img_title
Foto : Freepik/ prostooleh

IntipSeleb – Di era digitalisasi yang semakin masif, industri televisi masih tetap bertahan dan diminati sebagai peluang karier di masa depan. Banyak anak muda yang tertarik untuk bekerja dalam lingkup industri pertelevisian.

Seperti diketahui, tayangan televisi sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Dari pagi hingga pagi lagi, tayangan televisi tak ada habisnya menyajikan hiburan bagi masyarakat, mulai dari sinetron, reality show, program komedi, berita, dan lain sebagainya.

Tak heran bila banyak orang lantas tertarik untuk bekerja di TV dan mencari cara bekerja di televisi sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Di Industri televisi sendiri, ada banyak profesi yang terlibat. Maka dari dari itu, banyak pula peluang karier yang tersedia. Jika kamu tertarik, kamu hanya perlu mempersiapkan dirimu dengang bekal ilmu yang sesuai kebutuhan industri televisi.

Mewujudkan impian bekerja di TV mungkin bisa dimulai dengan mencari jurusan kuliah agar kerja di televisi. Cukup banyak jurusan yang linear dengan industri pertelevisian sehingga bisa kamu ambil sebagai bekal ilmu untuk profesi masa depanmu.

Bagi kamu yang menyukai dan memiliki passion di bidang pertelevisian, beberapa jurusan ini patut dipertimbangkan. Sebab, untuk mendukung karier yang akan kamu bangun, menimba ilmu di jurusan yang sejalan akan sangat membantu.

Jurusan Kuliah Agar Bisa Kerja di Televisi

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Jika kamu tertarik untuk berkarier di dunia pertelevisian, kamu bisa menempuh jurusan kuliah berikut ini untuk menambah pengetahuanmu. Apa saja jurusan kuliah untuk kerja di televisi? Yuk simak daftarnya berikut ini.

1. Ilmu Komunikasi

Jurusan kuliah untuk kerja di TV yang pertama adalah Ilmu Komunikasi. Sebab, di jurusan ini mahasiswa akan banyak mempelajari tentang cara menyampaikan pesan dan berita yang baik dan benar.

Tak sampai di situ saja, kamu juga akan banyak belajar soal ilmu-ilmu jurnalistik, penyiaran, periklanan, manajemen komunikasi, fotografi, editing video dan masih banyak lagi.

Tapi, lulusan Ilmu Komunikasi tak sekadar bisa bekerja di TV saja, tapi juga bisa menjadi penyiar radio, marketing, presenter, atau event organizer.

2. Penyiaran atau Broadcasting

Jurusan kuliah agar bisa bekerja di TV selanjutnya adalah Penyiaran atau Broadcasting. Jurusan ini akan banyak mempelajari tentang seluk-beluk dunia penyiaran, baik televisi maupun radio.

Mahasiswa jurusan Penyiaran juga akan mempelajari proses produksi dari program televisi, seluk-beluk penyiaran berita hingga teknik membawakan berita dalam materi perkuliahan mereka.

Jurusan Penyiaran sangat berhubungan dengan profesi penyiar karena akan lebih banyak mempelajari ilmu dalam dunia penyiaran.

3. Televisi dan Film

Jurusan kuliah untuk kerja di televisi selanjutnya adalah Jurusan Televisi dan Film. Sesuai dengan namanya, program studi ini akan banyak mempelajari tentang bidang pertelevisian dan perfilman.

Saat ini, banyak perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta yang menyediakan program studi Televisi dan Film. Kamu bisa mengambil peminatan di salah satu bidang yang ingin kamu fokuskan nantinya.

Masing-masing peminatan akan mempelajari seluk beluk dari jurusan tersebut. Misalnya, jika kamu mengambil Film sebagai peminatanmu, maka kamu akan belajar banyak hal dalam produksi film, seperti pra produksi, produksi, dan pasca produksi.

4. Jurnalistik

Jurnalistik adalah salah satu jurusan kuliah untuk kerja di televisi yang bisa kamu ambil. Peluang lulusan jurusan ini untuk bisa bekerja di televisi juga cukup besar, lho.

Lulusan Jurnalistik bisa masuk ke divisi news dan bekerja sebagai jurnalis yang meliput kejadian di lapangan. Jika mengambil jurusan ini, kamu akan terlatih untuk menyampaikan informasi secara berimbang dan faktual. Kamu juga akan terbiasa menulis berita sesuai dengan kaidah jurnalistik.

5. Multimedia

Jurusan kuliah untuk kerja di TV selanjutnya adalah Multimedia. Jurusan ini akan membekali mahasiswanya dengan materi yang beragam, mulai dari komputer, media interaktif, hingga ilmu tentang pertelevisian dan perfilman.

Dengan demikian, ketika kamu terjun ke dunia kerja, kamu sudah memiliki bekal ilmu yang cukup untuk mendapatkan peuang karier di TV. Kamu hanya perlu mengasah kemampuanmu, salah satunya lewat program magang.

6. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan kuliah untuk kerja di televisi adalah Desain Komunikasi Visual atau DKV. Lulusan jurusan ini memiliki prospek kerja yang tinggi di berbagai industri. Tak hanya di dunia TV, lulusan DKV juga bisa bekerja di agensi atau perusahaan besar lainnya.

Maka dari itu, jika kamu memiliki passion yang kuat di bidang ini, ada baiknya kamu mengasah kemampuanmu dengan mengambil jurusan ini. Di sana, kamu akan mempelajari banyak hal tentang desain, media interaktif, web desain, fotografi, dan animasi.

Ilmu-ilmu yang akan kamu dapatkan di jurusan Desain Komunikasi Visual akan menjadi bekal yang cukup untuk berkarier di industri kreatif dan media, termasuk televisi.

7. Desain Grafis

Meski lulusannya kerap diidentikkan dengan pembuat logo, jurusan Desain Grafis sebenarnya jauh lebih besar daripada itu, lho. Bahkan, Desain Grafis menjadi salah satu jurusan kuliah untuk kerja di televisi yang direkomendasikan.

Jika sukses membangun karier di industri TV, biasanya anak desain grafis akan diberi tugas semacam membuat bumper untuk program acara atau pekerjaan lain yang masih berkaitan dengan desain.

Jika kamu tertarik dengan jurusan ini, kamu harus selalu aktif mengasah kemampuanmu. Sebab, untuk bisa tembus di dunia kerja, kamu harus memiliki banyak portofolio yang menjadi bukti kreatifitas dan kinerjamu.

8. Animasi

Rekomendasi jurusan kuliah untuk kerja di televisi selanjutnya adalah animasi. Animasi sendiri sangat dibutuhkan lho di era digital seperti ini.

Hampir semua perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif dan media membutuhkan animator, termasuk industri televisi.

Tak selalu membuat animasi, jika kamu masuk ke dunia kerja, kamu juga bisa menggunakan skill editingmu yang luar biasa dan itu sangat dibutuhkan di TV.

8. Fotografi

Jurusan kuliah untuk kerja di televisi selanjutnya adlah Fotografi. Meski sebenarnya skill ini bisa dipelajari secara otodidak, di perguruan tinggi kamu akan mendapatkan lebih banyak tentang materi foto produk, photo story, kamera dan lain sebagainya.

Dengan ilmu tersebut, keterampilanmu dalam memotret objek bisa semakin terasah. Kelak di indutri televisi, kamu juga bisa berprofesi sebagai kameraman.

Nah, itulah sederet rekomendasi jurusan kuliah untuk bekerja di televisi yang bisa kamu ambil demi mencapai impianmu. Ada baiknya, kamu mulai mencari tahu hobi dan passion yang kamu milliki. Dengan demikian, akan lebih mudah bagimu untuk menentukan jurusan apa yang cocok untuk diambil.

Mengambil jurusan kuliah sesuai passion akan membuatmu lebih termotivasi untuk mencari ilmu sebanyak mungkin tanpa merasa terbebani. Selain itu, jangan lupa untuk mencari ilmu dari luar bangku kuliah sebanyak mungkin untuk menambah pengalaman dan sudut pandangmu.

Kamu juga bisa mengikuti magang selama perkuliahan atau mencari pekerjaan freelance untuk mengasah kemampuan. Sebab, untuk bisa tembus di dunia kerja, pengalaman adalah yang utama. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait