukan warung makan biasa atau kedai yang harganya kaki lima hingga restoran mewah yang menguras kantong. Kamu bisa menyesuaikan biaya makan selama di Bali sesuai dengan budgetmu.

4. Transportasi Selama di Bali

Jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi dan ingin mengeksplorasi Bali lebih dalam lagi, menyewa kendaraan adalah solusinya. Harga sewa kendaraan di Bali pun beragam. Jika kamu ingin menyewa motor, biaya yang perlu kamu siapkan kurang lebih Rp60 ribu – Rp350 ribu. Tapi, jika kamu menyewa mobil, biaya yang perlu kamu siapkan sekitar Rp400 ribu ke atas.

5. Objek Wisata

Objek wisata di Bali sangat beragam, ada yang berbayar tapi ada pula yang gratis. Untuk berhemat, kamu bisa mengunjungi keduanya. Jangan lupa untuk memperhitungkan pengeluaran biaya tiket saat menyusun itinerary agar tidak terjadi pembengkakan biaya.

Nah, itulah sederet tips liburan ke Bali yang patut kamu perhatikan sebelum merencanakan perjalananmu ke Pulau Dewata. Penting untuk memperhatikan tips-tips di atas, lengkap dengan cara menghitung budget ke Bali di atas agar liburanmu semakin menyenangkan dan healingmu tak terlupakan. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait