img_title
Foto : Freepik/ DC Studio

IntipSelebMonday blues syndrome adalah sebuah kondisi yang terjadi ketika seseorang merasa takut untuk menjalani hari Senin. JIka dibiarkan, kondisi ini dapat mengganggu masalah produktivitas.

Setelah libur di weekend, hari Senin kerap membuat beberapa orang menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Tak sedikit orang yang menghadapi hari Senin dengan kecemasan dan rasa takut.

Mulai dari cuaca yang mendukung untuk berleha-leha. Kelelahan, minim motivasi, hari Senin muncul bak lubang hitam di mana banyak orang tenggelam dan berkubang dalam kesedihan yang sulit dijelaskan.

Namun, tidak perlu menyerah pada kesuraman yang ada. Berikut ini hal-hal sepele yang bisa atasi Monday blues agar tidak alergi menghadapi hari Senin.

Cara Mengatasi Monday Blues

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

1. Berinteraksi dengan hewan peliharaan

Mungkin kita harus mengandalkan teman berkaki empat kita untuk membantu kita melawan stres dan pikiran gelap. Studi, survei, dan testimoni semuanya sepakat bahwa hewan peliharaan, terutama anjing dan kucing, adalah sumber kebahagiaan dan berkontribusi dalam mengurangi stres.

Para peneliti di Washington State University menunjukkan pada tahun 2019 bahwa interaksi singkat dengan anjing atau kucing dapat mengurangi ketegangan tertentu dengan secara signifikan menurunkan tingkat kortisol, hormon stres.

Menurut para ilmuwan, hanya 10 menit mengelus, bermain, atau interaksi lain dengan hewan-hewan ini sudah cukup untuk memberikan dampak yang signifikan. Jadi jika kamu berbagi kehidupan dengan anabul, tidak ada alasan mengapa Monday Blues harus lebih menyedihkan dibandingkan hari-hari lainnya dalam setahun.

2. Bersentuhan dengan alam

Tidak dapat dikatakan cukup bahwa alam penuh dengan manfaat kesehatan mental. Para ilmuwan sepakat mengenai hal ini, dan serangkaian penelitian telah menunjukkan betapa pentingnya menghabiskan waktu di ruang hijau untuk mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.

Diterbitkan dalam jurnal Public Health in Practice, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Tsukuba di Jepang, mengungkapkan bahwa menghirup udara segar di hutan atau di ruang hijau, setidaknya seminggu sekali, dapat mengurangi stres terkait pekerjaan dan mengelola tekanan kehidupan sehari-hari dengan lebih baik.

Dan bukan itu saja, penelitian lain menunjukkan bahwa paparan alam yang lebih lama atau lebih sering dapat mengurangi kebutuhan akan pengobatan, dan juga dapat mengurangi kesenjangan sosial-ekonomi dalam kesehatan mental.

Jadi, meskipun atasanmu kemungkinan besar tidak akan mengirimmu ke pedesaan untuk merayakan Monday Blues, kamu sangat dianjurkan untuk berjalan-jalan di luar sebelum dan/atau setelah hari yang menentukan ini untuk mengisi ulang tenagamu dan menghindari kesengsaraan yang terkait dengan saat ini.

3. Kenakan outfit bernuansa biru

Sering dikatakan bahwa menambahkan warna pada hidup kita dapat membantu mengangkat semangat kita. Namun, bertentangan dengan kepercayaan umum, belum tentu warna cerah dan mencolok akan membuat kita merasa lebih bahagia.

Biru rupanya merupakan warna kebahagiaan, dan hal ini cukup mengejutkan, mengingat hari paling menyedihkan dalam setahun diberi nama “Monday blues”. Sebuah studi yang dilakukan para peneliti di University of Sussex, dan dilansir Daily Mail pada tahun 2009, menunjukkan bahwa warna biru dapat merangsang kebahagiaan, mengurangi stres, dan meningkatkan kepercayaan diri.

Warna biru dapat menyalurkan semangat. Jadi, mengapa tidak mencoba menambahkan sedikit warna biru ke dalam hidup outfit-mu untuk mencegah Monday blues yang bikin mager.

Nah, itulah sederet hal sepele yang bisa atasi Monday blues supaya kamu nggak alergi dengan hari Senin. Semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait