img_title
Foto : Freepik/ desEYEns

IntipSeleb – Pernahkah mendengar tentang perjalanan ajaib Nabi Muhammad SAW dalam satu malam? Itlah Isra Miraj, peristiwa monumental yang diperingati umat Islam setiap tanggal 27 Rajab. Tahun ini, momen tersebut jatuh pada tanggal 8 Februari 2024.

Untuk memperingati Isra Miraj, terdapat beberapa amalan yang dianjurkan bagi umat Islam. Yuk, scroll terus!

Makna Peristiwa Isra Miraj

Freepik/freepik
Foto : Freepik/freepik

Kata ‘Isra’ berarti perjalanan malam, sedangkan ‘Miraj’ merujuk pada alat transportasi untuk naik.

Jadi, Isra Miraj secara harfiah adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsa di Palestina pada malam hari, kemudian dilanjutkan dengan menembus langit sampai ke Sidratul Muntaha.

Kisah ini terabadikan dalam Al-Qur'an, tepatnya di Surah Al-Isra ayat 1. Ayat tersebut menggambarkan betapa agungnya kuasa Allah SWT yang telah memperjalankan hamba-Nya untuk menyaksikan kebesaran-Nya.

Sementara detail perjalanannya dijelaskan dalam sejumlah hadis sahih, seperti Hadis Bukhari nomor 2968.

Amalan-amalan Isra Miraj

Freepik/pikisuperstar
Foto : Freepik/pikisuperstar

Lebih dari sekadar mengenang kisah, peringatan Isra Miraj juga menjadi momen bagi umat Islam untuk melakukan amalan sebagai bentuk penghormatan dan refleksi diri. Berikut beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan:

1. Salat Tahajud

Dianjurkan untuk melaksanakan salat sunnah ini pada malam Isra Miraj. Dengan bangun di sepertiga malam untuk beribadah, kita semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, sebagaimana Nabi Muhammad SAW yang menerima petunjuk dan perintah langsung darinya.

2. Zikir dan Doa

Mengingat keagungan peristiwa ini, tak lupa untuk memperbanyak zikir dan doa sebagai wujud syukur dan permohonan ampunan kepada Allah SWT. Waktu ini diyakini penuh berkah, sehingga doa dan zikir lebih mudah diijabah.

3. Membaca Surat Al-Isra dan Al-Miraj

Kedua surah ini secara khusus menceritakan perjalanan Nabi Muhammad SAW. Dengan membacanya, kita akan lebih memahami makna dan hikmah yang terkandung di dalamnya.

4. Perbanyak Amal Kebaikan

Momen ini juga menjadi pengingat untuk memperbanyak amal kebajikan dan berinfaq kepada sesama. Dengan membantu orang lain dan berbuat baik, kita mengimplementasikan ajaran moral dan etika yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

5. Puasa Sunnah

Menjelang Isra Miraj, disunnahkan untuk berpuasa pada bulan Rajab. Amalan ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan memiliki keutamaan tersendiri.

6. Istighfar

Memperbanyak istighfar menjadi cara untuk mengingat Allah SWT dan memohon ampunan atas dosa-dosa kita. Dengan ini, kita senantiasa berada di jalan yang benar dan dijauhkan dari hal-hal buruk.

Momen Isra Miraj tak hanya untuk mengenang, namun juga untuk merenungkan kebesaran Allah SWT dan hikmah di balik perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW. Mari jadikan peringatan ini sebagai langkah awal untuk meningkatkan keimanan dan menjalani kehidupan yang lebih baik.

Topik Terkait