img_title
Foto : Freepik/drobotdean

IntipSelebFace shaving atau mencukur bulu wajah merupakan tren kecantikan yang tidak lekang oleh waktu.

Tren face shaving populer karena dianggap bisa membuat wajah lebih halus dan bersih. Benarkah?

Yuk, intip penjelasan dr. Cynthia Jayanto, M. Biomed AAM kepada kanal YouTube Kata Dokter seputar face shaving atau cukur bulu wajah!

Manfaat Mencukur Bulu Wajah

face shaving
Source: Freepik/lifeforstock

Kamu tau nggak tren kecantikan mencukur bulu wajah? Ya, cukur bulu wajah atau face shaving adalah metode yang dapat membersihkan wajah karena mencukur bulu-bulu yang tumbuh di sekitar wajah kita.

“Manfaat mencukur bulu wajah yang pasti tampak lebih bersih. Karena bulu-bulu di sekitar wajah kita ada banyak, tapi ada beberapa orang yang bulu wajahnya tidak terlihat. Jadi tampak lebih bersih saja,” jelas dr. Cynthia Jayanto, M. Biomed AAM kepada YouTube Kata Dokter.

Hati-hati Jerawat dan Iritasi!

face shaving
Source: freepik/drobotdean

Eits, face shaving bisa membuat wajah kamu jerawat dan iritasi lho, kalau makainya nggak bener. Soalnya, pisau cukur itu mengenai langsung permukaan wajah, yang meningkatkan risiko itu. Bisa juga, muncul karena kulit atas wajah ikut terkikis dan sel kulit mati yang tersumbat.

“Bisa saja terjadi memunculkan jerawat. Ketika mencukur bulu wajah, kulit bagian supervisial atau epidermis kulit itu ikut terangkat karena gesekan dari pisau cukur tersebut,” jelas dr. Cynthia Jayanto, M. Biomed AAM.

“Ketika gesekan pisau cukur itu mengikis kulit bagian atas. Biasanya bagian kulit atas ini akan tersumbat pada pori-pori yang kita lewati saat pencukuran. Sebab, pori-pori kan bentuknya lubang ya. Bisa jadi terjadi karena ada sumbatan dari sel kulit mati saat pencukuran itu,” tandasnya.

Waktu Terbaik untuk Face Shaving

face shaving
Source: freepik/jcomp

Kapan ya tepatnya untuk face shaving? Waktu mencukur bulu sebenernya terserah kamu, boleh pagi atau malam.

Tapi, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Menurut Cremocompany, sebaiknya, setelah bangun tidur, nungguin dulu minimal 30 menit sebelum mulai bercukur. Biar badan bangun sempurna gitu.

Terus, mendingan sekitar 30 menit sebelum makan. Nah, kalo dicukur pagi-pagi, bisa bikin lo keliatan lebih segar. Kalo malem, cocok buat yang punya bulu wajah yang lumayan tebal.

Yang penting, nikmatin aja prosesnya, guys. Luangin waktu yang cukup, dan pastiin tekniknya juga bener.

Cara Face Shaving yang Benar

face shaving
Source: freepik/jcomp

Ngomong-ngomong soal teknik, dr. Cynthia Jayanto, M. Biomed AAM punya tipsnya biar face shaving kamu benar dan nggak bikin jerawatan lho.

  1. Pastikan pisaunya tajam agar tidak mengikis berkali-kali.
  2. Cukur bulu wajah dari awah bawah ke atas.
  3. Gunakan foam shaving/sabun wajah/oil.
  4. Setelah selesai, basuh wajah
  5. Gunakan krim anti iritasi atau soothing cream.

Nah, itulah informasi seputar face shaving atau cukur bulu wajah yang diberikan dr. Cynthia Jayanto, M. Biomed AAM dalam konten special Me Time by Kata Dokter. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait