img_title
Foto : Freepik/ drobotdean

IntipSeleb – Setiap orang memiliki standar kecantikan yang ingin dicapai, seperti kulit cerah, glowing dan bebas jerawat misalnya. Tapi, kenyataannya tidak semua orang mau dan mampu berusaha keras untuk menggapainya.

Sebagian orang bahkan merasa tips kecantikan dan step by step skincare dan makeup yang menjamur di internet terlalu ribet, membutuhkan banyak biaya dan memakan waktu. Ujung-ujugnya, banyak orang yang malah malas untuk menjalani serangkaian tips kecantikan tersebut.

Tapi jangan khawatir, tren skinimalisme mungkin adalah jawaban yang kamu butuhkan. Skinimalisme yang diambil dari kata skin dan minimalisme tersebut merupakan tren kecantikan yang menjunjung tinggi prinsip minimalisme.

Berbeda dari tren kecantikan kebanyakan, skinimalisme memegang teguh prinsip less is more. Dalam tren ini, seseorang cenderung membeli, memakai dan menggunakan lebih sedikit produk skincare dan makeup.

Lantas, apa sih sebenarnya tren skinimalisme tersebut dan bagaimana seluk-beluknya? Yuk simak penjelasan selengkapnya yang dilansir dari Lifestyleasia berikut ini.

Apa Itu Skinimalisme?

Freepik/ cookie_studio
Foto : Freepik/ cookie_studio

Skinimalisme atau skin minimalisme adalah tren yang mengutamakan kulit dan menjadikannya titik fokus daripada bersembunyi di balik lapisan makeup. Ini adalah konsep perawatan kulit yang mengambil pendekatan minimalis dengan membiarkan kulitmu terlihat jelas.

Tren ini tidak menutupi kekurangan yang dirasakan seperti bintik hitam, namun meng-embrace kondisi kulit alami dan warna kulit yang memang menjadi identitasmu.

Skin minimalisme mencakup fokus pada penggunaan produk yang benar-benar bermanfaat bagi kulit sehingga kamu tidak merasa perlu menutupi dan memakai riasan terlalu banyak.

Konsep membatasi jumlah produk yang kamu gunakan pada wajah didasarkan pada anggapan bahwa kulitmu akan mampu memperbaiki dan meremajakan dirinya sendiri.

Skinimalisme, menurut Pinterest Predicts, mengakhiri tren tampilan makeup yang berlebihan. Pendekatan baru ini menekankan kesederhanaan, serta merangkul prinsip slow beauty dan membiarkan tekstur perawatan kulit alamimu bersinar. Dengan kata lai, rutinitas skinimalisme hanya mencakup produk-produk penting saja.

Tips Skinimalisme

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Skinimalisme tidak menghalangimu untuk terus bereksperimen dengan eyeliner warna-warni, eyeshadow berkilau, dan warna bibir cerah. Itu hanya memungkinkanmu untuk meng-embrace wajahmu dengan segala kecantikan alaminya.

Berkonsultasi dengan dokter kulit bersertifikat adalah cara yang sangat mudah untuk menemukan produk perawatan kulit yang tepat untukmu.

Jika kamu tidak yakin harus mulai dari mana dalam pencarian skinimalismemu, yuk intip tips skinimalisme berikut ini.

1. Gunakan produk yang multifungsi

Mengurangi rutinitas kecantikan bukan berarti menghilangkan produk yang efektif dari skincare regimenmu. Kuncinya adalah menemukan produk yang mempunyai dampak besar dan dapat mengatasi beberapa masalah. Produk multifungsi membuat rutinitasmu lebih mudah dan tentunya lebih murah.

2. Gunakan produk cleanser yang mengandung eksfoliator

Sangat mudah untuk menghargai tekstur kulitmu ketika halus dan lembut. Jika kamu ingin glowing alami, masukkan rutinitas eksfoliasi ke dalam rutinitas perawatan kulitmu karena dapat membantu meningkatkan tekstur kulitmu seiring waktu.

Pembersih wajah yang mengandung eksfoliator bertekstur lembut dapat digunakan setiap hari di pagi dan malam hari. Kamu juga dapat memasukkan serum ke dalam rutinitasmu beberapa kali setiap minggu secara bertahap.

Frekuensi eksfoliasi juga dapat disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing, jadi perhatikan reaksinya dan modifikasi seperlunya.

3. Ganti foundation dengan tint

Baik tinted moisturizer, tinted serum atau tinted sunscreen, ketiganya dapat memberikan manfaat yang berlapis hanya dalam satu produk saja.

Tinted moisturizer misalnya, kamu dapat mendapatkan manfaat kelembapan dari kulit sekaligus dapat menyamarkan kekurangan di kulit wajah dengan coverage yang sheer hingga medium coverage.

Tinted moisturizer dapat digunakan sebagai pengganti foundation atau alas bedak untuk riasan sehari-hari atau acara-acar akhusus untuk menonjolkan fitur lain dari wajah sambil menjaga riasan tetap sederhana.

Mengapa Tren Skinimalisme Menarik Perhatian?

Freepik/ benzoix
Foto : Freepik/ benzoix

Banyak orang mengikuti tren skinimalisme karena berbagai alasan. Untuk memulainya, memprioritaskan kulit yang bagus adalah sebuah tren dalam industri, karena adanya pergeseran tren dari riasan tebal. Tren skinimalisme merupakan perkembangan dari tampilan ‘no makeup look’ yang sudah lama populer.

Selain itu, pandemi Covid-19 yang mengharuskan untuk lockdown dan tidak keluar dari rumah membuat banyak orang tanpa sadar menganut paham skin minimalisme. Lebih sering di rumah menyebabkan banyak orang memakai lebih sedikit riasan dan ternyata malah memberikan dampak positif bagi kulit wajah.

Tren skinimalisme juga dianggap mendongkrak kehidupan sustainable yang memperhatikan lingkungan. Skinimalisme mendorong banyak orang untuk melakukan pembelian produk yang lebih sedikit, sehingga sampah kemasan pun berkurang dan minim produk yang masuk ke saluran air. Hal ini juga mendorong penggunaan produk serbaguna dibandingkan berbagai produk, sehingga menghasilkan jejak karbon yang lebih rendah.

Skinimalisme juga merupakan pendekatan dalam perawatan kecantikan kulit yang mudah dan dapat menghilangkan kebingungan dalam memahami bahan-bahan atau mengetahui apa yang harus digunakan. Hal ini juga dapat menghemat waktu, perawatan yang mudah, dan tentunya hemat biaya.

Nah, itulah sekilas informasi tentang tren kecantikan skinimalisme yang perlu kamu tahu. Tren yang menjunjung tinggi prinsip minimalisme ini sangat cocok buat kamu kaum mageran atau orang sibuk yang tidak punya banyak waktu. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait