img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb – 10 Februari 2024, seluruh masyarakat Tionghoa dunia merayakan Tahun Baru China atau yang lebih dikenal dengan Imlek 2575. Di Indonesia, masyarakat Tionghoa tak ketinggalan merayakan momen spesial ini dengan berbagai tradisi turun-temurun yang menarik.

Ketika berbicara tentang Imlek, pasti ada banyak kepercayaan dan tradisi yang membuatnya semakin meriah. Ada beberapa hal yang menjadi tradisi turun-temurun di kalangan masyarakat untuk membawa keberuntungan sepanjang tahun. Yuk, intip rangkuman tradisi Imlek yang selalu menarik perhatian, seperti yang dilansir dari laman SCMP.

1. Menyenangkan Dewa Dapur Bahagia

Berbagai sumber
Foto : Berbagai sumber

Legenda China menceritakan tentang Dewa Dapur, yang akan berkunjung ke setiap rumah selama bulan ke-12 dalam kalender China. Dewa Dapur ini akan memberikan laporan kepada Kaisar Giok tentang aktivitas rumah tangga selama setahun terakhir.

Banyak keluarga mengeluarkan makanan manis sebagai persembahan, seperti kue gula, pancake goreng, dan sup dadih kacang. Selain itu, ritual membakar dupa dan uang kertas juga dilakukan untuk menyambut Dewa Dapur, meskipun sekarang jarang terlihat karena peralihan ke rumah modern.

2. Mengusir Nian dengan Petasan

Topik Terkait