img_title
Foto : Holidify

IntipSeleb – Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang kerap menjadi destinasi wisata, khususnya setiap kali liburan. Baik itu wisatawan lokal maupun asing, Jogja sering dijadikan tujuan liburan setelah segudang kesibukan dan rutinitas keseharian.

Dijuluki sebagai Kota Istimewa, Jogja menawarkan pemandangan alam yang memanjakan mata, mulai dari pegunungan hingga pantai, Jogja memiliki semuanya. Selain itu, kekayaan budaya Jogja yang sangat kental juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Beragam kekayaan alam dan budaya di Yogyakarta yang seolah tidak ada habisnya membuat banyak orang tertarik untuk kembali lagi dan lagi ke kota yang terkenal dengan gudeg dan bakpia tersebut.

Tips liburan ke Jogja diperlukan bagi para calon wisatawan yang hendak berkunjung ke kota ini agar liburan menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Selain itu, cara menghemat budget liburan juga sangat penting diperhatikan agar pengeluaranmu tidak membengkak.

Untuk mengetahui tips liburan ke Jogja dan cara menghemat budget liburan di Jogja, yuk scroll lebih lanjut untuk mengetahui selengkapnya!

Tips Liburan ke Jogja

YoExplore
Foto : YoExplore

Jogja dikenal dengan keindahan alam dan kekayaan budaya yang luar biasa. Jadi, tak heran bila Jogja selalu menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan. Jika kamu berniat untuk healing di Jogja, simak tips liburan di Jogja berikut ini.

1. Tentukan Waktu yang Tepat

Menjadi salah satu destinasi favorit untuk liburan, Jogja tentu akan padat merayap setiap kali musim libur tiba. Jika kamu baru pertama kali liburan ke Jogja, sebaiknya kamu menghindari peak season seperti ini. Pilihlah waktu yang sekiranya tidak akan terlalu ramai karena bukan musim liburan.

Mengapa menentukan waktu yang tepat penting untuk diperhatikan sebagai salah satu tips liburan ke Jogja? Sebab, Jogja akan lebih menyenangkan jika dinikmati tanpa harus berkerumun di tempat wisata atau bermacet-macet ria di jalanan. Tentu kamu tidak ingin waktu liburmu sia-sia, bukan?

Selain untuk efektivitas dan kenyamanan, liburan ke Jogja di luar peak season cenderung lebih hemat. Harga tiket transportasi dan hotel cenderung normal ketimbang saat musim liburan yang bisa meningkat pesat.

2. Pesan Tiket Jauh-jauh Hari

Tips liburan ke Jogja selanjutnya adalah memesan tiket dari jauh-jauh hari. Artinya, perencanaanmu juga sudah harus matang sejak sebelumnya, sehingga kamu tidak perlu ragu dalam membeli tiket transportasi dan hotel.

Membeli tiket dari jauh-jauh hari terbilang lebih murah dibandingkan jika memesan mendekati waktu keberangkatan. Jadi, pengeluaranmu pun tidak akan membengkak hanya karena kurangnya persiapan.

Jika kamu ragu dengan tanggal yang kamu pilih, kamu bisa memesan tiket secara online dan memilih akomodasi yang membebaskan biaya penggantian tanggal jika memang kamu khawatir ada hal-hal yang terjadi di luar rencana.

3. Membuat Itinerary

Tips liburan ke Jogja selanjutnya adalah menyusun itinerary atau rencana perjalanan. Itinerary liburan berisi jadwal perjalanan secara detail mulai dari sebelum keberangkatan hingga kepulangan. Itinerary harus memuat informasi lengkap soal waktu, tempat kunjungan, akomodasi, dan lainnya.

Meski terkesan sepele, itinerary sangat bermanfaat agar liburanmu menjadi lebih efektif dan nyaman. Namun, agar tetap santai, kamu tidak perlu terpaku pada jadwal yang kamu buat, sesuaikan dengan kondisi di lapangan dan jangan lupa untuk menikmati setiap detiknya agar kamu tak kehilangan esensi dari liburan yang sebenarnya.

4. Membawa Barang Secukupnya

Tips liburan ke Jogja selanjutnya adalah mempersiapkan barang secukupnya sesuai kebutuhan. Banyak orang yang baru pertama liburan ke Jogja membawa terlalu banyak barang dengan dalih ‘daripada kekurangan’. Namun, perhatikan juga apakah keberadaan banyak barang itu akan menyusahkan dirimu atau tidak.

Perlu diketahui, seni dari traveling sendiri adalah memanfaatkan barang bawaan yang terbatas dengan sebaik-baiknya. Ini juga mempermudah fleksibilitas dan mobilitasmu jika harus menempuh beberapa tempat dalam sekali waktu.

5. Kelompokkan Destinasi Wisata yang Akan Dikunjungi

Tips liburan ke Jogja yang penting dilakukan selanjutnya adalah mengelompokkan destinasi wisata yang akan kamu kunjungi selama berada di Jogja. Buatlah daftar nama tempat wisata di Jogja yang akan kamu tuju lengkap dengan alamatnya.

Dari daftar tersebut, kelompokkan sesuai dengan lokasi. Hal ini penting dilakukan untuk mempermudah mengatur jadwal liburanmu dan mengefektifkan waktu agar tidak terlalu buang-buang waktu di jalan selama liburan.

Dalam hal ini, penting untuk melakukan riset dan mencari tahu melalui internet atau orang yang familiar dengan Jogja agar lebih akurat. Pertimbangkan juga transportasi untuk menuju ke masing-masing tempat yang hendak kamu kunjungi selama di Yogyakarta.

6. Transportasi untuk Keliling Jogja

Tips liburan ke Yogyakarta selanjutnya adalah memastikan transportasi apa yang hendak kamu gunakan selama berada di sana. Bagi kamu yang liburan sendiri, kamu bisa mengendarai transportasi umum atau menyewa motor untuk mempermudah mobilitas.

Tapi, jika kamu liburan beramai-ramai, mungkin rental mobil bisa dipertimbangkan untuk mempermudah mobilitas. Kamu juga tinggal membagi rata biaya sewanya agar lebih murah.

Yang terpenting sebelum itu semua, pertimbangkan apakah keputusan yang kamu ambil itu sesuai dengan perhitungan anggaran liburan yang sudah kamu buat, ya. Jangan sampai keuanganmu terbengkalai hanya karena salah mengambil keputusan.

7. Wisata Malam di Jogja

Kalau sudah jauh-jauh ke Jogja, sayang rasanya jika tidak melakukan wisata malam. Tempat wisata malam di Jogja juga sangat beragam. Kamu bisa berkunjung ke sekitar Malioboro atau alun-alun untuk menyusuri kota dan menikmati kuliner jalanan yang lezat.

8. Eksplor Kuliner Lokal

Selain tempat wisatanya, Jogja juga merupakan surga kuliner nikmat. Wisata kuliner Jogja tidak boleh dilewatkan jika kamu berkunjung ke Kota Istimewa tersebut.

Meski yang paling terkenal dari Jogja adalah gudeg, sebenarnya ada banyak sekali kuliner Jogja yang lezat dan sayang untuk dilewatkan. Selagi berada di sana, nikmatilah kuliner khas Jogja, bukan fast food yang bisa kamu temui di mana saja. Ini akan menambah vibes liburanmu dan membuatmu lebih menyatu dengan masyarakat lokal.

Jika budgetmu terbatas, kamu bisa mengunjungi tempat makan di area kampus. Sebab, biasanya kuliner di sekitar kampus memasang harga yang lebih terjangkau karena menyasar pada para mahasiswa.

9. Jangan Malu Menawar Harga

Tips liburan ke Jogja yang penting dicatat selanjutnya adalah pelajari skill menawar harga. Jangan sungkan untuk menawar harga barang ketika kamu membeli oleh-oleh atau souvenir khas Jogja. Sebab, biasanya pedagang memasang harga yang lebih mahal di tempat wisata.

Pandai-pandailah mengambil hati pedagang agar bisa mendapatkan harga yang lebih ekonomis dan menghemat budget. Mintalah potongan harga atau bonus jika kamu membeli barang dalam jumlah yang banyak. Tapi, tetap gunakan akal sehat ketika menawar ya, jangan sampai harga yang kamu tawar terlalu rendah karena itu akan merugikan pedagang lokal di sana.

Nah, itulah sederet tips liburan di Jogja yang perlu kamu perhatikan agar kunjunganmu ke Kota Istimewa itu menjadi lebih nyaman dan tak terlupakan. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait