img_title
Foto : Indonesiatravel

IntipSeleb – Pengen liburan ke Pulau Seribu tapi budget terbatas? Jangan khawatir, keterbatasan biaya nggak jadi penghalang untuk liburan. Pulau Seribu jadi destinasi wisata yang pas untuk melakukan berbagai aktivitas seru tanpa harus jauh-jauh dari Jakarta.

Seperti diketahui, Pulau Seribu sendiri merupakan salah satu tujuan wisata populer yang lokasinya tidak jauh dari Ibukota. Tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi favorit, khususnya bagi warga Jakarta, untuk menikmati pemandangan laut dan pantai bersama sahabat atau keluarga.

Nah, karena lokasinya nggak terlalu jauh dari Jakarta, kamu nggak membutuhkan budget yang terlalu besar untuk liburan ke sana. Dengan biaya yang seadanya, kamu tetap bisa kok menikmati liburan yang menyenangkan.

Liburan hemat di Pulau Seribu tetap bisa tercapai dengan beragam aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa bermain di tepi pantai, berenang, bermain wahana air, snorkeling hingga diving.

Tak hanya menawarkan beragam aktivitas seru, Pulau Seribu juga dilengkapi dengan fasilitas yang tergolong lengkap, lho. Penginapan misalnya, kamu bisa mendapatkan penginapan dengan ragam harga yang bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

Tips Liburan di Pulau Seribu

Pulauseribu.co.id
Foto : Pulauseribu.co.id

Tertarik buat liburan ke Pulau Seribu low budget? Yuk simak tips liburan hemat di Pulau Seribu buat kamu yang punya budget terbatas berikut ini.

1. Ikut open trip

Pulau Seribu adalah destinasi wisata di sekitar Jakarta yang sangat populer. Tak heran bila ada banyak agen wisata yang menjual jasa perjalanan untuk menuju ke pulau tersebut demi mempermudah wisatawan yang ingin liburan ke sana.

Jika kamu ingin liburan ke Pulau Seribu tanpa ribet, kamu bisa mengikuti jasa open trip yang bertebaran dan bisa kamu temukan di internet. Dengan mengikuti open trip, kamu juga bisa lebih menghemat biaya karena semua keperluanmu sudah diatur oleh agen.

Selain lebih praktis dan murah, mengikuti open trip juga bisa mempertemukanmu dengan banyak teman baru. Sebab, agen open trip biasanya mengumpulkan beberapa wisatawan dalam satu tim untuk berlibur bersama.

Jadi, buat kamu yang hobi backpacker dan solo travelling, kamu tetap bisa merasakan keseruan bersama dengan peserta open trip lain dari berbagai daerah, sehingga liburanmu terasa lebih meriah. Seru kan?

2. Memusatkan kegiatan di 1 pulau saja

Tips liburan hemat di Pulau Seribu selanjutnya adalah dengan memusatkan kegiatan di satu pulau saja. Dengan begini, pengeluaranmu akan lebih hemat. Sebab, kamu tidak perlu menyewa perahu untuk berpindah dari satu pulau ke pulau lainnya.

Seperti diketahui, Pulau Seribu terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil. Masing-masing pulau dari gugusan kepulauan tersebut memiliki daya tarik masing-masing yang tak habis dieksplor wisatawan.

Sebagai traveler, menjelajahi banyak pulau memang menyenangkan. Tapi, tak bisa dipungkiri jika biaya yang dibutuhkan juga banyak dan menguras kantong, terlebih jika budgetmu terbatas.

Untuk liburan hemat di Pulau Seribu, kamu bisa memilih satu pulau saja untuk dieksplor, Pulau Tidung misalnya. Pulau Tidung termasuk pulau terpopuler di kepulauan Seribu lantaran menawarkan banyak aktivitas menarik.

3. Camping untuk menghemat biaya

Mengeksplor Pulau Seribu rasanya tidak cukup jika hanya satu hari saja. Sebab, ada banyak objek wisata seru yang bisa kamu kunjungi. Jadi, menginap adalah keputusan yang menarik untuk menikmati seluk beluk Pulau Seribu.

Tapi, menyewa penginapan atau hotel tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, kamu bisa mencoba untuk camping di tepi pantai untuk menghemat biaya sekaligus mendapatkan pengalaman yang luar biasa.

Bayangkan, kamu bisa menikmati suasana pantai di malam hari yang syahdu dengan suara deburan ombak, angin sepoi-sepoi, dan gugusan bintang yang cantik di langit sekaligus.

Jangan khawatir, ombak di Pulau Seribu cukup tenang. Jadi, kamu tidak perlu risau akan tersapu ombak di malam hari saat tertidur. Terdengar syahdu, bukan?

Jika kamu tidak memiliki peralatan camping sendiri, kamu bisa meminjam dari temanmu atau menyewa tenda di sekitar Pulau Seribu. Banyak warga sekitar yang menyewakan perlengkapan camping lengkap dengan harga terjangkau.

4. Menggunakan kapal feri

Tips liburan hemat di Pulau Seribu selanjutnya adalah dengan menggunakan kapal feri untuk menyeberang. Cara ini cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan menyewa kapal boat meskipun waktu tempuhnya memang lebih lama.

Untuk menaiki kapal feri, kamu bisa datang langsung ke pelabuhan penyebrang Muara Angke. Tarif kapal feri ke Pulau Seribu berkisar antara Rp65 ribu dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam. Sementara itu, jika menyewa perahu boat dari dermaga Marina Ancol yang membutuhkan biaya sebesar Rp250 ribu per orang dengan waktu tempuh 2 jam saja.

5. Pilih tempat makan yang jauh dari pantai

Tips liburan hemat di Pulau Seribu selanjutnya adalah memilih tempat makan yang jauh dari pantai. Sebab, restoran atau warung makan di dekat pantai biasanya cenderung memasang tarif yang mahal. Tak heran, sebab selain menjual beragam makanan, mereka juga menawarkan pemandangan alam yang indah.

6. Persiapkan barang sesuai kebutuhan

Salah satu tips liburan hemat di Pulau Seribu selanjutnya adalah mempersiapkan kebutuhanmu seakurat mungkin. Perhatikan apa saja yang kira-kira akan kamu perlukan saat liburan ke Pulau Seribu agar kamu tidak perlu membelinya di sana. Sebab, barang-barang yang dijual di tempat wisata biasanya lebih mahal daripada harga standar pasarnya.

Nah, itulah 6 tips liburan hemat di Pulau Seribu yang perlu kamu perhatikan agar budget yang kamu keluarkan tidak terlalu besar tapi tetap menyenangkan. Semoga bermanfaat dan selamat liburan!

Topik Terkait