img_title
Foto : Freepik/ freepik

IntipSeleb – Di era yang serba digital seperti saat ini, semua perusahaan dari berbagai sektor dan skala hadir secara online. Hal ini membuat persaingan untuk mendapatkan perhatian pembeli semakin ketat. Dalam hal ini, peran digital marketing sangatlah penting untuk kesuksesan jangka panjang.

Sebelum adanya internet, mempromosikan bisnis identik dengan papan reklame, iklan televisi, direct mail, atau hanya sebatas etalase toko. Namun, seiring dengan beralihnya perdagangan dan konsumen ke dunia online, marketing dan periklanan juga telah beralih ke dunia online.

Marketer kini dapat menjangkau audiens taret mereka melalui platform digital, seperti media sosial, mesin pencari, situs web, pesan teks, dan email, dan ini merupakan apa yang kita anggap sebagai digital marketing atau online marketing.

Meskipun cara-cara tradisional masih digunakan, dunia digital marketing menawarkan beberapa keuntungan, di antaranya:

  1. Jangkauan terhadap khalayak menjadi lebih meluas
  2. Personalisasi memungkinkan pemasaran yang sesuai target dan tersegmentasi dengan lebih efektif
  3. Efisiensi dan otomatisasi memungkinkan untuk melakukan lebih banyak hal dengan anggaran pemasaran yang lebih sedikit, bahkan dengan tim pemasaran kecil
  4. Peluang memperoleh visibilitas yang lebih besar di seluruh platform digital
  5. Strategi marketing menjadi lebih cepat dan mudah
  6. Interaksi dengan pelanggan menjadi lebih cepat dan sering
  7. Pengumpulan dan analisis data membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih tepat

Tips Menjadi Digital Marketing yang Baik

Freepik/ rawpixel.com
Foto : Freepik/ rawpixel.com

Ada berbagai cara yang bisa ditempuh untuk menjadi digital marketer. yang baik. Untuk bisa dianggap sukses sebagai digital marketer, penting untuk menerapkan prinsip-prinsip digital marketing yang baik. Berikut ini tips digital marketing yang baik dilansir dari Emotive.

1. Pahami Audiens

Memahami audiens yang tertarget adalah tips digital marketing yang esensial. Sebagai digital marketer, kamu perlu mengetahui siapa audiensmu? Apa minat, kebutuhan, dan keinginan mereka? Di mana mereka berasal dan menghabiskan waktu? Untuk mengidentifikasi pelanggan, kamu perlu melakukan riset pasar.

Hasil riset pasar nantinya dapat kamu gunakan untuk mengembangkan berbagai persona pembeli dan pernalanan pelanggan, yang memetakan langkah-langkah yang diambil calon pelanggan dari pembeli anonim menjadi pembeli setia.

Kamu sebaiknya menentukan segmen pelanggan, berdasarkan faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan, lokasi, dan minat. Dengan gambaran yang lebih jelas berbasis data tersebut, kamu dapat memulai digital marketing secara lebih tertarget sesuai dengan kebutuhan dan minat audiens.

2. Buat Konten Menarik

Salah satu aspek terpenting dari digital marketing adalah menciptakan konten yang menarik dan relevan yang menarik orang untuk mengunjungi platformmu. Konten clickbait mungkin menarik perhatian, namun tidak memberikan value kepada audiensmu. Konten yang menarik bisa berupa postingan blog, video, infografis, atau postingan media sosial.

3. Optimalkan Situs Web dengan SEO dan Konversi

Situs web adalah pintu gerbang menuju pendapatan, jadi penting untuk mengoptimalkannya untuk konversi. Ini artinya memastikannya mudah dinavigasi, jelas, loading cepat, dan menawarkan kemudahan bagi pengguna. Mengoptimalkan situs web untuk konversi dapat menghasikan peningkatan penjualan online yang signifikan.

Situs web dapat membantu mengumpulkan data pelanggan yang berharga, seperti pembelian teratas, riwayat penelusuran, jalur klik dan masih banyak lain. Dengan menganalisis data ini dan mengidentifikasi polanya, kamu akan menemukan peluang untuk optimalisasi di masa mendatang.

Situs web dan konten yang dipublikasikan juga harus menyertakan kata kunci pencarian teratas untuk mengoptimalisasi kontenmu terjangkau audiens.

4. Tunjukkan Interaksi di Platform

Sebagian besar pelanggan dan calon pelanggan menghabiskan sebagian waktu untuk menelusuri akun media sosial mereka, atau berkumpul di komunitas online lainnya. Maka dari itu, kamu perlu memanfaatkan platform yang ada untuk membantu digital marketingmu.

Berinteraksi dengan audiens secara rutin dengan mendengarkan dan merespons mereka di platform media sosial atau komunitas online tempat mereka berkumpul juga perlu diperhatikan untuk memberikan pendekatan yang lebih personal.

5. Buat Konten yang Ramah Smartphone

Jika situs web tidak dioptimalkan untuk smartphone, kemungkinan besar kamu akan kehilangan pelanggan baru. Pastikan situs web terlihat bagus, loading dengan cepat, dan mudah digunakan di semua perangkat.

Optimalkan situsmu agar responsif di semua perangkat digital seperti ponsel, tablet, dan laptop. Ukur kecepatan loading laman web karena ini merupakan faktor penting yang menarik pelanggan.

6. Integrasikan Marketing di Berbagai Platform

Komponen utama dari digital marketing adalah mengintegrasikan pesan,branding, dan kampanye di berbagai platform sekaligus. Mengelola konten di seluruh saluran digital bisa menjadi tugas yang menantang, namun penting untuk mencapai kesuksesan secara online.

7. Masuk ke Google My Business

Google My Business adalah platform gratis yang memungkinkan bisnis membuat listingan di Google. Ini gratis untuk digunakan dan merupakan cara terbaik untuk menjangkau calon pelanggan, terutama jika kamu adalah bisnis lokal dengan pelanggan yang masih di wilayah yang sama. Pastikan untuk mengklaim listingan bisnismu dan mengisi semua informasi dengan benar.

8. Gunakan Email atau Text Marketing Secara Efisien

Ada alasan mengapa email masih menjadi dasar dari sebagian besar upaya digital marketing. Ini juga merupakan cara yang efektif dengan biaya rendah untuk tetap berhubungan dengan pelanggan, mengingatkan mereka tentang bisnismu, dan mempromosikan produk, penjualan, dan beritamu.

Menambahkan formulir, spanduk, atau pop-up di situs webmu untuk mengumpulkan alamat email adalah cara mudah untuk mengembangkan basis pelanggan potensialmu. Email adalah saluran ideal untuk mengkomunikasikan informasi penting dan informasi tepat waktu, tetapi untuk pesan mendesak, SMS atau WhatsApp cenderung lebih efektif.

9. Investasi dalam Digital Marketing

Iklan bayar perklik adalah salah satu strategi pemasaran digital paling efektif untuk menjangkau audiens target dan mengarahkan lalu lintas ke situs webmu. Menghabiskan uang untuk iklan digital mungkin terasa berisiko, tetapi di pasar digital yang sangat kompetitif, iklan PPC adalah taruhannya.

Iklan PPC dapat menjadi alat yang berguna untuk bereksperimen dengan pesan dan brand, dengan tujuan akhirnya adalah kamu mempelajari apa yang menapatkan klik paling banyak dan terus meningkatkan ROI.

Iklan Google dan iklan YouTube adalah salah satu contoh iklan PPC, begitu pula platform media sosial seperti Instagram, LinkedIn, Twitter, dan Facebook.

10. Personalisasi Konten

Setiap hari masyarakat berbagi informasi penting secara online. Sebagai pebisnis atau digital marketer, kamu dapat memanfaatkan data ini dengan cara yang legal dan benar untuk lebih memahami pembelimu dan menghubungkan mereka dengan produk yang mereka butuhkan.

Personalisasi semacam ini merupakan keunggulan kompetitif utama dalam pemasaran digital. Penelitian dari Demand Metric menemukan bahwa 82% pelanggan merasa lebih positif terhadap suatu brand setelah terlibat dengan konten yang dipersonalisasi.

Dengan mempersonalisasi konten sesuai kebutuhan dan minat pembeli, kamu akan dapat meningkatkan konversi dan memperoleh laba atas investasi yang lebih tinggi atas upayamu.

11. Manfaatkan Modern Digital Tools

Sama seperti toko online yang merupakan evolusi dari toko fisik, tools digital marketing menjadikan pemasaran yang lebih efisien, berbasis data, dan efektif. Mereka juga dapat membantumu meningkatkan pengalaman pelanggan dan perjalanan pelanggan di situsmu, mulai dari prospek hingga rujukan.

Nah, itulah 11 tips menjadi digital marketing yang baik agar kamu bisa menjadi seorang digital marketer yang profesional di bidang ini. Semoga bermanfaat! (BBI)

Topik Terkait