img_title
Foto : Creatrip

IntipSeleb – Pernahkah kamu mendengar istilah Personal Color? Jika kamu menyukai dan mengamati tren Korean Beauty atau kecantikan ala Korea, kamu tentu mengetahuinya.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki warna masing-masing berdasarkan warna dasar kulit, rambut, mata, dan lain-lain. Jadi, ada warna tertentu yang lebih cocok dengan warna kulitmu.

Personal color telah menjadi tren yang meluas di Korea dalam beberapa tahun terakhir dan ada banyak tempat di mana kamu bahkan bisa mendapatkan analisis personal color dari orang yang ahli di bidang tersebut.

Dengan mengetahui personal color, kamu dapat mengetahui warna outfit apa yang cocok untukmu, riasan seperti apa yang cocok dengan wajahmu dan membuat kulitmu terlihat bercahaya. Ya, personal color akan membuat perbedaan besar dalam berpenampilan.

Ada empat kategori personal color, yaitu winter cool, summer cool, spring warm, dan fall warm. Mengetahui personal color akan mempermudahmu dalam menyesuaikan outfit dan riasan atau saat membeli produk.

Meskipun menggunakan warna riasan atau pakaian yang sesuai dengan personal color sangatlah baik, tapi tidak ada aturan yang menyebutkan bahwa kamu tidak boleh menggunakan warna lain selain itu, lho.

Pengetahuan soal personal color seharusnya tidak membatasi ekpresimu tapi membuatmu semakin percaya diri dengan apa saja yang kamu gunakan. Penasaran seperti apa personal colormu? Jangan khawatir, cari tahu cara cek personal color selengkapnya dalam artikel berikut ini yuk!

Cool Tone dan Warm Tone

Creatrip
Foto : Creatrip

Apa perbedaan antara cool tone dan warm tone? Warm tone terdiri dari warna-warna yang memiliki undertone kekuningan, sedangkan cool tone terdiri dari warna-warna yang memiliki undertone merah muda.

Orang dengan warm tone lebih cocok dengan warna yang bersahaja dan lembut, seperti oranye-cokelat, kuning tua, khaki, dan coklat kemerahan. Sebaliknya, orang dengan cool tone cenderung cocok dengan warna merah jambu, ungu, biru, dan pastel yang lebih cerah.

Pada gambar di atas, kamu bisa melihat beberapa contoh warna yang cocok dengan masing-masing personal color. Tapi, kamu tidak perlu mengikuti dengan terlalu saklek dan buru-buru mengganti seluruh isi lemarimu.

Mengetahui personal color hanyalah salah satu cara untuk membantumu memahami warna mana yang cocok dengan warna aslimu, sehingga kamu bisa menghemat waktu ketika hendak membeli pakaian atau makeup.

Cara Menemukan Personal Color

Creatrip
Foto : Creatrip

1. Amati warna alami kulit, warna rambut, dan warna mata

Pemilik kulit warm tone biasanya memiliki warna kulit yang cenderung kekuningan, sulit melihat pembuluh darah, kulit mudah kecoklatan di bawah matahari, cocok dengan warna rambut terang, warna mata cokelat atau hijau, dan cocok menggunakan perhiasan emas.

Sementara pemilik kulit cool tone biasanya memiliki warna kulit yang cenderung merah muda, mudah melihat pembuluh darah, kulit terbakar saat terkena matahari, memiliki warna rambut gelap, memiliki warna mata hitam, biru atau abu-abu, serta lebih cocok menggunakan perhiasan perak.

2. Cek warna pembuluh darah

Jika pembuluh darahmu berwarna kehijauan, kemungkinan besar undertone-mu warm. Tapi, jika pembuluh darahmu biru atau ungu, kemungkinan undertone-mu cool.

3. Uji outfit dan makeup di pencahayaan alami

kebanyakan orang mungkin mengetahui warna pribadi mereka berdasarkan preferensi pribadi dan setelah coba-coba. Misalnya, kamu mungkin tidak suka memakai warna-warna tertentu dan mendapati dirimu tertarik pada warna lipstik atau eyeshadow yang sama karena kamu tahu apa yang terlihat lebih baik untuk dirimu.

Jadi, keluarkan koleksi riasanmu dan lihat lemari pakaianmu dan lihat palet warna mana yang cocok. Kamu dapat mencoba berbagai jenis pakaian dan menguji warna lipstik dan eyeshadow pada kulitmu di bawah pencahayaan alami untuk melihat bagaimana warna tersebut dapat mengubah warna kulitmu secara keseluruhan.

Kamu mungkin memperhatikan bahwa warna-warna tertentu membuat kulitmu tampak cerah sementara warna lain memperjelas lingkaran hitam di area matamu. Pisahkan pakaian dan riasanmu dalam dua kategori yang berbeda. Lalu tarik kesimpulan apakah undertone-mu cool atau warm.

4. Pakai jasa cek personal color

Jika kamu memiliki budget lebih dan ingin mengetahui secara lebih menyeluruh, kamu bisa menggunakan jasa pengecekan personal color yang sudah cukup banyak di Indonesia.

Harga yang ditawarkan juga beragam tergantung seberapa detail pengecekan yang dilakukan. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu.

Biasanya, kamu akan diminta membawa pouch makeup dan sang ahli akan membantumu melihat mana riasan yang sudah tepat dan mana yang kurang cocok untukmu.

Nah, itulah sederet cara menentukan personal color dari yang termudah hingga yang perlu merogoh kocek. Jadi, apa personal colormu? (bbi)

Topik Terkait