img_title
Foto : Freepik/ wayhomestudio

IntipSeleb – Profesi content writer belakangan ini semakin populer dan diminati sebagai peluang karier yang menjanjikan. Terlebih, pergeseran dunia digital di bidang bisnis hingga keuangan yang membuat profesi ini semakin dibutuhkan.

Content writer sendiri merupakan orang yang bertugas untuk membuat konten dalam bentuk tulisan untuk kemudian disebarkan dalam platform tertentu untuk menjangkau audiens.

Profesi sebagai content writer semakin digandrungi karena cenderung fleksibel dan peluang kariernya yang luas di industri digital yang berkembang pesat di era sekarang ini.

Banyak perusahaan yang merekrut content writer untuk menciptakan konten yang berkualitas dan menarik perhatian audiens dengan tujuan yang beragam, seperti branding, menaikkan traffic web, atau digital marketing.

Walaupun terdengar sepele, profesi ini membutuhkan keahlian khusus, lho. Sebagai content writer yang profesional, seseorang harus mengetahui dan memiliki teknik menulis yang baik dan ahli dalam hal riset serta mengembangkan konten.

Oleh sebab itu, jika kamu ingin menjadi seorang content writer, sebaiknya kamu mempersiapkan segalanya sedini mungkin. Salah satu caranya adalah dengan mengambil jurusan kuliah yang linear dengan posisi tersebut.

Jurusan Kuliah untuk Jadi Content Writer

Freepik/ drobotdean
Foto : Freepik/ drobotdean

Walaupun terkadang perusahaan tidak mencantumkan jurusan tertentu dalam syarat lowongan kerja, namun latar belakang pendidikan tertentu yang sesuai tentu akan lebih menarik perhatian penyeleksi lantaran dianggap lebih berpengalaman dan memiliki bekal pengetahuan yang cukup.

Berikut ini sederet rekomendasi jurusan kuliah untuk jadi content writer yang bisa kamu ambil agar dilirik HRD.

1. Sastra

Rekomendasi jurusan kuliah untuk jadi content writer yang pertama adalah Sastra. Kuliah di jurusan Sastra tidak hanya sebatas membaca dan menulis seperti yang dibayangkan kebanyakan orang, lho. Mahasiswa jurusan Sastra juga akan dibekali ilmu soal wacana kritis dan analisanya yang penting untuk riset dan pengembangan konten. Oleh sebab itu, jurusan ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin jadi penulis.

2. Jurnalistik

Jurusan kuliah untuk jadi content writer selanjutnya adalah Jurnalistik. Lulusan program studi Jurnalistik akan paham betul soal teknik-teknik menulis dan wawancara. Dua hal tersebut bisa menjadi modal utama untuk menjadi content writer. Selain itu, kemampuan riset yang didapatkan dari jurusan ini juga akan menjadikanmu penulis yang profesional.

3. Linguistik

Linguistik pada umumnya memang termasuk ke dalam jurusan Sastra, namun ada juga universitas yang menawarkan program studi ini secara terpisah dari Sastra.

Dengan mengambil jurusan Linguistik, kamu akan belajar banyak soal sejarah bahasa, semantik, tata bahasa, dan retorika. Kamu mungkin mempelajari cara budaya yang berbeda menggunakan bahasa.

Linguistik membandingkan bahasa dan mempelajari evolusinya. Menggali detail soal bahasa dapat membantumu menyusun tulisan sendiri dengan lebih baik.

Kamu juga akan terbiasa mengembangkan kemampuan untuk mengenali berbagai gaya penulisan, yang menjadikanmu penulis yang mudah beradaptasi dan fleksibel.

4. Marketing

Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu tujuan dari perekrutan content writer adalah untuk pemasaran atau branding. Oleh sebab itu, Marketing menjadi salah satu jurusan untuk jadi content writer yang bisa kamu ambil.

Dengan berkuliah di jurusan Marketing, kamu akan mempelajari secara detail soal strategi pemasaran yang baik dan bagaimana mengelola suatu brand agar merebut hati pembaca.

5. Public Relations

Rekomendasi jurusan kuliah untuk jadi content writer selanjutnya adalah Public Relations. Sebab, di jurusan ini kamu akan belajar bagaimana mengkomunikasikan sebuah produk dengan pembaca yang tertarget. Selain itu, kamu juga akan belajar menjadi lebih kreatif dan paham cara kerja media sosial.

6. Komunikasi

Dalam penulisan konten, skill komunikasi yang baik sangat dibutuhkan. Maka, tak salah bila Komunikasi menjadi salah satu jurusan untuk jadi content writer. Dengan pemahaman komunikasi yang baik, kamu dapat menyampaikan pesan kepada pembaca secara lebih efektif. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari segala hal terkait komunikasi, seperti komunikasi publik hingga komunikasi bisnis.

7. Advertising

Sebelumnya, telah dijelaskan bahwa salah satu tujuan dari content writing adalah untuk mengiklankan produk. Keahlian ini tentu tidak bisa didapatkan begitu saja. Kamu perlu mempelajari seluk-beluk advertising. Oleh sebab itu, jika kamu ingin menjadi content writer, kamu bisa mengambil jurusan Advertising.

8. Ekonomi

Untuk menjadi content writer, kamu tidak selalu harus berasal dari jurusan jurnalistik atau sastra. Sebab, keperluan dalam content writing sendiri berbeda-beda, ada yang berfokus pada hiburan, kecantikan hingga bisnis. Nah, dengan berkuliah di jurusan ekonomi, kamu tentu akan lebih memahami seluk-beluk dunia ekonomi. Ilmu ini akan menjadi modal yang kuat untuk menjadi content writer di bidang ekonomi atau bisnis.

Nah, itulah sederet rekomendasi jurusan kuliah untuk jadi content writer yang bisa kamu ambil jika kamu memang tertarik untuk berkarier di dunia content writing. Semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait